Atrolisin A

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ular jenis Crotalus atrox

.

Atrolisin A (Inggris: atrolysin A, Crotalus atrox metalloendopeptidase a; hemorrhagic toxin a; Crotalus atrox α-proteinase; Crotalus atrox proteinase; bothropasin, Crotalus atrox alpha-proteinase, Crotalus atrox metalloproteinase, Atroxase, ALA, EC 3.4.24.1) merupakan enzim yang diisolasi dari bisa ular western diamondback rattlesnake berjenis Crotalus atrox.

ALA mengiris ikatan peptida pada antara gugus Asn3-Gln, His5-Leu, His10-Leu, Ala14-Leu dan Tyr16-Leu pada molekul insulin rantai B dan melepaskan atom C asam amino Leu yang terikat pada peptida.[1][2] ALA merupakan protease yang tidak menyebabkan pendarahan, melainkan memiliki sifat fibrinolitik dengan aktivitas hidrolisis fibrinogen pada rantai A diikuti dengan pengirisan rantai B, dan trombolisis dan rekanalisasi. bisa mentah bahkan menginduksi penggumpalan keping darah.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "EC 3.4.24.1". Queen Mary University of London. Diakses tanggal 2010-12-06. 
  2. ^ (Inggris) "ENZYME entry: EC 3.4.24.1". Swiss Institute of Bioinformatics. Diakses tanggal 2010-12-06. 
  3. ^ (Inggris) "Biochemical characterization of atroxase and nucleotide sequence encoding the fibrinolytic enzyme". Department of Biochemistry and Molecular Biology, Colorado State University; TU AT, Baker B, Wongvibulsin S, Willis T. Diakses tanggal 2010-12-06.