Lafcadio Hearn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patrick Lafcadio Hearn
Koizumi Yakumo (小泉八雲)
Lafcadio Hearn portrait.jpg
Lahir 27 Juni 1850
Lefkada, Kepulauan Ionia
Meninggal 26 September 1904 (umur 54)
Tokyo, Jepang
Nama pena Koizumi Yakumo
Bahasa Inggris
Kewarganegaraan Irlandia, Yunani, Jepang
Almamater Kolese Ushaw
Pasangan Alethea ("Mattie") Foley
Koizumi Setsu

Patrick Lafcadio Hearn atau Koizumi Yakumo (小泉 八雲?, lahir di Kepulauan Ionia, Yunani, 27 Juni 1850 – meninggal di Tokyo, Jepang, 26 September 1904 pada umur 54 tahun) adalah seorang wartawan, penulis cerita perjalanan, esai, dan novel. Lafcadio banyak menulis buku-buku tentang Jepang, khususnya legenda dan cerita hantu, seperti Kwaidan: Stories and Studies of Strange Things.

Lahir di Yunani dari ayah berkebangsaan Irlandia, kewarganegaraan Jepang diperolehnya dengan naturalisasi pada tahun 1896. Lafcadio berganti nama menjadi Koizumi Yakumo setelah menjadi warganegara Jepang. Nama keluarga "Koizumi" diambil dari nama keluarga istrinya, putri seorang samurai lokal di Shimane. Nama "Yakumo" (banyak awan) yang dipakainya merupakan julukan untuk Prefektur Shimane. Di dalam syair, kata "Yakumo Tatsu" (八雲立つ awan membubung?) digunakan sebelum menyebut Provinsi Izumo (Prefektur Shimane).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Nama "Lafcadio" berasal dari nama pulau tempatnya dilahirkan, Pulau Lefkada di Kepulauan Ionia, Yunani. Ayahnya seorang dokter ahli bedah angkatan darat Inggris bernama Charles Bush Hearn asal King's County, Irlandia. Ibunya bernama Rosa Antonia Cassimati, penduduk Pulau Kythira di ujung selatan Kepulauan Ionia. Kedua orang tuanya bertemu ketika ayahnya ditempatkan di Kepulauan Ionia. Lafcadio dibaptis di Gereja Ortodoks Yunani sebagai Patricio Lefcadio Tessima Carlos Hearn.

Sewaktu berumur 2 tahun (1854), Lafcadio dengan ditemani ibunya berangkat ke Dublin. Ayahnya mengirim keduanya untuk tinggal di rumah salah seorang kerabat di Dublin. Setelah ayahnya dikirim ke Hindia Barat pada tahun 1854, ibunya memutuskan untuk pulang seorang diri ke Yunani. Lafcadio yang masih berusia 4 tahun dititipkan kepada bibinya, Sarah Brenane yang sudah menjadi janda. Bibinya adalah seorang penganut Katolik yang taat, Lafcadio dikirimnya ke sekolah Katolik Ushaw College di dekat Durham (1863), dan seminari di Rouen, Perancis pada tahun yang sama. Sementara itu, ayah dan ibu Lafcadio bercerai pada tahun 1856, dan ayahnya menikah lagi.

Sekembalinya di Inggris, Lafcadio bersekolah di St. Cuthbert's College. Pada tahun 1865, Lafcadio kelihatan penglihatan pada mata sebelah kiri akibat terkena tambang bersimpul sewaktu sedang bermain. Walaupun mata sebelah kirinya hanya terlihat buram, Lafcadio selalu meminta dipotret dari arah sebelah kanan, atau dipotret sambil memalingkan wajah ke arah kiri.

Tinggal di Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1866, ayahnya meninggal dalam perjalanan pulang dari Hindia Barat. Tahun berikutnya (1867) bibinya jatuh bangkrut, dan Lafcadio menjadi anak putus sekolah. Setelah hidup menggelandang di London, Lafcadio akhirnya mendapat uang untuk berangkat ke Amerika dengan pesan untuk menemui kerabatnya di Cincinnati, Ohio. Pada tahun 1869, Lafcadio yang berusia 20 tahun sampai di New York City. Di Cincinnati, Lafcadio berteman dengan ahli percetakan Henry Watkin yang memberinya tempat bermalam, mengajari typesetting, dan membantunya hingga memperoleh pekerjaan sebagai pegawai klerikal di surat kabar.

Berkat bakatnya menulis, Lafcadio diterima sebagai wakil redaktur harian Trade List (1872) dan wartawan harian Cincinnati Daily Enquirer (18741875). Sebagai wartawan, berita yang ditulisnya kebanyakan berita skandal dan kejahatan sadis. Sewaktu berada di Cincinnati, Lafcadio menikah pada tahun 1875 dengan seorang wanita berkulit hitam Alethea ("Mattie") Foley. Pada waktu itu, pernikahan dengan orang berkulit hitam dianggap pelanggaran hukum, dan Lafcadio pun dipecat dari pekerjaannya. Tahun berikutnya (1876), Lafcadio diterima di surat kabar Cincinnati Commercial yang merupakan pesaing Enquirer.

Sementara itu pada tahun 1874, Lafcadio bersama Henry Farny sempat menerbitkan majalah seni, sastra, dan satir bernama Ye Giglampz. Majalah diisi dengan tulisan serta ilustrasi karya mereka berdua, tapi berhenti terbit setelah 9 edisi. Lebih dari satu abad kemudian, Perpustakaan Umum Cincinnati mencetak salinan majalah Ye Giglampz pada tahun 1983.

Setelah bercerai dengan istrinya pada tahun 1877, Lafcadio ditugaskan Cincinnati Commercial sebagai koresponden di New Orleans. Pekerjaannya selanjutnya sebagai asisten redaktur harian Daily City Item dimulainya sejak tahun 1879. Di New Orleans, Lafcadio pada tahun 1879 juga sempat membuka sebuah rumah makan yang tidak bertahan lama. Setelah mengundurkan diri dari Daily City Item (1882), Lafcadio diterima sebagai redaktur sastra dan budaya di harian Times Democrat. Sementara itu, sewaktu mengunjungi World Expo 1884 di New Orleans, Lafcadio berkesempatan menemui wakil Kementerian Luar Negeri Kekaisaran Jepang yang bernama Ichizō Hattori.

Selama menetap 10 tahun di New Orleans, Lafcadio banyak menulis tentang kebudayaan orang Kreol, makanan khas, opera Perancis, dan voodoo. Selain itu, Lafcadio menerbitkan kamus peribahasa bahasa Kreol, Gombo Zhèbes: A Little Dictionary of Creole Proverbs in Six Dialects (1885), dan buku masak La Cuisine Créole (1885). Resepnya dikumpulkan dari orang Kreol yang berprofesi sebagai jurumasak dan ibu rumah tangga. Peristiwa angin topan tahun 1856 diangkatnya menjadi novel Chita: A Memory of Last Island yang dimuat Harper's Monthly edisi tahun 1888.

Dari tahun 1887 hingga 1889, majalah Harper's menugaskannya sebagai koresponden di Martinique dan Hindia Barat. Setelah tiba kembali di New York City, Lafcadio menerbitkan novel yang ditulisnya selama berada di Hindia Barat, Two Years in the French West Indies dan Youma, The Story of a West-Indian Slave (keduanya terbitan tahun 1890).

Kehidupan di Jepang[sunting | sunting sumber]

Foto Lafcadio Hearn bersama istrinya, Setsuko Koizumi dan anak pertama

Pada tahun 1890, majalah Harper's menugaskannya sebagai koresponden di Jepang, dan Lafcadio tidak pernah kembali. Kapal yang ditumpanginya berangkat dari Pelabuhan New York melalui Vancouver, Kanada. Pada musim semi 1890, kapalnya tiba di pelabuhan Yokohama, Jepang setelah berlayar selama 4 bulan 4 hari. Pada bulan Juli, Lafcadio mengunjungi Ichizō Hattori yang pernah ditemuinya di World Expo 1884. Berkat rekomendasi Hattori yang saat itu bekerja di Kementerian Pendidikan Jepang, dan Basil Hall Chamberlain dari Universitas Kekaisaran Tokyo, Lafcadio diterima di dua tempat sekaligus. Sekolah Menengah Umum Matsue (sekarang Sekolah Lanjutan Atas Matsue Kita) dan Sekolah Tinggi Guru Matsue (sekarang Universitas Shimane) menerimanya sebagai guru bahasa Inggris. Lafcadio tiba di kota Matsue, Prefektur Shimane pada tanggal 30 Agustus 1890.

Kepala sekolah tempatnya mengajar, Sentarō Nishida menganjurkannya untuk menikah. Lafcadio diperkenalkan dengan Koizumi Setsuko yang dinikahinya pada bulan Januari 1891. Setsuko adalah putri dari Minato Koizumi, samurai bekas wilayah han Matsue. Selama 5 bulan, Lafcadio dan istri menyewa rumah milik seorang samurai bekas wilayah han Matsue yang bernama Negishi Tateo. Pada waktu itu, pemiliknya sedang bertugas sebagai kepala Distrik Hikawa, Shimane.

Bulan November 1891, Lafcadio pindah ke Kumamoto, Kyushu untuk bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Sekolah Lanjutan Atas 5 Kumamoto. Pendiri seni bela diri judo, Kano Jigoro menjabat kepala sekolah tempatnya mengajar. Setelah itu pada tahun yang sama, putra pertamanya yang diberi nama Kazuo lahir di Kumamoto. Selama 3 tahun menetap di Kumamoto, Lafcadio menulis buku Glimpses of Unfamiliar Japan (1894).

Pada bulan Oktober 1894, Lafcadio pindah ke Kobe dan bekerja sebagai penulis editorial di harian berbahasa Inggris, Kobe Chronicle. Pada tahun 1896, berkat bantuan Basil Hall Chamberlain, Lafcadio diterima sebagai dosen bahasa Inggris di Universitas Kekaisaran Tokyo. Pada tahun yang sama, Lafcadio menjadi warganegara Jepang, dan ganti nama menjadi Koizumi Yakumo. Tahun berikutnya (1897), istrinya melahirkan putra kedua (Iwao), disusul putra ketiga (Kiyoshi) pada tahun 1899, dan seorang perempuan (Suzuko) pada tahun 1903.

Lafcadio mengundurkan diri dari Universitas Kekaisaran Tokyo pada tahun 1903, dan memulai pekerjaannya sebagai dosen di Universitas Waseda. Namun 26 September 1904, Lafcadio, 54 tahun, meninggal dunia akibat kejang jantung (angina pectoris) di rumah kediamannya di Tokyo. Makamnya berada di Pemakaman Zoshigaya, Tokyo.

Rumah bekas kediaman Lafcadio di kota Matsue dijadikan salah satu tujuan wisata. Selain itu, di kota yang sama juga terdapat Museum Peringatan Lafcadio Hearn.

Buku tentang Jepang[sunting | sunting sumber]

  • Glimpses of Unfamiliar Japan (1894)
  • Out of the East: Reveries and Studies in New Japan (1895)
  • Kokoro: Hints and Echoes of Japanese Inner Life (1896)
  • Gleanings in Buddha-Fields: Studies of Hand and Soul in the Far East (1897)
  • Exotics and Retrospectives (1898)
  • Japanese Fairy Tales (1898) dan lanjutannya
  • In Ghostly Japan (1899)
  • Shadowings (1900)
  • Japanese Lyrics (1900) - mengenai haiku
  • A Japanese Miscellany (1901)
  • Kottō: Being Japanese Curios, with Sundry Cobwebs (1902)
  • Kwaidan: Stories and Studies of Strange Things (1903) - diangkat sebagai film berjudul Kwaidan oleh Masaki Kobayashi
  • Japan: An Attempt at Interpretation (1904) - karya terakhir
  • The Romance of the Milky Way and other studies and stories (1905) - diterbitkan sesudah Lafcadio meninggal

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Yūzō Ōda, Lafcadio Hearn Kyozō to Jitsuzō (ラフカディオ・ハーン-虚像と実像), Iwanami Shoten, Shin Aka-ban 336, Mei 1994. ISBN 4-00-430336-2
  • Toki Koizumi, Bon Koizumi, editor, Bungaku Album Koizumi Yakumo (文学アルバム小泉八雲), Kobunsha, April 2000. ISBN 4-7704-1016-6
  • Cott, Jonathan. Wandering Ghost: The Odyssey of Lafcadio Hearn (1991)
  • Nishikawa Morio, Alan Rosen, Taiyaku Koizumi Yakumo Sakuhin-shō (対訳小泉八雲作品抄), Kobunsha, September 1998. ISBN 4-7704-0984-2

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Bisland, Elizabeth. The Life and Letters of Lafcadio Hearn (2 volume, 1906)
  • Bronner, Milton, ed. Letters from the Raven: Being the Correspondence of Lafcadio Hearn with Henry Watkin (1907)
  • Gould, G. M. Concerning Lafcadio Hearn (1908)
  • Hearn, Lafcadio. Inventing New Orleans: Writings of Lafcadio Hearn,S. Frederick Starr, editor (University Press of Mississippi, 2001)
  • Hearn, Lafcadio. Lafcadio Hearn's America, Simon J. Bronner, editor (2002)
  • Kennard, Nina H. Lafcadio Hearn; containing some letters from Lafcadio Hearn to his half-sister, Mrs. Atkinson (1912)
  • Lurie, David. "Orientomology: The Insect Literature of Lafcadio Hearn (1850-1904)," dalam JAPANimals: History and Culture in Japan's Animal Life, ed. Gregory M. Pflugfelder and Brett L. Walker, University of Michigan Press, 2005.
  • Noguchi, Yone. Lafcadio Hearn in Japan (1910)
  • Pulvers, Roger. Lafcadio Hearn: interpreter of two disparate worlds, Japan Times, 19 Januari 2000

Pranala luar[sunting | sunting sumber]