Yamajijii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ilustrasi yamajijii atau yamachichi (山爺, humanoid dengan kepala seperti batu besar, dengan satu bola mata) dari "Ehon atsumegusa" (絵本集艸)

Yamajijii (Jepang: 山爺 - penunggu gunung) disebut juga sebagai Yamanji, Yamachichi atau Yamachichi merupakan yokai dalam cerita rakyat Jepang. Yamajijii digambarkan sebagai makhluk yang terlihat seperti seorang pria tua dengan tinggi sektiar 90-120 sentimeter lebih yang memiliki satu mata dan satu kaki. Tubuh mereka ditutupi oleh semacam rambut abu-abu halus dan mengenakan pakaian usang. Menurut cerita, Yamajijii tinggal di dalam pegunungan di Pulau Shikoku. Yamajijii jarang menampakkan dirinya dihadapan manusia, tetapi ia sering meninggalkan jejak kaki yang mudah diikuti. Bekas jejak kaki Yamajijii akan terlihat seperti cekungan dengan panjang sekitar 12 inci setiap 6 hingga 7 kaki. Dikatakan bahwa yamajijii memiliki suara yang besar, yang mampu membuat gema di pegunungan bahkan apabila terdengar dapat membuat gendang telinga seseorang terluka[1]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Cerita tentang yamajijii tertulis dalam Kinsei Tosa Yōkai Shiryou (近世土佐妖怪資料) yang mana ia pertama kali muncul di Shikoku. Dalam buku kuno dari Tokushima Ashū Kiji Zatsuwa, yamajijii sering menampakkan dirinya kepada orang-orang yang bermukim di pegunungan dan memiliki kekuatan untuk membaca pikiran mereka. Yamajijii juga disebutkan dalam kumpulan kisah yokai Tosa Obake Zōshi dari Provinsi Tosa yang digambarkan memiliki dua kaki serta berpenampilan sama seperti manusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yamajijii | Yokai.com" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-12. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]