Qilin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Qilin dari Dinasti Qing di Istana Musim Panas di Beijing
Lukisan oleh seorang pelukis istana yang menggambarkan salah satu jerapah Zheng He pada 1414. Lukisan ini diberi judul "Ode Qilin Menghadirkan Ketenangan (rui)"

Qilin (Tionghoa: 麒麟; pinyin: qílín; Wade–Giles: ch'ilin), juga dieja Kylin, atau Kirin (bahasa Jepang dan Korea) adalah mahkluk mitologis yang terdapat dalam legenda-legenda di berbagai negara di Asia Timur (Tiongkok, Jepang, Korea, Vietnam, dll.) dan dikisahkan selalu muncul bersamaan dengan datangnya seorang bijak. Qilin adalah sebuah pertanda baik yang menghadirkan rui (Tionghoa: ; pinyin: ruì; yang lebih kurang dapat diterjemahkan sebagai "ketenangan" atau "kemakmuran"). Ia seringkali digambarkan dengan api yang menutupi seluruh tubuhnya. Di Tiongkok dan Jepang, rakyat percaya bahwa Qilin adalah hewan suci, pelindung negeri dari bencana. Qilin adalah pelindung sebelah barat dan dilambangkan dengan kekuatan petir. Qilin berwujud menyerupai kura bersisik berkepala singa bertanduk rusa dan lambang bagi pelindung anak-anak.

Nama dalam bahasa-bahasa lain[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa-bahasa lain Qilin dikenal sebagai: Sabitun Sabintu (dalam bahasa Manchu), Hariharipo Hariharimo (bahasa Tibet), Билигтэй Бэлэгтэй Гөрөөс (bahasa Mongolia), Kỳ lân (bahasa Vietnam), Girin (bahasa Korea), Kirin (bahasa Jepang) dan Keilun ( bahasa Kantonis).