Provinsi Izumo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Provinsi Izumo (出雲国, izumo no kuni) adalah provinsi lama Jepang di daerah Chugoku dengan wilayah yang sekarang menjadi bagian timur prefektur Shimane. Nama provinsi Izumo diambil dari nama dewi Izanami yang menurut mitologi Jepang merupakan ibu yang melahirkan kepulauan Jepang. Dewi Izanami dimakamkan di Gunung Hiba yang terletak di antara provinsi Izumo dan provinsi Hoki. Gunung Hiba tempat dewi Izanami dimakamkan konon letaknya di dekat kota Yasugi, prefektur Shimane.

Izumo merupakan tempat kelahiran negeri Jepang kuno. Negeri Izumo dikuasai secara turun temurun oleh klan Izumo (ditulis sebagai Idumo menurut alih aksara lama) dan dijadikan sebagai wilayah suci agama Shinto setelah berkembangnya negara Yamato. Kuil Izumo bersama-sama dengan Kuil Agung Ise sampai sekarang merupakan kuil terpenting dalam agama Shinto.

Di zaman Sengoku, Izumo tidak lagi dianggap sebagai wilayah yang penting. Izumo secara turun temurun dikuasai klan Mōri dengan kota istana yang sekarang menjadi kota Matsue.