Provinsi Sanuki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta lokasi Provinsi Sanuki.

Provinsi Sanuki (讃岐国 Sanuki no kuni?) adalah provinsi lama Jepang yang terletak di pulau Shikoku dan sekarang dikenal sebagai Prefektur Kagawa. Sanuki mempunyai garis pantai dengan Laut Pedalaman Seto dan berbatasan dengan Provinsi Awa dan Iyo. Selat Naruto memisahkan Provinsi Sanuki dengan Provinsi Awaji.

Di zaman dulu, Sanuki merupakan bagian dari jalur Nankaido dan mulai dihuni sejak abad ke-7. Pada awalnya Sanuki mencakup wilayah sebelah timur laut Shikoku dan Kepulauan Awaku di Laut Pedalaman Seto.

Ibu kota diperkirakan berada di dekat kota yang sekarang disebut Sakaide, walaupun sama sekali belum ditemukan benda-benda peninggalan dari bekas ibu kota lama. Di abad pertengahan, ibu kota Sanuki dipindah ke Takamatsu.

Di zaman Sengoku, Sanuki diperintah oleh klan Miyoshi hingga ditaklukkan oleh klan Chosokabe asal Provinsi Tosa. Toyotomi Hideyoshi kemudian berhasil menaklukkan klan Chosokabe dan wilayah Provinsi Sanuki dibagi-bagi kepada para pengikutnya.

Di zaman Edo, Sanuki dibagi menjadi 5 domain, yaitu Takamatsu, Marugame, Tadotsu, dan sebagian wilayah Tsuyama yang berada di Shikoku. Kepulauan Naoshima dan Pulau Shodoshima baru bergabung kemudian setelah berpisah dari Provinsi Bizen.