Provinsi Mikawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Japan prov map mikawa.png

Provinsi Mikawa (三河国 mikawa no kuni?) adalah provinsi lama Jepang dengan wilayah yang sekarang menjadi bagian timur prefektur Aichi. Mikawa berbatasan dengan provinsi Owari, Mino, Shinano, dan Totomi.

Daerah bagian timur prefektur Aichi sampai sekarang ini selalu disebut sebagai Mikawa. Kota-kota yang terletak di daerah Mikawa, misalnya kota Toyohashi, Okazaki, dan Toyota.

Mikawa dulunya merupakan wilayah milik Tokugawa Ieyasu sebelum berhasil merebut kekuasaan dari klan Toyotomi dan diangkat menjadi shogun. Tokugawa Ieyasu berkedudukan di Istana Okazaki. Pusat kekuasaan klan Tokugawa berada di Istana Yoshida yang terletak di dekat Toyohashi.

Mikawa terkenal di seluruh Jepang sebagai sentra produksi kembang api dengan sebagian besar produksi kembang api Jepang berasal dari daerah Mikawa. Di zaman keshogunan Tokugawa, daerah Mikawa merupakan satu-satunya wilayah di Jepang yang boleh memproduksi mesiu. Pesta kembang api di Okazaki sering disebut-sebut sebagai pesta kembang api terbaik di Jepang.