Ilya Frank

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ilya Frank

Ilya Mikhailovich Frank (Rusia: Илья́ Миха́йлович Франк) lahir pada 23 Oktober 1908, di St. Petersburg, Kekaisaran Rusia. Frank lulus dari Universitas Negeri Moskow State pada 1930. Pada 1931, Frank menjadi ilmuwan senior di laboratorium Institut Optik Negara di Leningrad.

Pada 1934, Frank menjadi opsir ilmiah di Institut Fisika P.N. Lebedev di Akademi Ilmiah Uni Soviet. Di tahun yang sama, Pavel Cherenkov menemukan bahwa cahaya dipancarkan oleh partikel yang dibebaskan yang berjalan dengan kecepatan tinggi melalui air. Frank dan Igor Tamm menyediakan penjelasan teoretis mengenai efek ini, yang terjadi saat partikel berjalan melalui medium transparan secara optis dengan kecepatan lebih tinggi daripada kecepatan cahaya di medium itu. Penemuan ini menimbulkan pengembangan pada pendeteksian dan pengukuran kecepatan partikel berkecepatan tinggi dan menjadi kepentingan besar untuk riset dalam fisika nuklir.

Kerja Frank juga termasuk kolaborasi dengan Cherenkov dan Tamm dalam penelitian radiasi elektron. Frank juga mengkhususkan diri dalam studi sinar gamma dan neutron.

Pada 1944, ia menjadi kepala jurusan fisika di Universitas Negeri Moskwa. Sejak 1957, ia telah mengepalai Laboratorium Neutron di Institut Bersama Investigasi Nuklir. Frank juga menjadi anggota Akademi Ilmiah Uni Soviet pada 1946.

Frank dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada 1958, dengan Pavel Alekseevich Cherenkov dan Igor Y. Tamm, untuk kerja mereka dalam menjelaskan fenomena radiasi Cherenkov.

Frank meninggal pada 22 Juni 1990.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]