Pavel Alekseyevich Cherenkov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pavel Alekseyevich Cherenkov

Pavel Alekseyevich Cherenkov (bahasa Rusia: Павел Алексеевич Черенков, 1904-1990) adalah fisikawan Uni Soviet yang mengamati radiasi dari partikel berenergi tinggi yang berjalan lebih cepat daripada kecepatan cahaya dalam medium itu. Penjelasan teoretis untuk efek Cherenkov telah diungkapkan oleh Ilya Frank dan Igor Tamm. Mereka bertiga menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika 1958 untuk penemuan ini. Nama Cherenkov kadang-kadang ditulis sebagai Cerenkov.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pavel Alekseyevich Cherenkov lahir di desa kecil di Novaya Chigla kini Voronezh Oblast, Rusia pada 28 Juli 1904. Orang tuanya, Aleksei dan Mariya Cerenkov, adalah seorang petani.

Ia lulus dari Departmen Fisika dan Matematika di Universitas Negeri Voronezh tahun 1928, tahun 1930 ia bertugas sebagai ahli riset senior di Institut Fisika Lebedev di Akademi Sains Uni Soviet. Cherenkov naik jabatan untuk kepala bagian, dan tahun 1940 ia dihadiahi gelar Doktor Sains Fisika Matematika. Tahun 1953 ia diterima sebagai Profesor Fisika Eksperimental. Dimulai tahun 1959, ia mengepalai laboratorium institut proses foto-meson. Ia tetap menjadi profesor selama empatbelas tahun. Tahun 1970 ia menjadi Akademisi di Akademi Sains Uni Soviet.

Penemuan dalam fisika[sunting | sunting sumber]

Tahun 1934, ketika bekerja di bawah S.I. Vavilov, Cherenkov mengamati emisi cahaya biru dari sebuah botol air yang diperlakukan untuk pengeboman radioaktif. Fenomena ini, diasosiasikan dengan muatan partikel atom bergerak pada kecepatan yang lebih tinggi dari pada kecepatan cahaya dalam medium lokal, dibuktikan menjadi sangat penting dalam kerja eksperimental berikutnya dalam fisika nuklir, dan untuk studi pada sinar kosmik. Kemudian, itu dinamai efek Cherenkov, seperti detektor Cherenkov, yang telah menjadi potongan standar keperluan dalam riset atom untuk mengamati keberadaan dan kecepatan partikel berkecepatan tinggi. Peralatan tersebut dipasang di Sputnik 3.

Radiadi Cherenkov pertama diselidiki oleh Marie Curie dan Pierre Curie pada awal abad keduapuluh. Efek tersebut dinamai menurut Pavel Alekseyevich Cherenkov, yang tahun 1958 memenangi Penghargaan Nobel untuk menjadi yang pertama secara kaku untuk menentukan sifat-sifatnya. Radiasi elektromagnetik ini disebabkan oleh partikel bermuatan yang bergerak melalui material dielektrik dengan kecepatan, Vc , yang lebih besar dari pada cahaya dalam materi tersebut.

                                     Vc>VL = c/n(λ)

di mana vL adalah kecepatan cahaya dalam medium, c adalah kecepatan cahaya dalam vakum dan n(λ) merupakan indeks bias. partikel tersebut dikenal menjadi superluminal. Satu analogi umum pada efek dentuman sonik, cahaya membentuk gelombang kejut kerucut yang berasal dari lokasi partikel bermuatan.

Detektor Cherenkov, juga disebut pencacah, didisain untuk mengumpulkan radiasi dan kemudian untuk menghasilkan sinyal listrik menggunakan sensor cahaya seperti tabung fotomultiplayer. Detektor tersebut masuk dalam beberapa bentuk berbeda dan secara umum dikhususkan untuk kebutuhan spesifik dari penerapannya.

Detektor Cherenkov digunakan untuk mempelajari fisika energi tinggi seperti dalam fisika nuklir dan fisika sinar kosmik. Beberapa contohnya adalah Sudbury Neutrino Observatory dan Super Kamiokande, keduanya terlibat dalam studi neutrino.

Pavel Cherenkov juga berbagi dalam pengembangan dan perancangan pemercepat elektron dan dalam penyelidikan reaksi fotonuklir dan fotomeson.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Tahun 1930 ia menikahi Maria Putintseva, anak perempuan dari A.M. Putintsev, seorang Profesor Sastra Rusia. Mereka memiliki dua anak, satu anak laki-laki, Aleksey, dan satu anak perempuan, Elena.

Cherenkov meninggal di Moskow pada 6 Januari 1990, dan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy.

Hadiah dan penghormatan[sunting | sunting sumber]

Cherenkov dihadiahi sejumlah Penghargaan Negeri Uni Soviet, pertama tahun 1946, menerima penghormatan tersebut bersama Vavilov, Frank dan Tamm, dan dua lainnya tahun 1952, dan 1977 untuk usaha solonya. Tahun 1958 ia dihadiahi Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk penemuan Cherenkov. Ia juga dihadiahi titel Pahlawan Buruh Sosialis Uni Soviet tahun 1984.



Pranala luar[sunting | sunting sumber]