Claude Cohen-Tannoudji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Claude Cohen-Tannoudji
Claude Cohen-Tannoudji.JPG
Claude Cohen-Tannoudji
Lahir 01 April 1933 (umur 81)
Constantine, French Algeria
Kebangsaan  Perancis
Bidang Physics
Institusi Ecole normale supérieure
Penghargaan Harvey Prize (1996)
Penghargaan Nobel dalam Fisika (1997)

Claude Cohen-Tannoudji lahir pada 1933 di Constantine, Aljazair. Cohen-Tannoudji pindah bersama keluarganya pada 1953 ke Paris. Dari 1953 sampai 1957, ia bersekolah di Ecole Normale Superieure. Setelah lulus, Cohen-Tannoudji masuk dinas militer selama 28 bulan karena Perang Kemerdekaan Aljazair.

Pada 1960, ia kembali ke laboratorium Ecole Normale untuk meraih gelar Ph.D. di bawah bimbingan Alfred Kastler dan Jean Brossel dengan posisi riset di CNRS (Pusat Riset Ilmiah Nasional Perancis). Ia mendapat gelar PhD pada Desember 1962.

Setelah mendapatkan gelar doktor, Cohen-Tannoudji menerima jabatan profesor di Universitas Paris. Pada 1973, ia diangkat sebagai guru besar di Collège de France.

Ia adalah salah satu peneliti yang paling diakui dalam bidang optika kuantum, bagian terkenal dari karyanya ialah bagiannya dalam pengembangan teknik untuk mendinginkan dan menjaring atom dengan cahaya, sehingga ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada 1997, bersama dengan Steven Chu dan William Daniel Phillips.

Ia adalah pengarang tulisan singkat dan sering dimasukkan dalam buku teks, "Quantum Mechanics", yang berasal dari pengalaman mengajarnya di Universitas Paris. Buku ini ditulis memperingati Franck Laloë dan Bernard Diu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]