Sheldon Glashow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sheldon Glashow

Sheldon Lee Glashow (lahir 1932) ialah seorang ilmuwan Amerika Serikat dan penerima Hadiah Nobel Fisika 1979 bersama dengan Abdus Salam dan Steven Weinberg.

Besar di New York, ia meraih gelar Ph.D. pada 1958 dari University of Harvard, di mana ia sekarang menjadi guru besar dalam bidang fisika. Glashow ialah murid Julian Schwinger, salah satu perintis bidang elektrodinamika kuantum, yang kemudian berminat dalam bidang interaksi lemah dan hubungannya yang mungkin dengan interaksi elektromagnetik.

Pada 1961, Glashow melakukan langkah pertama dalam membuktikan lintasan yang benar untuk menyatukan interaksi-interaksi ini, yang pada akhirnya dirampungkan Steven Weinberg dan Abdus Salam yang bekerja sendiri-sendiri. Mereka menerima Hadiah Nobel pada 1979 atas kontribusinya bagi teori elektrolemah, yang konfirmasi akhirnya diberikan pada 1983 saat ramalan 'pembawa' W dan Z pada interaksi lemah diselidiki dengan eksperimen di laboratorium CERN di Jenewa.

Pada 1970, Glashow dan 2 rekannya mengusulkan keberadaan gaya tarik kuark; penemuan partikel yang mengandung quark charm dan antikuark terjadi beberapa tahun kemudian. Teori gabungan yang terkenal yang menyatukan interaksi kuat dan interaksi elektrolemah yang ditemukan Glashow dan Howard Georgi pada 1974 menerangkan dengan jelas bahwa banyak pengamatan yang sebelumnya tak terjelaskan, namun syaratnya bahwa proton harus labil (meski dengan masa yang amat panjang) tetap tak terbuktikan.