Hans Georg Dehmelt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hans Georg Dehmelt
Lahir 9 September 1922 (umur 91)
Görlitz, Jerman
Tempat tinggal Amerika Serikat
Kebangsaan Jerman
Bidang Fisika
Institusi Universitas Duke
Universitas Washington
Alma mater Universitas Georg August Göttingen
Universitas Duke
Dikenal karena pengembangan dari ion trap
Pengukuran secara tepat dari g-factor electron
Penghargaan Penghargaan Nobel bidagn Fisika tahun 1989

Hans Georg Dehmelt (lahir di Görlitz, Jerman, 9 September 1922; umur 91 tahun) ialah fisikawan Amerika Serikat kelahiran Jerman yang merupakan salah satu pemenang Penghargaan Nobel dalam Fisika 1989 dengan fisikawan Jerman Wolfgang Paul. (Lainnya dihadiahkan kepada fisikawan Amerika Norman Ramsey.) Dehmelt menerima hadiah bersama-sama untuk pengembangannya pada perangkap ion, alat elektromagnetik yang bisa menarik jumlah kecil dari ion (secara elektris atom berisi) dalam elektron untuk periode waktu panjang yang cukup untuk memenuhi sifat-sifatnya dipelajari dalam keakuratan yang belum ada sebelumnya.

Dehmelt mengabdi pada tentara Jerman pada 1940 sampai ia ditangkap angkatan AS pada 1945. Setelah belajar fisika selama perang di bawah program teknik pasukan, ia melanjutkan belajarnya setelah itu di Universitas Gottingen, lulus dengan gelar doktor dalam fisika pada 1950. Ia pergi ke AS pada 1952 dan mulai mengajar di Universitas Washington pada 1955. Ia menjadi guru besar di sini pada 1961, pada tahun di mana ia juga menjadi warga negara AS.

Perangkap ion Dehmelt, yang dikembangnya pada 1955, bisa mengurung elektron dan ion dalam ruang kecil dalam periode panjang dari waktu dalam isolasi relatif. Pada 1973 Dehmelt menggunakan alatnya untuk mengisolasi elektron tunggal untuk pengamatan, prestasi yang belum ada sebelumnya yang membuka jalan untuk pengukuran tepat dari sifat kunci elektron. Dehmelt dan koleganya melanjutkan mengembangkan metode untuk mengukur frekuensi atom dan loncatan kuantum sendiri (transisi antara tingkat energi atom) dengan ketepatan yang belum pernah ada. Pada 1970 Dehmelt menggunakan perangkapnya untuk mengukur momen magnetik elektron untuk sebuah ketepatan dari 4 bagian dalam 1 triliun, pengukuran paling tepat dari kuantitasnya saat itu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]