David Gross

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
David Gross

David Jonathan Gross (lahir di Washington, D.C., 19 Februari 1941; umur 73 tahun) adalah seorang fisikawan Amerika Serikat dan teoritis string. Bersama dengan Frank Wilczek dan David Politzer, dia dianugrahkan penghargaan Penghargaan Nobel dalam Fisika 2004 untuk penemuan kebebasan asimtotik.

Pada 1973 Gross bekerja dengan mahasiswa pasca-sarjananya yang pertama, Frank Wilczek, di Universitas Princeton, menemukan kebebasan asimtotik, yang memegang bahwa quark yang berdekatan satu sama lain, semakin kurang interaksi kuatnya (atau muatan warna) antara mereka; ketika quark dalam "proximity" yang ekstrem, gaya nuklir antara mereka begitu rendah sehingga memiliki kelakuan hampir seperti partikel bebas. Kebebasan asimtotik, secara terpisah ditemukan oleh David Politzer, sangat penting untuk pengembangan chromodinamika kuantum.

Gross, dengan Jeff Harvey, Emil Martinec, dan Ryan Rohm juga menemukan heterotic string.

Gross menerima gelar sarjananya dan gelar masternya dari Universitas Hebrew di Yerusalem, Israel pada 1962. Dia menerima Ph.D.nya dalam Fisika dari Universitas California, Berkeley pada 1966 di bawah bimbingan Geoffrey Chew dan merupakan seorang Junior Fellow di Universitas Harvard dan seorang profesor di Universitas Princeton sampai 1997. Dia juga penerima MacArthur Foundation Fellowship pada 1987, Medali Dirac pada 1988, dan sekarang ini merupakan direktur dan pemegang Frederick W. Gluck Chair dalam Teori Fisika di Institut Kavli untuk Fisika Teoretis Universitas California, Santa Barbara.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]