Owen Chamberlain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Owen Chamberlain

Owen Chamberlain
Lahir 10 Juli 1920
San Francisco, California, USA
Meninggal 28 Februari 2006 (umur 85)
Berkeley, California, USA
Kebangsaan United States
Bidang Physics
Institusi Los Alamos National Laboratory
Alma mater Dartmouth College
University of California, Berkeley
University of Chicago
Dikenal atas Particle physics
Penghargaan Penghargaan Nobel dalam Fisika, 1959

Owen Chamberlain (lahir di San Francisco, 10 Juli 1920 – meninggal 28 Februari 2006 pada umur 85 tahun) adalah seorang fisikawan asal Amerika Serikat, terkenal berkat penemuannya, antiproton, saat bekerja sama dengan Emilio Segrè. Keduanya menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1959 atas jasa-jasa mereka dalam penemuan tersebut.

Ia mempelajari fisika di Dartmouth College dan Universitas California di Berkeley. Saat Perang Dunia II pecah, ia bergabung dalam Proyek Manhattan pada tahun 1942, di mana ia bekerja dengan Segrè, baik di Berkeley maupun di Los Alamos, New Mexico. Setelah perang, pada tahun 1946 ia melanjutkan tugas doktoratnya bersama fisikawan legendaris, Enrico Fermi. Ia menerima gelar Ph.D. dari Universitas Chicago pada tahun 1949.

Ia kembali ke Berkeley sebagai anggota fakultas dan menyelidiki penyebaran proton-proton (proton-proton scattering) bersama Segré. Tahun 1955, serangkaian eksperimen mengenai penyebaran proton menghasilkan penemuan antiproton, partikel yang persis seperti proton namun mempunyai aliran negatif.

Chamberlain didiagnosa menderita penyakit Parkinson pada tahun 1985, dan pensiun mengajar empat tahun kemudian. Ia meninggal dunia pada 28 Februari 2006 pada usia 85 tahun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]