Gerd Binnig

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gerd Binnig
Lahir 20 Juli 1947
Frankfurt am Main
Bidang Fisika
Dikenal atas scanning tunneling microscope
Penghargaan Penghargaan Nobel bidang Fisika tahun 1986

Gerd Karl Binnig (lahir di Frankfurt am Main, 20 Juli 1947; umur 67 tahun) adalah seorang fisikawan Jerman, dan penerima Nobel.

Ia lahir di Frankfurt am Main dan bermain di reruntuhan kota itu semasa kanaknya. Keluarganya sebagian tinggal di Frankfurt dan sebagian di Offenbach, dan ia memasuki sekolah di kedua kota itu. Di usia 10 tahun, ia memutuskan untuk menjadi fisikawan, namun ia segera berpikir saat ia membuat pilihan yang benar. Ia lebih berkonsentrasi di musik, bermain di sebuah grup musik. Ia juga mulai main biola di usia 15 tahun dan bermain di orkestra sekolahnya.

Pada tahun 1969, ia menikah dengan Lore Wagler, seorang psikolog, dan mereka memiliki seorang puteri yang lahir di Swiss dan seorang putera yang lahir di California. Binnig suka membaca, berenang, dan bermain golf.

Pada tahun 1978, ia menerima tawaran dari IBM untuk bergabung dengan kelompok riset mereka di Zürich. Di sana, ia bertemu dengan Heinrich Rohrer, yang dengannya menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1986 untuk rancangan scanning tunneling microscope (STM) mereka.

Tim itu termasuk Christoph Gerber dan Edmund Weibel, dan mereka dihargai dengan sejumlah penghargaan: Penghargaan Fisika Jerman, Penghargaan Otto Klung Penghargaan Hewlett Packard, Penghargaan Raja Faisal, dan akhirnya, Hadiah Nobel.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]