Gereja Kristen Sulawesi Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gereja Kristen Sulawesi Tengah
Info GKST
Tahun berdiri 1909
Tipe Sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah
Alamat Jl. Setiabudi No.93 Tentena Poso

Sulawesi Tengah 94663

Gereja Kristen Sulawesi Tengah atau disingkat GKST adalah suatu organisasi gereja Kristen Protestan di Indonesia, hasil pekabaran Injil Dr. A. C. Kruyt dari Nederlandsch Zendeling Genootschap (NZG) yang tiba di Poso pada tahun 1892; dan Dr. N. Adriani dari Nederlandsch Bijbelgenootschap yang tiba tahun 1895. Pembaptisan pertama dilaksanakan pada 25 Desember 1909 di Kasiguncu kepada Kepala Suku Pebato Papa I Wunte dan Ine I Maseka bersama seratusan orang pengikutnya. GKST ditetapkan sebagai Gereja oleh pemerintah pada tahun 1947. GKST kemudian dimandirikan sebagai gereja yang dewasa dengan Ketua Sinode yang pertama adalah Dr. E. Dijkhuis, dan berpusat di Tentena. GKST pernah mengalami masa sulit, yaitu ketika terjadi konflik Poso tahun 1998, 2000 sampai 2005. Dalam konflik tersebut, Sekretaris Umum Sinode GKST, Pdt. Rinaldy Damanik yang adalah Deklarator Perdamaian Malino untuk Poso, divonis 3 tahun penjara, atas tuduhan yang tidak dia lakukan, tetapi sesungguhnya ia melakukan pembelaan terhadap umat Kristen dan berani melakukan evakuasi korban di wilayah yang berbahaya yang membuatnya memiliki dan mempublikasikan data-data faktual tentang peristiwa konflik tersebut, serta melakukan protes keras terhadap pemerintah dan aparat keamanan. Tahun 2004, pada saat masih di dalam penjara, Pdt. Rinaldy Damanik dipilih menjadi Ketua Umum Sinode GKST oleh warga GKST.

Statistik Gereja[sunting | sunting sumber]

Jumlah gereja/jemaat : 383 gereja, dan 24 kelompok kebaktian

Jumlah anggota jemaat : 420.529 jiwa

Jumlah pendeta : 630 orang

Jumlah pelayan lainnya : 1915 orang

Jumlah pelayan kategorial : 400 orang

Kantor Pusat[sunting | sunting sumber]

Kantor Pusat Sinode GKST

Jl. Setiabudi No.93 Tentena Poso

Sulawesi Tengah 94663

Telp.0458-21050; 21141; 21136; 21459; Fax. 21318

Wilayah Penyalanan Iman[sunting | sunting sumber]

  • Sulawesi Tengah

meliputi daerah Donggala, Poso, Pulau Banggai, Luwuk, Morowali, Kota Palu, Parigi-Mountong, Buol, Toli-Toli dan Tojo Una-Una

  • Sulawesi Selatan

meliputi Luwu, Luwu Utara, Toraja, Luwu Selatan, Luwu Timur, Palopo, Enrekang, Sidrap, Bone dan Kota Watampone

Kepengurusan GKST Pusat[sunting | sunting sumber]

Ketua Umum Sinode Pertama: Dr. E. Dijkhuis. Ketua Umum Sinode Kedua: Pdt. F. Lumentut. Ketua Umum Sinode Ketiga: Pdt. J. Melaha. Ketua Umum Sinode Keempat: Pdt. JP. Lagarense. Ketua Umum Sinode Kelima : Pdt. Agustina Lumentut. Ketua Umum Sinode Keenam : Pdt. Langkamuda. Ketua Umum Sinode Ketujuh: Pdt. A. Rampalodji. Ketua Umum Sinode Kedelapan: Pdt. Rinaldy Damanik. Ketua Umum Sinode Kesembilan: Pdt. Ishak Pole. Ketua Umum Sinode Kesepuluh: Pdt. Yuberlian Padele.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]