Gereja Kristen Anugerah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Kristen Anugerah
Logo GKA
PenggolonganPantekosta
PemimpinBishop Prof. Dr. Jahja Hardjojo
Didirikan20 Juli 1968
Jakarta, DKI Jakarta
Nama lainGKA

Gereja Kristen Anugerah (disingkat GKA) tidak munculndengan sendirinya, melainkan merupakan hasil usaha pemberitaan Injil dilakukan oleh seorang hamba Tuhan bernama Bishop Prof. Dr. Jahja Hardjojo, yang menghasilkan suatu persekutuan orang-orang beriman kepada Yesus Kristus.

Sejarah singkat[sunting | sunting sumber]

GKA bermula dari penginjilan langsung ke rumah-rumah, mendoakan ke rumah-rumah sakit, dan penghiburan ketika mengalami musibah. Lama-kelamaan banyak jiwa yang tertarik masuk menjadi Kristen, dan kemudian dibaptis. Pendiri serta pengurus pada pertama kali terbentuk adalah Bishop Prof. Dr. Jahja Hardjojo bersama 6 orang teman. Sekarang ini kegiatan yang dilakukan adalah menyelenggarakan kebaktian, KKR, pemahaman Alkitab, seminar-seminar rohani dan pemuridan.

Awalnya Bishop Prof. Dr. Jahja Hardjojo dulu pernah melayani di Gereja Beritakan Injil, jalan Kemurnian VI, Jakarta Barat, pelayanan menggunakan bahasa Indonesia di translate ke bahasa Mandarin, lalu beliau membeli rumah tua di jalan Keagungan 14, Jakarta Barat. Ibadah dimulai sejak tahun 1968, namun ada hambatan sehingga rumah tersebut dijual, kemudian menyewa gedung Koni, di jalan Keadilan, Jakarta Barat. Di tempat inipun tidak bertahan lama, karena harus sewa dan harganya lumayan mahal.

Kemudian ibadah diteruskan di rumah ibunya beliau di Garasi, jalan Kaji No.1 tapi rumah ini dijual juga. Jadi ibadah akhirnya dipindahkan ke rumah beliau (warisan dari orang tuanya) jalan Kaji 2a (belakang) Jakarta 10130. Persekutuan tersebut makin hari makin bertumbuh dan berkembang, jiwa-jiwa baru berdatangan sehingga jumlah anggota dari nol menjadi 160 dan jiwa-jiwa dibaptiskan di dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus sebanyaknya 79 jiwa.

Pendiri[sunting | sunting sumber]

Dengan berkembangnya jemaat maka pada tanggal 20 Juli 1968 persekutuan tersebut diresmikan menjadi sebuah Gereja dengan nama Gereja Kristen Anugerah (disingkat GKA). Bishop Prof. Dr. Jahja Hardjojo merupakan tokoh terkemuka bagi pertumbuhan dan perkembangan gereja di Indonesia. Ajaran-ajarannya tidak hanya mengilhami gerakan kekristenan, namun juga mempengaruhi doktrin, dan budaya kristiani, dengan mengasihi Tuhan dan sesama manusia yang dinyatakan melalui tanggung jawab sosial.

Pelayanannya dilakukan dengan penuh kasih bukan hanya kepada gereja-gereja Kristen Anugerah saja melainkan dengan berbagai denominasi gereja yang ada di Indonesia. Pelayanan melalui tindakan sosial dilakukan dengan melawat panti-panti sosial (panti asuhan, panti jompo, panti gelandangan, panti orang sakit jiwa, panti orang buta, dll) dengan memberikan bantuan-bantuan sesuai dengan kebutuhan.

Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Bishop Prof. Dr. Jahja Hardjojo menggembalakan jemaat Gereja Kristen Anugerah (GKA) di jalan Kaji no.2a (belakang) Jakarta Pusat, beliau tetap menjalankan misi amanat agung Tuhan Yesus dengan memberitakan Injil baik Pekabaran Injil secara pribadi maupun Pekabaran Injil secara massal untuk mendirikan jemaat-jemaat baru. Pelayanan misi pemberitaan Injil juga dilakukan melalui KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani & Kesembuhan Ilahi) di gereja-gereja yang bersedia bekerjasama dannjuga di tempat terbuka. Pelayanan Pekabaran Injil juga dilakukan melalui tindakan sosial ke panti-panti massal, dengan menyalurkan bantuan-bantuan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan masing-masing.

Pengurus[sunting | sunting sumber]

Ketua  : Bishop Prof.Dr.Jahja Handjojo, DLitt,DD

Sekretaris  : Dra. L.Widjaja

Bendahara  : Sunny Hadiwinata

Jumlah gereja / jemaat : 10 jemaat

Jumlah anggota jemaat : 3.000 jiwa

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

PGI

Referensi[sunting | sunting sumber]

Anggota-anggota PGI Dewan Gereja-gereja di Indonesia