Edward Appleton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Edward Appleton

Sir Edward Victor Appleton (lahir di Bradford, 6 September 1892 – meninggal 21 April 1965 pada umur 72 tahun) ialah seorang fisikawan Inggris.

Ia mempelajari ilmu pengetahuan alam di Cambridge University dan selama Perang Dunia II berdinas di Royal Engineers. Setelah perang, ia kembali ke Universitas Cambridge untuk mengadakan penelitian pada fisika atmosfer terutama menggunakan gelombang radio. Pada tahun 1920 ia diangkat sebagai demonstrator pembantu dalam fisika eksperimental di Laboratorium Cavendish. Pada tahun 1924, Appleton menjadi profesor fisika di Universitas London, kembali ke Cambridge pada tahun 1936 sebagai guru besar filsafat alam.

Pada tahun 1924, Appleton memulai penelitian dalam kekuatan sinyal radio yang diterima di Cambridge dari stasiun radio milik BBC di London. Ia segera menemukan bahwa kekuatan sinyal itu konstan sepanjang hari namun bervariasi selama malam, naik-turun. Ia mengatakan bahwa, pada malam hari, peralatan di Cambridge tak hanya menerima 1 melainkan 2 gelombang, 1 berjalan langsung dan 1 dipantulkan oleh atmosfer. Keberadaan lapisan pemantul pertama kali dikumandangkan sekitar 40 tahun yang lalu oleh Balfour Stewart. Pada tahun 1902, Oliver Heaviside dan Arthur Kennelly secara independen mempostulatkan teori lapisan konduksi di atmosfer: lapisan Kennelly-Heaviside.

Menggunakan pemancar BBC, Appleton melakukan penelitian untuk membuktikan bahwa lapisan ini ada dan kedudukan serta ketinggiannya di atas tanah ditentukan. Namun, penelitian itu lebih banyak menciptakan pertanyaan daripada jawaban. Pada tahun 1926, Appleton menemukan lapisan lain setinggi 250-350 km yang memantulkan balik panjang gelombang yang lebih pendek di saat seperti makam, dan bahwa gelombang itu dipantulkan balik dengan kekuatan lebih besar daripada lapisan Heaviside. Appleton menyadari bahwa lapisan itu bertanggung jawab memantulkan gelombang radio pendek di seantero dunia - 'lapisan Appleton' - yang kini memungkinkan komunikasi dengan Australia dan Amerika Serikat.

Pada saat pecahnya Perang Dunia II, Appleton diangkat sebagai sekretaris Departemen Penelitian Ilmiah dan Industri, kedudukan pemerintahan Britania senior yang berhubungan dengan ilmu fisika. Bekerja dengan penemuan Appleton, Robert Alexander Watson-Watt dan mitranya mengembangkan radar, senjata penting dalam perang. Appleton diberi gelar kebangsawanan pada tahun 1941.

Pada tahun 1947, Appleton dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika dan 2 tahun kemudian pindah ke Universitas Edinburgh untuk menjadi kepala sekolah dan wakil penasihat, kedudukan yang dipegangnya hingga akhir hayatnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Sir John Fraser
Kepala Sekolah Universitas Edinburgh
1948-1965
Diteruskan oleh:
Michael Swann
Didahului oleh:
Ernst Guillemin
IRE Medal of Honor
1962
Diteruskan oleh:
George Southworth