Cesc Fàbregas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cesc Fàbregas
Cesc Fàbregas Euro 2012 vs France 02.jpg
Fàbregas bermain untuk Spanyol di Piala Eropa 2012
Informasi pribadi
Nama lengkap Francesc Fàbregas Soler[1]
Tanggal lahir 4 Mei 1987 (umur 27)[1]
Tempat lahir Arenys de Mar, Spanyol
Tinggi 1.79 m (5 ft 10 in)[2]
Posisi bermain Gelandang
Informasi klub
Klub saat ini Chelsea
Nomor 4
Karier junior
1995–1997 Mataró
1997–2003 Barcelona
2003 Arsenal
Karier senior*
Tahun Tim Tampil (Gol)
2003–2011 Arsenal 212 (35)
2011–2014 Barcelona 96 (28)
2014– Chelsea 0 (0)
Tim nasional
2002–2003 Spanyol U-16 8 (0)
2003–2004 Spanyol U-17 14 (7)
2005 Spanyol U-20 5 (0)
2004–2005 Spanyol U-21 12 (8)
2006– Spanyol 89 (13)
2004– Katalonia 2 (0)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik dan akurat per 17 Mei 2014.

‡ Penampilan dan gol di tim nasional
akurat per 04:43, 9 Maret 2014 (UTC)

Francesc "Cesc" Fàbregas Soler (Katalan: [ˈsɛsk ˈfaβɾəɣəs]; lahir 4 Mei 1987; umur 27 tahun), atau lebih dikenal dengan nama Cesc Fàbregas, adalah pemain sepak bola Spanyol yang bermain untuk Chelsea dan Tim nasional Spanyol. Fabregas bermain terutama sebagai Gelandang tengah atau Gelandang serang, tetapi juga telah bermain sebagai Pemain sayap atau Striker kedua pada beberapa kesempatan.

Fabregas memulai kariernya sebagai pemain bola di Barcelona yang kemudian di rekrut oleh Arsene Wenger, Manajer Arsenal pada 11 September tahun 2003. Dia tidak selalu tampil bermain untuk The Gunners (sebutan Arsenal) pada musim pertamanya bersama Arsenal, tetapi menyusul dengan cederanya para pemain gelandang inti di musim 2004-2005, kesempatan bermainnya untuk Arsenal bertambah. Tidak lama kemudian, dia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pemain inti gelandang tengah bersama Gilberto Silva.

Fabregas memulai kariernya sebagai peserta pelatihan dengan Barcelona tetapi ditandatangani oleh klub Liga Utama Inggris Arsenal pada bulan September 2003 pada usia 16. Setelah cedera gelandang kunci di musim 2004-05, ia melanjutkan untuk membangun dirinya sebagai pemain Arsenal, mulai gelandang tengah, playmaker dan kapten. Dia mematahkan beberapa catatan klub dalam proses, mendapatkan reputasi sebagai salah satu pemain muda terbaik untuk posisinya. Setelah negosiasi transfer yang berlarut-larut, Fabregas kembali ke Barcelona, klub raksasa Katalan menandatangani gelandang untuk biaya awal £ 35 juta dengan lebih lanjut £ 5 juta variabel pada tanggal 15 Agustus 2011.

Dalam sepak bola internasional, karier nasional Spanyol itu dimulai ketika ia mewakili U-17 sisi di Kejuaraan Dunia U-17 FIFA 2003 di Finlandia. Sebagai hasil dari pertunjukan klubnya, ia dipanggil ke skuat senior pada tahun 2006. Dia telah bermain di Piala Dunia FIFA 2006, Piala Eropa 2008, Piala Dunia FIFA 2010 dan Piala Eropa 2012, membantu Spanyol menjadi pemenang akhirnya di tiga turnamen terbaru, dan terutama menyiapkan Andrés Iniesta untuk gol kemenangan di Final Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan.

Tahun awal[sunting | sunting sumber]

Fabregas lahir di Arenys de Mar, Barcelona, Katalonia[3][4] ke Francesc Fabregas, Sr, yang menjalankan sebuah perusahaan properti, dan Núria Soler, pemilik sebuah perusahaan kue. Fabregas telah mendukung FC Barcelona sejak kecil dan pergi ke pertandingan pertamanya saat ia berusia sembilan bulan dengan kakeknya.[5] Ia memulai karier klub sepak bola dengan CE Mataró, sebelum menandatangani untuk Barcelona La Masia akademi muda saat berusia 10 pada tahun 1997.[6] His first coach, Señor Blai, reportedly did not select Fàbregas for matches against Barcelona in an attempt to hide him from their scouts.[7] Taktik ini, bagaimanapun, tidak mampu menahan Barcelona lama, dan Mataró menyerah dan membiarkan Fabregas untuk melatih dengan Barcelona satu hari per minggu. Akhirnya Fabregas bergabung dengan akademi Barcelona penuh waktu. Pelatihan awalnya adalah sebagai Gelandang bertahan bermain bersama nama-nama terkenal seperti Gerard Piqué dan Lionel Messi. Meskipun ia adalah pencetak gol produktif, kadang-kadang bahkan mencetak lebih dari 30 gol dalam satu musim untuk tim muda klub, ia tidak berhasil memainkan permainan tim pertama di Camp Nou.[8] Selama waktunya di akademi muda Barcelona, Fabregas mengidolakan Barcelona kemudian kapten dan nomor empat Pep Guardiola, yang kemudian akan memberikan Fabregas kausnya sebagai hiburan ketika Fabregas orang tuanya bercerai.[9]

Karier klub[sunting | sunting sumber]

Arsenal[sunting | sunting sumber]

Beradaptasi ke Inggris[sunting | sunting sumber]

Fabregas (kiri) dalam pertandingan melawan Sheffield United pada tahun 2006

Merasa bahwa ia akan memiliki kesempatan yang terbatas di Barcelona,[10] maka dia memutuskan untuk bergabung dengan Arsenal FC,[10] dengan menandatangani kontrak klub London tersebut pada tanggal 11 September 2003.[4] Pada awalnya tinggal di ibukota London membuat dia susah untuk beradaptasi, tetapi kemudian dia mulai berteman dengan rekan satu timnya Philippe Senderos yang membantunya beradaptasi dengan kehidupan di London.[11] Di usianya yang masih 16 tahun, Fabregas tidak pernah berpikir untuk masuk dalam tim inti tapi dia terus belajar dari seniornya, Patrick Vieira dan Gilberto Silva sambil mengkonsentrasikan dirinya dalam pelatihan dan belajar Bahasa Inggris. Tidak lama kemudian, dia memulai debutnya pada tanggal 23 Oktober 2003 dalam pertandingan Piala Liga melawan Rotherham United. Dengan bermainnya dia di pertandingan tersebut, dia menjadi pemain Arsenal termuda dengan umur 16 tahun 177 hari. Dia kemudian menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Arsenal di pertandingan Piala Liga berikutnya, dia mencetak gol dalam jarak yang dekat yang membawa timnya menang dengan skor 5-1 atas Wolves. Walaupun Arsenal memenangi liga dengan tak terkalahkan pada musim 2003-2004, Fabregas tidak mendapatkan medali dikarenakan dia tidak pernah bermain dalam pertandingan liga.

Tidak lama kemudian akhirnya dia dapat tampil bermain dalam tim inti di pertandingan Liga Inggris pada musim 2004-2005, sebelumnya dia hanya tampil di pertandingan Piala Liga. Pertandingan pertamanya di awal musim adalah dalam pertandingan kejuaraan Community Shield pada tahun 2004 melawan Manchester United dengan kemenangan 3-1. Dengan cederanya Patrick Vieira, Fabregas masuk dan menggantikan posisi seniornya Patrick Vieira dan tampil berturut-turut dalam 4 pertandingan Liga Inggris. Dia meraih pujian dalam pertandingan tersebut, bahkan dia mencetak gol dalam pertandingan melawan Blackburn Rovers dengan kemenangan 3-0, dan menjadi pemain termuda Arsenal yang mencetak gol dalam pertandingan Liga Inggris. Dengan berlanjutnya cedera pada Edu dan Gilberto Silva, maka kesempatan bermain pemain muda ini bertambah untuk semua kompetisi. Di Liga Champions UEFA, dia menjadi pencetak gol termuda kedua dalam sejarah kompetisi tersebut, dia mencetak gol dalam pertandingan melawan Rosenborg dengan kemenangan 5-1. Fabregas mengakhiri musim pertamanya bersama Arsenal dengan memenangkan penghargaan pertamanya pada pertandingan Final Piala FA melawan Manchester United yang berakhir adu penalti dengan kemenangan Arsenal 5-4.

Menjadi pemain utama[sunting | sunting sumber]

Setelah kepergian Kapten Arsenal Patrick Vieira ke Juventus, Fabregas mulai bermain secara rutin di tim inti pada posisi gelandang bersama dengan Gilberto Silva. Setelah diwarisi nomor punggung 4 dari Vieira, Fabregas tampil 49 kali di semua kompetisi selama musim 2005-2006. Meskipun usianya yang masih muda, penampilannya terus dicermati menyusul bertambahnya keterlibatan dia dalam tim inti. Lebih lanjut, karena Fabregas memiliki postur tubuh lebih kecil dan bermain tidak begitu agresif dibanding dengan Vieira, banyak yang meragukan kemampuannya untuk mengisi kekosongan yang ditinggal oleh Vieira.[12] Namun demikian, Fabregas menampilkan gaya permainannya sendiri dan mengesankan bagi para pengamat sepak bola dalam pertandingannya di Liga Champions melawan Real Madrid dan Juventus.[13][14][15] Dalam pertandingan melawan Juventus dia mencetak gol pertama dan memberikan umpan bola kepada Thierry Henry yang mencetak gol kedua,[13] pada saat yang sama Fabregas membuktikan bahwa dirinya dapat menghadapi permainan dan tackling keras gelandang seperti Vieira.[15] Dia kemudian bermain di partai Final Liga Champions 2005–06 melawan mantan klub nya Barcelona, tetapi Arsenal kalah dengan score 1-2,[16] dengan hasil tersebut Arsenal melengkapi musim 2005-2006 tanpa piala.

Fabregas merayakan gol dengan Arsenal rekan satu timnya

Dengan meningkatnya spekulasi transfer Fabregas pada musim panas, Real Madrid berkeinginan untuk mengontraknya walaupun Fabregas sudah menjalin kontrak jangka panjang dengan Arsenal. Tetapi manajer Arsenal Arsene Wenger menyatakan tidak akan mendengarkan penawaran dari manapun terhadap pemainnya.[17] Pada September 2006, dengan sisa kontrak yang masih tersisa 6 tahun, Arsenal mengajukan penawaran baru yaitu kontrak 8 tahun yang kemudian disetujui oleh Fabregas dan ditandatangani pada tanggal 19 Oktober 2006 [18] Walau jangka waktu kontrak tersebut tidak seperti biasa lamanya, Fabregas mengatakan bahwa gaya permainan Arsenal dan manajer Arsene Wenger sebagai alasan dalam komitmen jangka panjang pada klubnya Arsenal FC.[19][20]

Fabregas ditunjuk sebagai kapten tim selama musim 2008-09

Musim 2006-07 adalah pengalaman belajar bagi skuat Arsenal muda dan Fabregas. Klub kembali gagal mengamankan kehormatan besar dan dikalahkan oleh rival sekotanya Chelsea di Final Piala Liga.[21] Namun, Fabregas muncul sebagai salah satu pemain kreatif kunci bagi tim, bermain di setiap pertandingan tunggal liga.[22] Menjadi pemain utama Arsenal di Liga Champions 2006–07, Fabregas berhasil ketika ia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 atas Dinamo Zagreb dalam pertandingan kualifikasi.[23] Di Premier League, ia membukukan 13 assist, yang merupakan total tertinggi kedua di liga.[24][25] Dia mengakhiri musim dengan beberapa penghargaan individu, termasuk penghargaan Golden Boy, disajikan oleh majalah Italia TuttoSport, berdasarkan jajak pendapat penulis terkemuka di seluruh Eropa.[26] Dia juga terpilih dalam UEFA Team of the Year 2006,[27] dan Premier League Player of the Month pada Januari 2007.[28] Selain itu, ia dinominasikan untuk kedua PFA Players' Player of the Year dan PFA Young Player of the Year, meskipun kedua penghargaan pergi ke tangan permain Manchester United, Cristiano Ronaldo.[29] Pada bulan Juni 2007, ia diangkat sebagai Arsenal Player of the Season, dan mengambil dalam 60% suara.[30]

Musim 2007-08 dimulai dengan banyak ketidakpastian bagi Arsenal. Pertama, David Dein, wakil ketua klub, meninggalkan di tengah-tengah tuduhan perselisihan internal, diikuti dengan kepergian klub adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa dan kapten, Thierry Henry, yang menandatangani untuk Barcelona. Ada juga spekulasi masa Wenger dengan klub.[31] Fabregas tahu bahwa dia akan menjadi pemain paling penting untuk Arsenal, tapi menyatakan ia siap untuk menghadapi tantangan.[32] Ia memulai musim dengan baik, Memberikan gol dan assist,[24] dan website Soccernet disebabkan keberhasilan awal Arsenal untuk pemain Spanyol muda.[33] Awal untuk musim ini juga membuatnya mendapatkan penghargaan Player of the Month dari fans Arsenal untuk Agustus, September dan Oktober,[34] serta Player of the Month dari Premier League untuk bulan September.[35] Dengan Arsenal memimpin klasemen liga sampai Maret, Fabregas sama-sama berperan dalam Liga Champions 2007-08 klub, di leg melawan Milan, gelandang mencetak gol di akhir permainan untuk mengirim Arsenal ke perempat-final.[36] Meskipun Arsenal mengakhiri musim dengan meraih satu,[37] Fabregas mengumpulkan beberapa penghargaan pribadi. Pada tanggal 11 April 2008, Fabregas dinominasikan untuk PFA Player of the Year dan PFA Young Player of the Year penghargaan untuk tahun kedua berjalan.[38] ia kemudian dinobatkan sebagai pemenang kedua, dan disebutkan dalam PFA Team of the Year. Dia juga terpilih sebagai Pemain of the Season 2007-08 Arsenal.com.[39]

Pangkat kapten[sunting | sunting sumber]

Fabregas sebagai kapten selama semifinal Liga Champions 2008-09

Pada tanggal 24 November 2008, 14 pertandingan liga ke musim 2008-09, Fabregas disebut sebagai penerus William Gallas sebagai kapten klub.[40][41] Namun, seperti Arsenal kembali ke dalam perburuan gelar setelah awal yang buruk pada musim ini, pemain asal Spanyol itu absen selama empat bulan setelah mengalami cedera lutut melawan Liverpool.[42] The Gunners akhirnya menyelesaikan musim tanpa trofi, datang di posisi keempat di liga dan tersingkir di semi-final Liga Champions 2008-09[43][44] Seiring dengan kebijakan Arsenal untuk merapikan pemain muda, tim yang Fabregas mengarah ke musim baru kebanyakan terdiri dari inti muda yang sama seperti sebelumnya, dengan orang-orang seperti Nicklas Bendtner, Gaël Clichy, Abou Diaby, Denilson, Samir Nasri, Alexandre Song, dan Theo Walcott di belakangnya.

Fabregas dalam pertandingan melawan saingan Tottenham pada November 2010

Dalam pertandingan pembukaan liga musim 2009-10, Fabregas mencetak dua gol dan dua assist berhasil di Arsenal 6-1 jauh menang melawan Everton.[45] Arsenal melanjutkan untuk mengamankan kualifikasi untuk Liga Champions 2009-10 dengan mengalahkan Celtic lebih dari dua kaki, tapi momentum awal mereka untuk musim ini terganggu oleh kekalahan berturut-turut pertandingan liga ke Manchester United dan Manchester City. Tim bangkit kembali setelah kemunduran ini, dan dengan Fabregas menjadi produktif dalam mencetak gol dan menyiapkan rekan tim, itu tak terkalahkan dalam 13 pertandingan berikutnya. Meskipun menderita kerugian empat liga bahkan sebelum pertengahan musim mendekat, Arsenal berhasil memimpin klasemen liga setelah 22 pertandingan. Pada 31 Maret 2010, di Liga Champions leg pertama perempat final melawan Barcelona, Fabregas menderita patah tulang kaki sebelum mencetak gol penyama di pertandingan yang berakhir 2-2.[46] Arsenal, yang empat poin di belakang pimpinan klasemen Manchester United, yang kehilangan kapten mereka untuk sisa enam pertandingan liga musim ini;[46] mereka kemudian disingkirkan oleh Barcelona di Liga Champions, dan jatuh keluar dari perburuan gelar liga. Fabregas kemudian disebut dengan PFA Team of the Year.[47]

Fabregas mencoba untuk menundukkan argumen antara rekan setimnya di masa depan Sergio Busquets dan kemudian Arsenal rekan setimnya Robin van Persie.

Sebelum awal musim 2010-11 pernah ada lagi spekulasi media intens tentang masa depan pemain Spanyol itu, dan pada bulan Juni 2010, sebuah €35.000.000 tawaran dari Barcelona ditolak.[48][49][50] Musim 2010-11 ternyata menjadi salah satu yang sangat kompetitif di Premier League, meski Arsenal telah kehilangan lima pertandingan sebelum pertengahan musim, mereka berdesak-desakan untuk posisi menengah dengan Manchester United dan Manchester City.[51] Pada akhir Februari, Arsenal masih dianggapkan untuk melipatempatkan, tetapi dalam rentang waktu dua minggu mereka kalah di Final Piala Liga 2011, disingkirkan oleh Barcelona di babak 16 besar Liga Champions 2010–11, dan kalah di Piala FA perempat final.[52] Meskipun Fabregas tidak bermain di Final Piala Liga, itu backheel pass salah selama leg kedua pertandingan Liga Champions melawan Barcelona yang memungkinkan mereka untuk tingkat skor agregat. Arsenal tetap dianggapan untuk gelar liga sampai serangkaian menarik di sepertiga akhir musim ini menyebabkan mereka jatuh terlalu jauh di belakang pimpinan klasemen Manchester United, mereka mengakhiri musim keempat. Musim 2011-12 berikut sekali lagi ditandai dengan ketidakpastian. Barcelona membuat beberapa tawaran untuk Fabregas, sementara Nasri, Arsenal pemain bintang sebelumnya, didekati oleh Manchester City.

Barcelona[sunting | sunting sumber]

2011–12[sunting | sunting sumber]

Fabregas selama presentasi ke Barcelona

Pada 15 Agustus 2011, Barcelona menandatangani Fabregas untuk biaya awal £35 juta dengan lebih lanjut £5 juta dalam variabel,[53][54] mengakhiri salah satu saga transfer yang paling berlarut-larut dalam beberapa kali. Statistik menunjukkan bahwa dalam lima tahun sebelum keberangkatan Fabregas dari klub sepak bola Arsenal, Fabregas menciptakan peluang 466 mencetak gol, membuat 75 assist dan mencetak 30 gol, ketiga statistik melampaui orang-orang dari rekan tim baru Xavi Hernández dan Andrés Iniesta meskipun kedua telah membuat penampilan lebih pada periode yang sama.[55][56]

Fabregas bergabung dengan tim yang telah memenangkan tiga gelar La Liga berturut-turut dan dua gelar Liga Champions dalam tiga tahun, dan satu yang menampilkan orang-orang seperti Lionel Messi, Xavi Hernández, Andrés Iniesta, dan David Villa. Pertandingan debutnya terjadi ketika ajang Piala Super Spanyol melawan Real Madrid. Dia membuat debutnya di leg kedua Supercopa de España, yang datang sebagai pengganti melawan Real Madrid. Barcelona menang 3-2 dan agregat 5-4.[57] Dia mencetak gol pertamanya dalam kemenangan 2-0 melawan Porto FC saat Barcelona memenangkan 2011 Piala Super UEFA[58] dan gol pertamanya di liga pada debut liga melawan Villarreal CF. Dia melanjutkan untuk mencetak tiga gol lebih banyak di bulan September, termasuk menyamakan kedudukan dalam imbang 2-2 untuk Valencia CF.[59]

Fabregas kemudian menghabiskan sebagian Oktober absen karena cedera hamstring dijemput pada tugas internasional. Dia membuat kembali, dan mencetak gol, dalam kemenangan tandang 4-0 ke FC Viktoria Plzeň di Liga Champions. Ia kemudian membuat kembali liga di imbang 2-2 pergi ke Athletic Bilbao, mendapatkan gol di laga yang sama. Fabregas kemudian melanjutkan untuk mencetak dua gol dalam kemenangan kandang 5-0 melawan Levante UD. kemudian kemenangan tandang 3-1 melawan Real Madrid. Fabregas kemudian mencetak gol melawan Santos FC untuk membantu Barcelona meraih kemenangan 4-0 di Final Piala Dunia Antarklub FIFA.

Fabregas mendapat gol lain dalam kemenangan 4-0 melawan CA Osasuna di Copa del Rey. Dia juga mencetak gol di semi final kompetisi melawan Valencia untuk membantu Barcelona ke final dengan kemenangan agregat 3-1. Dia terus berjalan reguler di sisi Barcelona untuk sisa musim ini, termasuk penampilan di kedua kaki semifinal dari agregat kekalahan 3-2 untuk Chelsea di Liga Champions 2011-12 dan penampilan pengganti dalam kemenangan 3-0 melawan Athletic Bilbao di final Copa del Rey.

Fabregas mengakhiri musim pertamanya di Barcelona dengan memenangkan Copa del Rey, Supercopa de España, Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA, membukukan 15 gol dan 20 assist dalam 48 penampilan di semua kompetisi.

2012–13[sunting | sunting sumber]

Fabregas mengakhiri paceklik gol yang panjang untuk klub ketika ia mencetak gol liga pertamanya musim ini dengan dua gol melawan Sevilla FC dalam 3-2 kemenangan. Ia kemudian mencetak tiga gol di bulan Oktober, mendatang di liga, Liga Champions 2012-13 dan Copa del Rey. Dia mencetak gol lagi pada tanggal 25 November dalam kemenangan 4-0 ke Levante. Pada 13 Januari 2013, Fabregas mencetak gol dalam kemenangan 3-1 ke Málaga CF. Fabregas mencetak gol pertamanya hat-trick dalam kariernya melawan RCD Mallorca dalam kemenangan 5-0 pada tanggal 6 April 2013. Ia mengakhiri musim kedua di Barcelona dengan memenangkan pertama La Liga dalam kariernya, dengan rekor 100 poin. namun, di semi-final kedua Copa del Rey, Barcelona menelan kekalahan ke rival Real Madrid, dan Liga Champions 2012–13, untuk pemenang Bayern Munich, mencetak 14 gol dan 12 assist dalam 48 penampilan di semua kompetisi.

2013–14[sunting | sunting sumber]

Barcelona memulai musim dengan memenangkan Supercopa de España. Dalam pembukaan mereka liga menang, Fabregas memberikan tiga assist dalam kemenangan 7-0 atas Levante.[60]

Chelsea[sunting | sunting sumber]

Pada 12 Juni 2014, Chelsea menandatangani kontrak Fabregas untuk bermain selama lima tahun[61] dengan biaya sekitar £ 30 juta.[62] Fabregas mengatakan bahwa Arsenal diberi pilihan pertama untuk membelinya kembali, tapi mereka menolaknya. Dia juga mengatakan bahwa dia memiliki "urusan yang belum selesai" di Liga Premier.[62] Mantan kapten Arsenal ini bergabung dengan saingan mereka di London meskipun mengklaim pada 2011 bahwa ia tidak akan bergabung dengan klub Inggris lain.[63]

Karier internasional[sunting | sunting sumber]

Tim muda[sunting | sunting sumber]

Meskipun ia memiliki secara teratur selama Spanyol, karier internasional Fabregas mulai di tingkat muda. Pada 2003 FIFA U-17 World Championship diadakan di Finlandia, ia selesai sebagai pencetak gol terbanyak turnamen meski bermain di lini tengah, dan terpilih sebagai Pemain Turnamen.[8] Spanyol runner-up di turnamen ke Brasil.[64] Fàbregas was next involved in the 2004 UEFA U-17 European Championship, where Spain also finished runners-up.[65] He was named the Golden Player of the tournament by FIFA.[65]

Tim senior[sunting | sunting sumber]

Setelah muncul sebagai salah satu pemain kunci Arsenal hanya musim kedua di klub, tidak butuh waktu lama bagi Fabregas untuk dipanggil ke skuat senior. Memperhatikan penampilan mengesankan dalam kampanye Liga Champions Arsenal tahun 2006, pelatih Spanyol Luis Aragonés bernama remaja dalam tim untuk pertandingan persahabatan terhadap Pantai Gading.[66] Dalam pertandingan itu, Fabregas menjadi pemain termuda untuk Spanyol dalam 70 tahun, mengalahkan Sergio Ramos[3] Dia menerima ulasan menguntungkan untuk debut, dan terlibat dalam membangun untuk gol pertama Spanyol dalam kemenangan 3-2 atas Pantai Gading.[3][67]

Pada pertandingan internasional, Fabregas tercatat sebagai pemain termuda Spanyol di Piala Dunia pada pertandingan Spanyol vs Ukraina di Leipzig pada tanggal 13 Juni 2006 di umurnya yang masih 19 tahun 41 hari. Kariernya sebagai pemain nasional bermula dari tingkat pemain muda, mewakili tim U-17 pada pertandingan Kejuaraan Dunia U-17 FIFA di Finlandia pada tahun 2003. Sebagai hasil dari penampilannya di tim U-17, dia dipanggil oleh Luis Aragonés, pelatih tim Nasional Spanyol, untuk menjadi pemain senior pada tim nasional sepak bola Spanyol dan bermain pada Piala Dunia 2006 di Jerman (9 Juni - 9 Juli 2006) dan Piala Eropa 2008 (7-29 Juni 2008) di Swiss dan Austria di mana di turnamen ini Spanyol keluar sebagai juara sekaligus menjadikan Spanyol menjadi Peringkat 1 dalam daftar Peringkat Dunia FIFA dan dalam turnamen ini Fabregas menjadi salah satu pemain kunci.

Euro 2008: Laga TimNas Swedia vs TimNas Spanyol.

Laga dimana Fabregas ikut ambil bagian di antaranya masuk sebagai pemain pengganti pada laga pertama melawan Rusia di menit 54 dan membuat assist pada gol ketiga David Villa dan mencetak gol pada menit 90 dan berkesudahan dengan kemenangan Spanyol 4-1, kemudian masuk sebagai pemain pengganti pada laga melawan Swedia di menit 59 dan menang dengan skor 1-2, pada laga melawan Yunani Fabregas tampil sebagai Starter dan Spanyol menang dengan skor 1-2,

Fàbregas merayakan kemenangan Timnas Spanyol pada Euro 2008

kemudian pada laga perempat final melawan Italia Fabregas masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke 60 yang berakhir dengan adu penalti dan gol Fabregas menjadi penentu kemenangan Spanyol 4-2 setelah sebelumnya Iker Casillas memblok 2 gol penalti dari pemain Italia (Daniele De Rossi dan Antonio Di Natale), pada laga semifinal melawan Rusia, Fabregas masuk pada menit 34 menggantikan David Villa yang cedera dan kemudian membuat assist pada Daniel Güiza yang mencetak gol pada menit 73 dan juga assistnya pada David Silva yang mencetak gol pada menit 82, akhirnya pada laga Final melawan Jerman Fabregas turun sebagai starter dengan kemenangan Spanyol dari gol tunggal Fernando Torres pada menit 33. Di turnamen Piala Eropa 2008 ini, Fabregas bersama pemain Turki Hamit Altıntop mencatat assist terbanyak yaitu 3 assist.

Gaya bermain[sunting | sunting sumber]

Arsenal[sunting | sunting sumber]

Awalnya dibawa ke Arsenal sebagai pemuda untuk perlahan-lahan berkembang lewat turnamen Piala Liga, Fabregas dengan tak terduga dipakai Arsenal sebagai gelandang tengah setelah cederanya sesama pemain gelandang Patrick Vieira, Gilberto Silva dan Edu selama musim 2004-05. Sementara gelandang bertahan Vieira menjabat sebagai panutan dan mentor,[68] ia menemukan gaya permainannya lewat idola masa kecilnya dan sekaligus rekan senegaranya Josep Guardiola, yang nomor punggungnya 4 ia akan kenakan dalam kepindahan selanjutnya ke Barcelona pada tahun 2011 [12][15]. Karena dia dari era yang berbeda dari pendahulunya di Arsenal yang bermain di posisi yang sama,[11][12] ini menyebabkan kritik ringan muncul dan dengan gaya bermain yang kurang agresif, karena perkembangannya di Barcelona Youth Academy,[12][15] dengan mantan rekan setimnya Ashley Cole mengkritik pemain Spanyol ini sebagai " bulu belum terbukti " dalam otobiografinya.[69]

Namun, tidak butuh waktu lama bagi Fabregas untuk menjadi salah satu yang paling didambakan dan dielukan sebagai talenta muda dalam permainan dengan sukses di Arsenal. Berfungsi sebagian besar sebagai playmaker dan terkenal karena berbagai passingnya, ia digambarkan sebagai jenderal tim utama Arsenal, membawa visi, kreativitas, dan pemahaman bawaan tentang waktu dan ruang permainan untuk mengatasi permainan saat rumit di Arsenal, menampilkan kedewasaan yang mengesampingkan usianya yang masih muda.[3][4][8][10][30][32][70][71] Dia adalah kekuatan kreatif utama ketika ia berada di Arsenal, sebagaimana dicontohkan oleh 16 assist di semua kompetisi di musim 2006-07 [24]. Antara 2006-07 dan 2010-11, Fabregas menciptakan peluang yang paling top di antara liga utama Inggris, Spanyol, Italia, Jerman dan Perancis.[72]

Di Arsenal, Fabregas juga sering menerima tanggung jawab untuk mengambil tendangan, mengambil tendangan sudut, tendangan bebas dan penalti.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Arsenal[sunting | sunting sumber]

Juara
Juara kedua

Barcelona[sunting | sunting sumber]

Juara
Juara kedua

Internasional[sunting | sunting sumber]

Juara
Juara kedua

Individual[sunting | sunting sumber]

Sponsorship[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2011, Fabregas menandatangani kesepakatan sponsorship dengan perlengkapan olahraga Jerman dan pemasok peralatan, Puma. Ia tampil dalam sebuah iklan untuk baru Puma PowerCat 1,12 pada September tahun 2011 dan merupakan salah satu pemakai unggulan dari Puma berbagai PowerCat sepatu bola.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Fabregas dan pasangannya Daniella Semaan memiliki anak perempuan bernama Lia, yang lahir pada tanggal 10 April 2013.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Player Profile: Cesc Fàbregas, FC Barcelona, accessed 15 August 2011.
  2. ^ http://www.fcbarcelona.com/football/first-team/staff/players/Fabregas/sheet
  3. ^ a b c d Francesc Fabregas profile, ESPNsoccernet, accessed 27 June 2009.
  4. ^ a b c Cesc Fàbregas profile, Arsenal F.C., accessed 27 June 2009.
  5. ^ Francesc Fabregas: Spanish marvel blossoms out of the world of his mentors, The Independent, accessed 31 August 2010.
  6. ^ Cuando todo era un sueño, ELPAÍS.com, accessed 16 May 2006
  7. ^ Cesc Fàbregas faces the Barcelona Dream Team he left behind, The Guardian, 31 March 2010, accessed 18 September 2010.
  8. ^ a b c Cesc Fabregas, UEFA, accessed 23 May 2007.
  9. ^ The one that got away, BBC Sport, accessed 1 June 2010.
  10. ^ a b c The Young Gunner, The Football Association, 19 May 2005, accessed 27 August 2011.
  11. ^ a b Marcotti, Gabriele and Balague, Guillem, "From Barcelona to Barnet: how a rising star learnt his trade", timesonline.co.uk, 28 February 2007, accessed 23 May 2007.
  12. ^ a b c d Hubbard, Norman, "Arsenal's midfield muddle", soccernet.espn.go.com, 22 August 2005, accessed 23 May 2007.
  13. ^ a b Arsenal 2-0 Juventus, news.bbc.co.uk, 28 March 2006, accessed 23 May 2007.
  14. ^ Sheringham, Sam, "Spain Teenager Fabregas Sparks World Cup Rally, Wows Maradona", bloomberg.com, 20 June 2006, accessed 23 May 2007.
  15. ^ a b c d Harrold, Michael, "Fabregas plots Arsenal revival", uefa.com, 13 April 2007, accessed 23 May 2007.
  16. ^ Haslem, Andrew, "Barca comeback denies Arsenal", uefa.com, 17 May 2006, accessed 23 May 2007.
  17. ^ Kendall, Mark, "Real confident of securing Cesc's signature", msn.skysports.com, 4 July 2006, accessed 22 May 2007.
  18. ^ Fàbregas signs new Arsenal deal, news.bbc.co.uk, 19 October 2006, accessed 22 May 2007.
  19. ^ Harris, Chris, "Fabregas - Our style of play makes me so happy", arsenal.com, 22 October 2006, accessed 23 May 2007.
  20. ^ Adams, Tom, "Cesc staying grounded", skysports.com, 27 October 2006, accessed 24 May 2007.
  21. ^ Chelsea 2–1 Arsenal, BBC Sport, 21 February 2007, accessed 23 May 2007.
  22. ^ Arsenal are the ultimate 'second half' team, Arsenal F.C., accessed 23 May 2007.
  23. ^ Dinamo Zagreb 0–3 Arsenal, BBC Sport, 8 June 2006, accessed 7 September 2008.
  24. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama stats
  25. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama actim
  26. ^ Lipton, Martin, "HE'S FAB IN POLL", Daily Mirror, 2 December 2006, accessed 22 May 2007.
  27. ^ Your Team of 2006 revealed, UEFA, 19 January 2006, accessed 22 May 2007.
  28. ^ Benitez and Fabregas scoop awards, BBC Sport, 9 February 2007, accessed 22 May 2007.
  29. ^ Arsenal 3–1 Man City: Fabregas inspires revival, ESPNsoccernet, 17 April 2007, accessed 18 April 2007.
  30. ^ a b 'He showed he is the ultimate midfield player', Arsenal F.C., accessed 28 June 2007.
  31. ^ Wenger signs new three-year Gunners deal, ESPNsoccernet, 7 September 2007, accessed 16 September 2007.
  32. ^ a b How Fabregas plans to save Arsenal, The Guardian, 25 August 2007, accessed 17 September 2007.
  33. ^ Burying the ghost of Henry. ESPNsoccernet, 15 September 2007, accessed 17 September 2007.
  34. ^ Fabregas scoops O2 Player of the Month award, Arsenal F.C., 5 October 2007, accessed 6 October 2007.
  35. ^ GUNNERS DUO CELEBRATE AWARDS DOUBLE, Premier League, 19 October 2007, accessed 5 March 2008.
  36. ^ AC Milan 0 – Arsenal 2, BBC Sport, 5 March 2008, accessed 5 March 2008.
  37. ^ Season Review Week: The highlights and the lowlights, Arsenal F.C., accessed 24 May 2008.
  38. ^ Ronaldo heads shortlist for players' awards, ESPNsoccernet, 11 April 2008, accessed 12 April 2008.
  39. ^ Fabregas is O2/Arsenal.com Player of the Season, Arsenal F.C., accessed 8 July 2008.
  40. ^ Fabregas replaces Gallas as Arsenal skipper, ESPNsoccernet, 24 November 2008, accessed 25 November 2008.
  41. ^ Captain Cesc's appointment is no surprise, The Sport Review, 26 November 2008, accessed 22 May 2009.
  42. ^ Injured Fabregas ruled out for 3–4 months, ESPNsoccernet, 23 December 2008, accessed 24 December 2008.
  43. ^ 2008/2009 English Premier League: Statistics, ESPNsoccernet, accessed 1 July 2009.
  44. ^ Arsenal 1 – 3 Manchester United, ESPNsoccernet, 29 April 2009, accessed 1 July 2009.
  45. ^ Gunners crush Toffees, ESPNsoccernet, 15 August 2009, accessed 18 August 2009.
  46. ^ a b Fabregas out for six weeks with leg fracture, ESPNsoccernet, 1 April 2010, accessed 2 April 2010.
  47. ^ Rooney scoops PFA Player of the Year Award, ESPNsoccernet, 25 April 2010, accessed 26 April 2010.
  48. ^ Arsenal reject Barcelona's bid for Cesc Fabregas, BBC Sport, 2 June 2010, accessed 15 June 2010.
  49. ^ Barcelona switch tactics over Cesc Fabregas in bid to get Arsenal to the negotiating table, The Daily Mail, 28 May 2010, accessed 22 June 2010.
  50. ^ Laporta: Lines of communication open over Cesc, fcbarcelona.cat, 4 June 2010, accessed 27 June 2010.
  51. ^ Roger, Martins, "EPL midseason surprises and disappointments", Yahoo! Sports, 29 December 2010, accessed 20 January 2011.
  52. ^ Wenger not questioning steel, ESPNsoccernet, 14 March 2011, accessed 15 March 2011.
  53. ^ [1], FC Barcelona, 15 August 2012, accessed 7 August 2012.
  54. ^ soccernet.espn.com
  55. ^ "OFFICIAL: Fabregas Is Better Than Xavi & Iniesta", Football-Talk, 20 July 2011, accessed 26 July 2012.
  56. ^ "Cesc Fabregas completes move from Arsenal to Barcelona", BBC Sport, 15 August 2011, accessed 15 August 2011.
  57. ^ Messi wins Super Cup, ESPNsoccernet, 17 August 2011, accessed 17 August 2011.
  58. ^ Ashby, Kevin, "Barcelona breeze to fourth UEFA Super Cup", UEFA, 26 August 2011, accessed 27 August 2011.
  59. ^ Late goal from Cesc Fábregas earns Barcelona a draw with Valencia, The Guardian, 22 September 2011, accessed 1 January 2013.
  60. ^ "Cesc Fabregas Shows His Importance as Barcelona Stroll to Opening Win". Diakses 2013-09-14. 
  61. ^ "FABREGAS SIGNS FOR CHELSEA". Chelsea FC. 12 June 2014. Diakses 13 June 2014. 
  62. ^ a b "Cesc Fabregas: Chelsea sign ex-Arsenal midfielder from Barcelona". BBC Sport. 12 June 2014. Diakses 12 June 2014. 
  63. ^ "Arsenal captain Cesc Fabregas: I will never sign for another English club like Fernando Torres". The Telegraph. 20 Apr 2011. Diakses 12 June 2014. 
  64. ^ Brazil roar past brave Spain, Argentina take third, FIFA, 30 August 2003, accessed 23 May 2007.
  65. ^ a b Haslam, Andrew, "2004: Cesc Fabregas", UEFA, accessed 9 July 2008. Diarsipkan 26 Mei 2008 di Wayback Machine
  66. ^ Harris, Chris, "Fabregas – Why I feel part of the Spain 'family'", Arsenal F.C., 28 March 2007, accessed 24 May 2007.
  67. ^ Ivory Coast suffer defeat, BBC Sport, 2 March 2006, accessed 23 May 2007.
  68. ^ Townsend, Nick, "Spanish marvel blossoms", The Independent, 2 October 2005, accessed 17 September 2007. Diarsipkan 14 Maret 2008 di Wayback Machine
  69. ^ Macintosh, Iain, "Completely Fab", The New Paper, 29 September 2007.
  70. ^ Smith, Alan, "Fabregas puts his skates on in chase for perfection", The Daily Telegraph, 20 January 2007, accessed 23 May 2007.
  71. ^ McIlvanney, Hugh, "Fàbregas a leader in waiting", The Times, 26 March 2006, accessed 22 May 2007.
  72. ^ The magic of Cesc Fabregas, BBC Sport, 11 August 2011, accessed 15 August 2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]