Carl D. Anderson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Carl David Anderson
Carl anderson.1937.jpg
Carl Anderson di LNLB, Amerika Serikat tahun 1937
Lahir 3 September 1905
New York City, New York, Amerika Serikat
Meninggal 11 Januari 1991 (umur 85)
San Marino, California, Amerika Serikat
Kebangsaan Amerika Serikat
Bidang Fisika
Alma mater Institut Teknologi California
Mahasiswa ternama Donald A. Glaser
Seth Neddermeyer
Dikenal karena Penemuan positron
Penemuan muon
Penghargaan Penghargaan Nobel dalam Fisika (1936)
Medali Elliott Cresson (1937)

Carl David Anderson (lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 3 September 1905 – meninggal di San Marino, California, Amerika Serikat, 11 Januari 1991 pada umur 85 tahun) ialah fisikawan Amerika Serikat.

Ia menerima gelar sarjana dalam fisika dan teknik dari Institut Teknologi California pada 1927. Pada 1930, Anderson menerima gelar doktornya magna cum laude dari Institut Teknologi California. Tesisnya, berdasar pada distribusi spasial elektron yang dikeluarkan dari gas oleh sinar-X, diterbitkan di Physical Review.

Pada awal 1930, Anderson berkolaborasi dengan penasihat lulusannya penerima Nobel Profesor Robert Andrews Millikan pada studi sinar kosmik. Penelitian mereka menimbulkan penemuan "positron" pada 1932. Anderson melanjutkan studi pada radiasi dan unsur subatom dan pada 1933 membuat bukti bahwa positron dipancarkan dari sinar gamma. Atas penemuan ini, Carl Anderson menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika pada 1936. Penemuan Anderson atas positron memberikan sumbangan besar untuk mengembangkan teknologi bom atom. Karena pencapaiannya yang cemerlang itu, ia diundang untuk mengarahkan pada apa yang kelak dikenal sebagai Proyek Manhattan. Anderson menolak tawaran itu karena ia tak merasa cakap dan melanjutkan kerjanya di Institut Teknologi California pada teknologi roket.

Sepanjang Perang Dunia II ia menjabat di Komite Penelitian Pertahanan Nasional dan dengan Kantor Penelitian dan Pengembangan Ilmiah. Dari 1963 hingga 1966, Anderson bertindak sebagai Ketua Bagian Fisika di National Academy of Science. Ia tidak aktif maupun tertarik pada gerakan politik yang berhubungan dengan persenjataan nuklir. Namun, Anderson sungguh-sungguh menandatangani sebuah petisi yang menentang uji bom hidrogen bersama anggota bagian lainnya di akademi itu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]