Brussels Airlines

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Brussels Airlines
Brussels Airlines logo.svg
IATA ICAO Kode panggil
SN BEL BEE-LINE
Didirikan 7 November 2006
Hub Bandara Brusel
Program penumpang setia Privilege
Lounge penumpang Business Centre
Ukuran armada 53
Kota tujuan 67
Kantor pusat Zaventem (Brussels), Belgium
Orang penting Philippe Vander Putten (CEO); Etienne Davignon, Chairman
Situs web http://www.brusselsairlines.com/

Brussels Airlines merupakan maskapai penerbangan nasional Belgia yang berbasis di Bandar Udara Brussels, Belgia. Maskapai ini mengoperasikan jaringan penerbangan menuju 50 destinasi di 20 negara, termasuk penerbangan jarak jauh menuju Afrika Timur, Tengah, dan Barat. Maskapai ini juga mengoperasikan penerbangan charter, perawatan dan pelatihan kokpit dan kru kabin[1]. . Brussels Airlines merupakan anggota IATA dan Association of European Airlines (AEA) serta Star Alliance.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Brussels Airlines dibentuk setelah penggabungan SN Brussels Airlines (SNBA) dan Virgin Express. Pada 12 April 2005, SN Airholding, perusahaan di belakang SNBA menandatangani sebuah perjanjian dengan Richard Branson, yang berisi tentang pengambil alihan kontrol Virgin Express. Pada 31 Maret 2006, SNBA dan Virgin Express mengumumkan penggabungan mereka menjadi perusahaan tunggal. Pada 7 November 2006, nama yang baru, Brussels Airlines, diumumkan pada konferensi pers di Bandar Udara Brussels. Brussels Airlines memulai operasinya pada 25 Maret 2007.

Maskapai ini menginginkan 55% saham Bandar Udara Brussels. Brussels Airlines akan menambah penerbangan jarak jauh, terutama menuju Amerika Utara, dan akan memperkuat posisi maskapai penerbangan di Afrika. Maskapai ini juga mengumumkan penguatan armadanya, yang termasuk 3 Airbus A330. Pada Januari 200, perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka memiliki pesawat Airbus A330-300 keempat, didatangkan dari maskapai yang tidak terpakai, Air Madrid.

Penerbangan[sunting | sunting sumber]

Pada penerbangan di Eropa, maskapai ini menawarkan 2 tipe tiket, b-flex dan b-light.

  • b-flex: tiket mahal, menawarkan pelayanan penuh, surat kabar gratis dan makanan gratis.
  • b-light: tiket murah, dengan makanan dan minuman yang dijual selama penerbangan.

Pada penerbangan jarak jauh, termasuk penerbangan menuju Helsinki, Moskow dan Tel Aviv, Brussels Airlines melanjutkan penawaran kelas ekonomi dan kelas bisnis.

Brussels Airlines melakukan pertukaran kode dengan SN Brussels Airlines.

Destinasi[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Destinasi Brussels Airlines

Armada[sunting | sunting sumber]

[rujukan?]

Tipe Jumlah Kursi Catatan
Airbus A319-100
8
132
Airbus A320-200
1
(1 lagi dalam pesanan)
132
Airbus A330-300
5
264
Avro RJ85
13
82
Akan dipensiunkan
Avro RJ100
12
97
Akan dipensiunkan
BAe 146-200
6
84
Pensiun
Boeing 737-400
4
164
Boeing 737-300
5
142

Jumlah armada: 53 pesawat


Livery[sunting | sunting sumber]

Livery maskapai ini terlihat sama dengan SN Brussels Airlines, dengan sedikit perubahan. Sekarang, ekor pesawat memperlihatkan logo "B bertitik" baru yang berbeda dari huruf S milik Sabena. Panggilannya tetap ESTAIL (kemudian diganti BEELINE). Garis oranye di badan pesawat telah dihapus. Warna biru muda di badan pesawat telah diperbanyak untuk menutupi semua badan pesawat. Nama "Brussels Airlines" ditulis dengan warna biru tua pada bagian atas pesawat, didahului dengan logo "b". Beberapa armada mereka menghilangkan logo "b" setelah beberapa penumpang mengeluh mengenai 13 titik yang dianggap membawa kesialan [1]. Logo "b" sekarang memiliki 14 titik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Flight International 27 March 2007