Bandar udara internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemandangan Terminal 2, Bandar Udara Internasional Taiwan Taoyuan

Suatu bandar udara internasional merupakan sebuah bandar udara yang dilengkapi dengan fasilitas Bea dan Cukai dan imigrasi untuk menangani penerbangan internasional menuju dan dari negara lainnya. Bandara sejenis itu umumnya lebih besar, dan sering memiliki landasan lebih panjang dan fasilitas untuk menampung pesawat besar yang sering digunakan untuk perjalanan internasional atau antarbenua. Bandara internasional sering menangani penerbangan domestik (penerbangan yang terjadi di satu negara) juga penerbangan internasional. Di beberapa negara kecil kebanyakan bandar udara merupakan internasional, sehingga konsep suatu "bandara internasional" memiliki makna kecil. Di negara-negara tersebut, terdapat sebuah sub-kategori bandar udara internasional terbatas yang menangani penerbangan internasional, tetapi terbatas pada tujuan jarak pendek (umumnya karena faktor geografi) atau campuran bandara sipil/militer.

Banyak bandara yang memberikan penerbangan internasional terjadwal memiliki kata "internasional" pada nama resminya, tetapi yang lain, termasuk bandara besar seperti Bandar Udara London Heathrow, tidak. Kebalikannya, beberapa bandara yang menyebut dirinya bandara internasional, khususnya di kota-kota kecil Amerika Serikat, kenyataannya tidak memiliki penerbangan sipil maskapai internasional terjadwal tetapi memiliki fasilitas bea cukai dan imigrasi yang melayani penerbangan sewaan, kargo dan umum. Dalam hal ini layanan bea cukai dan imigrasi hanya tersedia dengan peringatan resmi selama beberapa jam. Contohya seperti Bandar Udara Internasional Gerald R. Ford di Grand Rapids, Michigan, Bandar Udara Internasional Gary/Chicago di Gary, Indiana.

Bandara lainnya yang sebelumnya melayani penerbangan internasional sekarang melayani penerbangan domestik (lalu lintas internasional telah dialihkan ke bandar udara yang lebih baru dan besar di daerah itu) tetapi menggunakan kata "internasional" pada namanya. Contohnya seperti:

Beberapa bandara internasional juga melayani sebagai "hub", atau tempat dimana penerbangan tidak langsung dapat mendarat dan penumpang berganti pesawat. Bandar udara internasional sering terdapat cabang maskapai, dan kebanyakan diantaranya luar negeri.

Penumpang yang berganti ke penerbangan domestik dari sebuah penerbangan internasional diharuskan membawa bagasi merka yang sudah dicek melalui Bea dan Cukai dan mengecek ulang di counter maskapai domestik, membutuhkan waktu yang lama selama proses itu. Dalam beberapa hal di Eropa bagasi dapat dikirim ke tujuan akhir bahkan apabila itu merupakan penerbangan domestik.

Pada sejumlah hal, pelancong dan pesawat dapat melewati Bea dan Cukai dan imigrasi di bandara keberangkatan. Seperti contohnya, Amerika Serikat memiliki petugas bea cukai dan imigrasi di beberapa bandara Kanada. Ini membolehkan penerbangan dari bandar udara tersebut terbang menuju bandara AS yang tidak memiliki fasilitas bea cukai dan imigrasi. Bagasi dari penerbangan tersebut juga dapat dikirim ke tujuan akhir di AS melalui bandar udara masuk.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]