Kartu keselamatan pesawat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kartu keselamatan pesawat adalah adalah dokumen instruksi kepada penumpang pesawat tentang prosedur untuk menangani kondisi darurat yang mungkin timbul selama penerbangan.

Kartu keselamatan biasanya disediakan oleh maskapai penerbangan pada semua penerbangan komersial, biasanya terletak di bagian belakang kursi di depan setiap penumpang. Demonstrasi keselamatan sebelum penerbangan, baik yang dilakukan oleh pramugari dan pramugara atau melalui presentasi video, menginstruksikan penumpang untuk membiasakan diri dengan kartu keamanan sebelum lepas landas.

Kartu sering dilaminasi atau terbuat dari plastik dan berisi petunjuk yang spesifik untuk model pesawat yang mereka gunakan selama penerbangan. Biasanya dalam bentuk gambar, grafis menggambarkan prosedur seperti penggunaan sabuk pengaman, menguatkan dampak di kecelakaan pesawat, berurusan dengan penurunan tekanan udara, membuka pintu keluar darurat atau menggelembungkan rakit dalam hal terjadi pendaratan di air. Representasi grafis memungkinkan kartu untuk dapat diakses oleh mereka yang berbicara bahasa yang berbeda dari para pramugari, serta anak-anak dan penumpang buta huruf.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ericson, Eric C.; Pihl, Johan; Reese, Carl (2003). Design for Impact: Fifty Years of Airline Safety Cards. Princeton Architectural Press. ISBN 1-56898-387-5. 
  • Johnson, Daniel L. (1984). Just in case: a passenger's guide to airplane safety and survival. New York: Plenum. ISBN 978-0-306-41576-0. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]