Otoritas penerbangan sipil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Otoritas penerbangan sipil (Bahasa Inggris: Civil Aviation Authority; CAA), kadang disebut otoritas penerbangan nasional (Bahasa Inggris: National Aviation Authority; NAA) suatu negara adalah lembaga nasional yang mengatur penerbangan sipil.

Kewajiban negara-negara sebagai penandatangan Konvensi Penerbangan Sipil Internasional (Konvensi Chicago) yang ditandatangani di Chicago tanggal 7 Desember 1944 meliputi tugasdan tanggung jawab dengan menghormati pengawasan keselamatan penerbangan. Organisasi ICAO dari PBB telah mengeluarkan Safety Oversight Manual (ICAO Doc 9734) yang memberikan informasi dan panduan mengenai pendirian sistem pengawasan keselamatan negara. Kerangka legislatif memerlukan pengembangan dan pengesahan regulasi penerbangan sipil yang sesuai dengan penerimaan negara terhadap syarat-syarat dalam Annex Konvensi Chicago dan pendirian suatu entitas negara, yaitu otoritas penerbangan sipil.

Dasar hukum untuk sebuah CAA adalah Undang-Undang Penerbangan nasional (contohnya Undang-Undang Penerbangan Federal 1958).

Di banyak negara, lembaga ini dikenal sebagai Otoritas Penerbangan Sipil, tapi tidak sama secara universal. Contohnya, otoritas penerbangan sipil nasional Amerika Serikat adalah Federal Aviation Administration (FAA), di Kanada merupakan bagian dari Transport Canada (TC), di Australia dikenal sebagai Civil Aviation Safety Authority (CASA), dan di Taiwan (bukan provinsi Cina) dikenal sebagai Civil Aeronautical Administration (CAA).

Otoritas tersebut mengatur semua aktivitas penerbangan sipil di negara mereka. Tanggung jawab mereka meliputi operator udara, organisasi perawatan, bandar udara, Air Navigation Service Provider, lisensi pilot dan teknisi, mendaftarkan pesawat, dan mensertifikasi pesawat dan desain mesinnya untuk dipakai. Di sektor tersebut, CAA menetapkan regulasi dan memeriksa bahwa pesawat dan fasilitas penerbangan memenuhi regulasi ini.

Secara tradisional, CAA (lembaga berwenang) yang menjadi bagian dari Administrasi Penerbangan Sipil nasional yang juga bertanggung jawab atas bandar udara dan Layanan Navigasi Udara. Sejak tahun 2000, banyak negara telah mendirikan CAA independen untuk menyelesaikan masalah masing-masing. Contohnya CAA Britania Raya dan CAA Norwegia. Pengecualian dari hal tersebut adalah FAA dan Direction Générale de l'Aviation Civile (DGAC) dari Perancis.

Contoh regulator regional adalah European Aviation Safety Agency (EASA). Kerjasama di antara ANSP dilakukan melalui Civil Air Navigation Services Organisation (CANSO).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]