Akrotiri dan Dhekelia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Pulau Siprus menunjukkan letak Akrotiri dan Dhekelia
Peta Akrotiri
Peta Dhekelia

Akrotiri, juga disebut "Area Pangkalan Kuasa Barat" (Western Sovereign Base Area/WSBA) dan Dhekelia, juga disebut "Area Pangkalan Kuasa Timur" (Eastern Sovereign Base Area/ESBA), adalah dua Area Pangkalan Kuasa Britania (UK Sovereign Base Area/SBA) di Siprus, bekas Koloni Mahkota Britania. Akrotiri terletak di bagian selatan Siprus, dekat kota Limassol. Dhekelia terletak di bagian tenggara, dekat Larnaca. Kedua kawasan tersebut mempunyai pangkalan militer, lahan pertanian dan pemukiman. Akrotiri dikelilingi oleh wilayah Republik Siprus, sedangkan Dhekelia berbatasan dengan zona penyangga Perserikatan Bangsa-Bangsa dan wilayah Republik Turki Siprus Utara.

Pasukan garnisun Britania ditempatkan di sana sebagai bentuk pertahanan. Selain itu, terdapat pula listening post (pos untuk mendengar keadaan musuh) dan satu-satunya stasiun RAF (Angkatan Udara Britania) yang terlengkap di kawasan Mediterania (karena di Gibraltar tidak ada pangkalan pesawat permanen), RAF Akrotiri. Britania juga mengirim pasukannya di bawah naungan PBB yang ditugaskan di Siprus. Keseluruhan personel Britania di Siprus mencapai 3.500 orang.

Disorientasi dapat dirasakan ketika memasuki bagian militer sebuah area pangkalan kuasa (berbeda dengan Teluk Guantanamo, ada jalan yang menembus ke wilayah itu dan bahkan hingga ke kamp militer, yang terbuka bagi lalu lintas dari Siprus). Bahkan, semua nama jalan di kamp militer sangat keinggris-inggrisan. Hukum sipil diterapkan oleh otoritas sipil Britania, tetapi lebih mengikuti model hukum Republik Siprus. Banyak warga Siprus yang bekerja di SBA, terutama untuk otoritas Britania atau sebagai petani dan pedagang. Namun hanya orang Siprus yang memiliki jaringan lokal (local connection) yang diizinkan tinggal di sana, seperti mereka yang tinggal di desa Akrotiri atau di pinggiran desa tetangga dekat pangkalan. Selain itu, desa Xylotimbou dan Ormidhia di Republik Siprus adalah enklave yang dikelilingi oleh SBA Dhekelia.

Pangkalan Kuasa di Siprus termasuk dalam wilayah luar negeri Britania, namun bukannya dipimpin Gubernur, seperti teritorial lainnya, SBA di Siprus dipimpin oleh Administrator, yang ditunjuk oleh Ratu, tetapi bertanggungjawab kepada Kementerian Pertahanan, bukan kepada Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran.

Sebuah antena (kemungkinan untuk kepentingan radar) yang dipasang di pangkalan Akrotiri dikhawatirkan menimbulkan efek samping terhadap habitat hewan liar dan kesehatan manusia yang tinggal di Limassol.

Ayios Nikolaos di Dhekelia adalah stasiun pendengaran bagi jaringan pengintai ECHELON.

Kedua pangkalan tersebut memiliki hubungan yang kompleks dengan Uni Eropa menurut berbagai perjanjian.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]