Tristan da Cunha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tristan da Cunha
MottoOur faith is our strength
Lagu kebangsaanGod Save the Queen
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Edinburgh of the Seven Seas
Bahasa resmi Inggris
Pemerintahan Bagian dari Saint Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha
 -  Administrator Sean Burns
Dihuni pertama kali 1810 
Luas
 -  Total 201 km2 
Penduduk
 -  Sensus  275 
 -  Kepadatan 1,3/km2 
Mata uang Pound sterling (£) (GBP)
Zona waktu GMT (UTC+0)
Ranah Internet .sh
Kode telepon 290

Tristan da Cunha (IPA: [ˈtrɪstən də ˈkuːnə]) adalah sekelompok kepulauan terpencil di sebelah selatan Samudra Atlantik, 2.816 km dari Afrika Selatan dan 3.360 km dari Amerika Selatan. Kepulauan ini merupakan bagian dari Saint Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha, suatu wilayah seberang laut Britania Raya, bersama dengan Saint Helena dan Ascension. Wilayah ini terdiri dari pulau utama, Tristan da Cunha (luas: 98 km²), dan beberapa pulau tidak berpenghuni, Pulau Inaccessible, Pulau Nightingale, dan Pulau Gough.

Sejarah Penemuan[sunting | sunting sumber]

Kepulauan ini pertama kali terlihat oleh penjelajah Portugis pada tahun 1506 yang bernama Tristão da Cunha, walaupun kondisi laut pada waktu itu tidak memungkinkannya untuk berlabuh. Kemudian dia memberi nama pulau utama dalam gugus kepulauan itu dengan menggunakan namanya sendiri, Ilha de Tristão da Cunha, kemudian di Inggris-kan menjadi Tristan da Cunha.

Pada tahun 1643, kru Heemstede yang diketuai Claes Gerritsz melakukan pendaratan tercatat yang pertama. Penelitian pertama atas kepulauan ini dilakukan oleh kapal Prancis L'Heure du Berger pada 1767. Penelitian dilakukan dan penelitian atas garis pantai pun dilaksanakan. Keberadaan air pada air terjun besar Big Watron, dan di danau yang ada di pantai sebelah utara juga dicatat. Hasil dari penelitian itu dipublikasikan oleh Royal Navy hydrographer pada tahun 1781.