Yusuf Mansur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
H. Yusuf Mansur
Yusuf Mansur.jpg
Ustadz Yusuf Mansur tengah memimpin pengajian di Sekretariat Negara RI, 15 Juli 2009.[1]
Lahir(1976-12-19)19 Desember 1976
Bendera Indonesia Jakarta
KebangsaanIndonesia
Nama lainUstadz YM
PekerjaanPimpinan Pesantren
Penceramah Pengusaha Penulis Buku Produktif
Suami/istriSiti Maemunah
AnakWirda Salamah Ulya
Qumii Rahmatul Qulmul
Orang tuaAbdurrahman Mimbar (Ayah)
Humrifiah (Ibu)

Yusuf Mansur atau Jam’an Nurkhatib Mansur (lahir di Jakarta, 19 Desember 1976; umur 43 tahun) adalah seorang tokoh pendakwah, penulis buku dan pengusaha dari Betawi, sekaligus pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Cikarang Tangerang dan pengajian Wisata Hati.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Terlahir dengan nama Jam’an Nurkhatib Mansur.[2] Ia lahir dari keluarga Betawi berkecukupan pasangan Abdurrahman Mimbar dan Humrifíah. Ia anak yang sangat dimanja orangtuanya.[3] Sejak kecil, ia anak yang cerdas dan itu tampak dari kemampuannya menangkap pelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Chairiyah Mansuriyah Jembatan Lima, Tambora Jakarta Barat. (Didirikan oleh kakek buyutnya, K.H. Muhammad Mansur, yang dikenal dengan panggilan Guru Mansur. Belakangan madrasah tersebut dikelola kakak orangtuanya, K.H. Ahmadi Muhammad. Yusuf Mansur memanggilnya Ayah Mamat.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sejak usia 9 tahun, kelas 4 MI (Madrasah Ibtidaiyah), ia sering tampil di atas mimbar untuk berpidato pada acara Ihtifal Madrasah yang diselenggarakan setiap tahun menjelang Ramadan. Saat tamat MI, ia kemudian melanjutkan ke MTs (Madrasah Tsanawiyah) Chairiyah Mansuriyah yaitu lembaga pendidikan yang dikelola keluarganya, KH. Achmadi Muhammad. Saat itu, Yusuf Mansur adalah siswa paling muda dibandingkan dengan teman-temannya yang lain. Ia pun lulus dari MTs. Chairiyah Mansuriyah tahun pada tahun 1988/1989 sebagai siswa terbaik di usia 14 tahun. Lulus dari MTs. Chairiyah Mansuriyah, ia kemudian melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol sebagai lulusan terbaik. Lulusan Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol, Jakarta Barat, tahun 1992 ini pernah kuliah di Fakultas Hukum, Jurusan Syari'ah di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal ini tertuang dalam pengantar bukunya "Lukmanul Hakim Mencari Tuhan yang Hilang" yang diungkap oleh Prof. Dr. H. Amin Suma, MA., M.H. Namun, berhenti tengah jalan karena lebih suka balapan motor.

Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an[sunting | sunting sumber]

Yusuf Mansur juga menggagas berdirinya Program Pembibitan Penghafal Al Quran (PPPA) yang mencetak penghafal Qur’an melalui pendidikan gratis bagi para dhuafa yang ada di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Bulak Santri, Alamat: Jl. Ketapang Poncol, Ketapang, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Dana dari program ini diambil dari sedekah jamaah Wisata Hati.

Karya Tulis dan lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Buku Mencari Tuhan Yang Hilang
  • Sinetron Religi Maha Kasih
  • Film dan Sinetron Kun Fayakuun

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]