Paytren

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Paytren adalah sebuah perangkat lunak berupa aplikasi yang digunakan untuk pembayaran dalam jaringan, seperti tagihan rutin, pembelian pulsa elektronik, dan tiket perjalanan. Pengguna aplikasi paytren disebut sebagai Mitra, paytren mengenal 2 (dua) jenis mitra yaitu mitra pengguna dan mitra bisnis. Mitra pengguna dapat menggunakan aplikasi paytren secara gratis tanpa perlu membeli lisensi, aplikasi yang di gunakan oleh mitra pengguna disebut paytren emoney, sedangkan mitra bisnis adalah mitra pengguna yang telah terdaftar dan melakukan upgrade status dari mitra pengguna ke mitra bisnis dengan cara membeli lisensi yang diberikan oleh PT Veritra Sentosa Internasional (atau disingkat dengan Treni) melalui mitra bisnis lain yang bertindak sebagai sponsor.

Pada Oktober 2017, Paytren sempat dibekukan oleh Bank Indonesia (BI) karena harus memperoleh izin terlebih dahulu untuk terjun ke dalam dunia bisnis uang elektronik. Saat itu, BI menyatakan bahwa mereka ingin memastikan bahwa badan yang mengumpulkan dana dari masyarakat sejalan dengan peraturan BI.[1]

Sejarah

PT Veritra Sentosa Internasiona yang menaungi Paytren didirikan oleh Yusuf Mansur pada 10 Juli 2013.[2] Lahirnya Paytren berawal dari pemikiran Yusuf Mansur sebagai bentuk kontribusi dalam menunjang kehidupan masyarakat Indonesia. Dari hasil pengamatannya terhadap kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini, muncul gagasan untuk memberikan fasilitas yang bertujuan untuk memudahkan dan membantu masyarakat dalam melakukan transaksi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu karya Treni adalah PayTren, fasilitas yang memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran kewajiban dengan menggali potensi kebiasaan mereka dalam penggunaan teknologi (gadget). Keunikan dari PayTren adalah dapat memberikan manfaat dan keuntungan lebih dari sekadar aplikasi untuk bayar-bayar.

Fitur

Paytren memiliki banyak sekali fitur yang memudahkan mitra ketika memakainya. Berikut adalah fitur-fiturnya :

Transfer Bank

Paytren saat ini memiliki fitur transfer antar mitra ataupun antar bank, di mana paytren saat ini sudah tidk kalah seperti bank-bank lainnya.

Belanjaqu

Belanjaqu adalah salah satu aplikasi paytren di mana anda bisa membeli dan menjual barang online layaknya aplikasi belanja online yang serupa.

Cashback

Anda akan menerima cashback dari setiap pembayaran apapun, sehingga anda dapat menggunakan kembali cashback tersebut untuk pembayaran berikutnya.

Sedekah

Anda bisa mencari pahala di aplikasi paytren untuk perbekalan di akhirat nanti dengan cara mensedekahkan saldo anda berapa saja di fitur Sedekah yang telah di sediakan.

Paytren Academy

Ketika anda masih bingung menjalankan aplikasi paytren ini, anda bisa menggunakan aplikasi Paytren Academy untuk belajar, khususnya tentang penggunaan dan pemasaran lisensi paytren.

Messenger

Paytren memiliki fitur Messenger layaknya media sosial lain di mana anda bisa mengobrol sesama mitra paytren seputar permasalahan dan pemasaran lisensi paytren.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur paytren yang tersedia

Referensi

  1. ^ Ini Alasan BI Bekukan Bisnis Uang Elektronik Paytren. Bisnis.com. 7 Oktober 2017.
  2. ^ "Profil". www.paytren.co.id. 17 Juli 2018.