Paytren

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Paytren adalah sebuah perangkat lunak berupa aplikasi yang digunakan untuk pembayaran dalam jaringan, seperti tagihan rutin, pembelian pulsa elektronik, dan tiket perjalanan. Pengguna aplikasi paytren disebut sebagai Mitra, paytren mengenal 2 (dua) jenis mitra yaitu mitra pengguna dan mitra bisnis. Mitra pengguna dapat menggunakan aplikasi paytren secara gratis tanpa perlu membeli lisensi, aplikasi yang di gunakan oleh mitra pengguna disebut paytren emoney, sedangkan mitra bisnis adalah mitra pengguna yang telah terdaftar dan melakukan upgrade status dari mitra pengguna ke mitra bisnis dengan cara membeli lisensi yang diberikan oleh PT Veritra Sentosa Internasional (atau disingkat dengan Treni) melalui mitra bisnis lain yang bertindak sebagai sponsor.

Pada Oktober 2017, Paytren sempat dibekukan oleh Bank Indonesia (BI) karena harus memperoleh izin terlebih dahulu untuk terjun ke dalam dunia bisnis uang elektronik. Saat itu, BI menyatakan bahwa mereka ingin memastikan bahwa badan yang mengumpulkan dana dari masyarakat sejalan dengan peraturan BI.[1]

Sejarah

PT Veritra Sentosa Internasional yang menaungi Paytren didirikan oleh Yusuf Mansur pada 10 Juli 2013, namun baru terdaftar sebagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran pada 2018.[2] Dari hasil pengamatannya terhadap kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini, muncul gagasan untuk memberikan fasilitas yang bertujuan untuk memudahkan dan membantu masyarakat dalam melakukan transaksi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Fitur

Paytren memiliki banyak sekali fitur yang memudahkan mitra ketika memakainya. Berikut adalah fitur-fiturnya:[butuh rujukan]

  • Transfer Bank

Paytren saat ini memiliki fitur transfer antar mitra ataupun antar bank, di mana paytren saat ini sudah tidak kalah seperti bank-bank lainnya.

  • Belanjaqu

Belanjaqu adalah salah satu aplikasi paytren di mana anda bisa membeli dan menjual barang online layaknya aplikasi belanja online yang serupa.

  • Cashback

Anda akan menerima cashback dari setiap pembayaran apapun, sehingga anda dapat menggunakan kembali cashback tersebut untuk pembayaran berikutnya.

  • Sedekah

Di aplikasi paytren anda dapat mensedekahkan saldo anda di fitur Sedekah yang ada di dalam aplikasi.

  • Paytren Academy

Ketika anda masih bingung menjalankan aplikasi paytren ini, anda bisa menggunakan aplikasi Paytren Academy untuk belajar, khususnya tentang penggunaan dan pemasaran lisensi paytren.

  • Paytren Connect

Paytren pun memiliki fitur Paytren Connect layaknya media sosial lain di mana anda bisa mengobrol sesama mitra paytren seputar permasalahan dan pemasaran lisensi paytren.

  • Produk emas paytren

Dengan fasilitas produk paytren ini maka para Mitra pengguna aplikasi paytren bisa melakukan jual beli emas dan juga menyimpan emas. fasilitas lainnya adalah para pengguna Mitra paytren juga bisa menjadi agen dalam fitur atau fasilitas ini.

  • Pinjam Meminjam

Saat ini paytren akan ada program pinjam meminjam yang akan dilakukan secara Syariah.

Referensi

  1. ^ Rianto, Surya (2017-10-07). "Ini Alasan BI Bekukan Bisnis Uang Elektronik Paytren | Finansial". Bisnis.com. Diakses tanggal 2022-04-13. 
  2. ^ "Sejarah Paytren, Cita-Cita IPO Yusuf Mansur, dan Divestasi Aset Manajemen | Market". Bisnis.com. 2022-04-13. Diakses tanggal 2022-04-13. 

Pranala luar