MA Negeri 1 Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
MA Negeri 1 Jakarta
Informasi
Alamat
LokasiJl. Rawa Bahagia Raya 28, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Moto

Madrasah Aliyah Negeri 1 Jakarta (MAN I) merupakan madrasah tertua kedua di Indonesia. Madrasah ini didirikan pada tahun 1946 dengan nama yayasan pendidikan "Raudatul Mutaalimin" yang berlokasi di jalan KH. Abdurrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang dipimpin oleh K.H. Rozak Mamun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perjalanan sejarah cukup panjang yang tentunya dipengaruhi oleh politik yang kurang stabil, yayasan ini mengalami pergantian nama. Pada tanggal 17 Mei tahun 1968, dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 1968 menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Dan kini MAN I berlokasi di Jalan Rawa Bahagia Raya I nomor 28 Grogol Jakarta Barat. Perkembangan madrasah sebagai salah satu bagian sistem pendidikan nasional, eksistensinya secara resmi baru diakui sejak tahun 1975, melalui SKB Tiga Menteri yang dipertegas melalui UUSPN Tahun 1989. Berdasarkan Surat Keputusan tersebut disebutkan bahwa “Madrasah Aliyah adalah Sekolah Menengah Umum yang berciri khas Agama Islam.

Cita-cita MAN 1 Jakarta adalah berwawasan ke Islaman, ke Indonesiaan sesuai dengan zaman era Globalisasi yang syarat dengan kemajuan Sains dan Teknologi dengan berbagai keterampilannya agar kelak Out Come Madrasah Aliyah Negeri 1 menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlaqulkariimah, berpengetahuan luas, terampil yang ditandai dengan kemampuan hidup mandiri, bertanggung jawab serta mampu mengabdikan dirinya untuk agama, bangsa dan negaranya.

Tujuan Madrasah: Membangun dan Mewujudkan Lembaga Pendidikan Islam yang berkualitas secara Akademik dan Non-Akademik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]