Yang Shangkun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Yang Shangkun
杨尚昆
Presiden Republik Rakyat Tiongkok
Masa jabatan
8 April 1988 – 27 Maret 1993
Perdana Menteri Li Peng
Wakil Presiden Wang Zhen
Pemimpin Deng Xiaoping
Jiang Zemin
Pendahulu Li Xiannian
Pengganti Jiang Zemin
Anggota Kongres Nasional Rakyat
Masa jabatan
25 Maret 1988 – 15 Maret 1993
Konstituensi TPR At-large
Masa jabatan
21 Desember 1964 – 13 Januari 1975
Konstituensi Sichuan At-large
Wali kota Guangzhou ke-7
Masa jabatan
1979–1981
Pendahulu Jiao Linyi
Pengganti Liang Lingguang
Informasi pribadi
Lahir 5 Juli 1907
Tongnan, Chongqing, Sichuan, Dinasti Qing
Meninggal 14 September 1998 (umur 91)
Beijing, Tiongkok
Kebangsaan Tiongkok
Partai politik Partai Komunis Tiongkok
Suami/istri Li Bozhao
Anak Yang Shaoming
Yang Shaojun
Yang Li
Tanda tangan
Yang Shangkun pada masa tuanya

Yang Shangkun (lahir di Tongnan, Chongqing, Sichuan, Dinasti Qing, 5 Juli 1907 – meninggal di Beijing, Tiongkok, 14 September 1998 pada umur 91 tahun) adalah Presiden Republik Rakyat Tiongkok 1988-1993, dan merupakan Wakil Ketua kuat dari Komisi Militer Pusat. Ia menikah dengan Li Bozhao pada tahun 1929, salah satu dari beberapa perempuan untuk berpartisipasi dalam Long March, seperti yang dilakukan Yang.On posisi presiden ia berhasil seorang pemimpin sangat berpengaruh Li Xiannian.

Yang kuliah di universitas di Shanghai sebelum mempelajari teori Marxis di Moskow, membuatnya salah satu pemimpin yang paling terdidik dari awal Partai Komunis Tiongkok. Yang kembali ke Tiongkok sebagai salah satu 28 Bolshevik dan awalnya mendukung pemimpin komunis awal Zhang Guotao, tetapi beralih kesetiaan kepada faksi Mao selama Long March. Ia menjabat sebagai komisaris politik selama Perang Saudara Tiongkok dan Kedua Perang Tiongkok-Jepang.

Setelah berdirinya Republik Rakyat pada tahun 1949, Yang memegang sejumlah posisi politik, akhirnya menjadi anggota kuat Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok. Dia dibersihkan ketika Revolusi Kebudayaan pecah pada tahun 1966, dan tidak ingat sampai tahun 1978, setelah Deng Xiaoping naik ke tampuk kekuasaan di mana ia menjadi salah satu delapan Sesepuh Partai Komunis Tiongkok. Yang dipromosikan reformasi ekonomi tetapi menentang liberalisasi politik, posisi yang Deng akhirnya datang untuk mengidentifikasi dengan. Yang mencapai puncak karier politiknya setelah protes Lapangan Tiananmen tahun 1989, tetapi oposisi yang terorganisir untuk Jiang Zemin kepemimpinan dipimpin Deng untuk memaksa Yang untuk pensiun.

Karier Revolusionalis[sunting | sunting sumber]

Yang lahir dari pemilik tanah keluarga di Shuangjiang, Tongnan County, dekat kota Chongqing di Sichuan, dan belajar di Chengdu Higher School normal dan yang berafiliasi sekolah menengah pada 1920-1925, dan kemudian kembali ke Chongqing. Kakaknya, Yang Yangong, adalah salah satu anggota Komite Eksekutif pendiri Partai Komunis Tiongkok (PKT) di Sichuan, dan tidak diragukan lagi memiliki pengaruh pada orientasi ideologis Yang Shangkun itu. Setelah bergabung dengan Liga Pemuda Komunis pada tahun 1925, dan PKT pada tahun 1926, dia terdaftar di Shanghai Universitas. Kemudian pada tahun 1926 Yang bepergian ke Uni Soviet untuk belajar di Moskow Sun Yat-sen University. Pendidikan pasca sekolah menengah Yang membuatnya salah satu pemimpin Partai Komunis terbaik berpendidikan awal. Yang merupakan anggota dari kelompok mahasiswa Tiongkok yang belajar di Moskow dan kembali ke Tiongkok untuk mengambil peran utama dalam PKT, kemudian dikenal sebagai 28 Bolshevik.

The Komintern dikirim Yang kembali ke Tiongkok untuk membantu dan mendukung pemimpin PKT pro-Komintern lainnya, termasuk Bo Gu, Otto Braun (Li De), Wang Ming, dan Zhang Guotao, tetapi Yang dan beberapa lainnya 28 Bolshevik, termasuk Ye Jianying, didukung Mao dalam preferensi untuk pemimpin yang Komintern disukai. Sebelum Long March, Yang bertugas di tentara Zhang Guotao, tetapi bergabung Mao ketika Mao dan Zhang bertemu sebentar pada bulan Juni-Juli 1935, di tengah Long March. Setelah Ye Jianying melarikan diri Zhang kantor pusat dengan semua peta dan buku kode ke kamp Mao, Yang dan rekan lain juga melarikan diri dari Zhang Guotao 's kantor pusat dengan dokumen rahasia, dan mereka dipaksa untuk bersembunyi di sepanjang jalan dalam rangka untuk melarikan diri kavaleri Zhang dikirim untuk menangkap mereka. Akhirnya mereka berhasil selamat ke Mao kantor pusat dengan dokumen-dokumen penting. Pembelotan Yang membuatnya mendapatkan kepercayaan Mao, tetapi istri Yang tidak bisa meninggalkan gaya Zhang, dan pasangan tidak bersatu kembali sampai tahun 1936, setelah pasukan Zhang kalah telak oleh panglima perang Kuomintang, dan selamat melarikan diri kembali ke Yan'an.

Yang menjabat sebagai komisaris militer di seluruh Perang Saudara Tiongkok dan Perang Tiongkok-Jepang Kedua. Sebagian besar layanan Yang berada di tentara diperintahkan oleh Peng Dehuai, sampai Peng telah dihapus dari perintah aktif di awal 1940-an. Setelah Peng dibersihkan pada tahun 1959 untuk menentang Mao Lompatan Jauh ke Depan, Yang adalah salah satu dari beberapa pemimpin PKT yang terus mempertahankan hubungan dekat dengan Peng.

Karier politikus[sunting | sunting sumber]

Karier Awal di Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Yang memegang posisi senior di Komite Sentral PKT 1956-1966, memberinya tingkat pengendalian langsung atas urusan Partai Komunis yang paling penting. Pada malam menjelang Revolusi Kebudayaan Yang diidentifikasi sebagai pendukung Liu Shaoqi dan Deng Xiaoping, dan dibersihkan sebagai kontra-revolusioner. Setelah dikeluarkan dari Partai Komunis dan dihapus dari semua posisi, Yang dianiaya oleh Pengawal Merah, yang menuduh Yang menanam sebuah alat pendengar rahasia untuk memata-matai Mao, tuduhan yang sama dimiliki oleh Deng Xiaoping.

Yang tetap di penjara sampai Mao meninggal dan Deng Xiaoping naik ke tampuk kekuasaan, pada tahun 1978. Setelah Deng menguasai militer Yang dia ingat, mengangkat dia ke posisi umum, dan memberi Yang tanggung jawab modernisasi militer Tiongkok, yang Deng dianggap terbelakang dan lebih besar dari yang diperlukan. Deng mengangkat Yang ke posisi Wakil Ketua Komisi Militer Pusat untuk memberikan Yang kewenangan untuk menyelesaikan reformasi ini (Deng adalah Ketua). Pada tahun 1982 Yang diangkat ke Politbiro.

Yang pengalaman dengan radikal Maoisme memperkuat dukungan Yang untuk agenda Deng dari reformasi ekonomi Tiongkok. Yang memiliki persahabatan dekat dengan Deng dan berbagi banyak tujuan ekonomi jangka panjang Deng, tetapi jauh kurang antusias tentang agenda liberalisasi politik dipromosikan oleh para pemimpin senior lainnya disukai oleh Deng, termasuk Hu Yaobang, Zhao Ziyang, Wan Li, dan Hu Qili. Sepanjang tahun 1980-an, Deng datang untuk setuju dengan dukungan agresif Yang untuk reformasi ekonomi Tiongkok dan berdiri konservatif melawan reformasi politik liberal. Keluarga Yang diuntungkan dari reformasi ekonomi Deng, dan ia mampu untuk mempromosikan anak-anaknya ke pos penting di beberapa monopoli milik negara yang didirikan pemerintah Tiongkok untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Pada awal 1980-an, Yang secara eksplisit mendukung upaya dari Tiongkok sejarawan asing, Harrison Salisbury, untuk menyusun suatu berita tentang Long March dengan melakukan wawancara ekstensif dengan hidup Panjang peserta Maret. Buku yang dihasilkan, Long March: Kisah Tak Terungkap, telah dipuji oleh Tiongkok ulama sebagai sintesis yang sangat baik dari sumber lisan tangan pertama. Di Tiongkok, banyak veteran Tiongkok bertanya mengapa butuh orang asing untuk menghasilkan buku semacam itu.

KePresidenan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1988, Yang diangkat Presiden menggantikan Li Xiannian. Di bawah konvensi tahun 1982 Konstitusi, peran Presiden sebagian besar simbolis, dengan kekuasaan eksekutif formal yang dikerahkan oleh Sekretaris Jenderal PKT dan Premier. Dalam praktiknya, para pemimpin negara dan partai masih ditangguhkan ke pemimpin tertinggi Deng Xiaoping.

Peran Yang selama Tiananmen protes 1989 menyebabkan perubahan mendasar dalam struktur politik Tiongkok. Yang pada awalnya bersimpati kepada mahasiswa, dan ia berpihak Zhao Ziyang dalam mendukung mereka. Sebagai presiden dan wakil ketua Komisi Militer Pusat, ia bahkan memuji posisi Zhao dengan mengklaim bahwa "gagasan Zhao Ziyang tentang menenangkan gerakan mahasiswa melalui demokrasi dan hukum yang baik dan tampaknya cukup bisa diterapkan sekarang." Posisi Zhao ditentang oleh Premier Li Peng, yang ingin menggunakan kekuatan untuk menekan demonstrasi mahasiswa, dan siapa yang terlibat dalam perjuangan kekuasaan internal dengan Zhao untuk meyakinkan para pemimpin senior lainnya posisinya.

Setelah menjadi jelas bahwa Li lebih berhasil dalam mendapatkan dukungan dari anggota PKT senior lainnya, Yang mengubah posisinya, dan didukung Li. Pada Mei 1989 Yang muncul di televisi Tiongkok dengan Li, di mana ia mengecam demonstrasi mahasiswa sebagai "anarki" dan membela penerapan darurat militer di beberapa wilayah Beijing terpengaruh oleh unjuk rasa. Di bawah perintah Deng Xiaoping, Li dimobilisasi dan direncanakan penindasan para demonstran, suatu operasi di mana beberapa ratus mahasiswa tewas pada tanggal 4 Juni, dan pada hari-hari berikutnya. Keponakan Yang, Yang Jianhua, memerintahkan yang sangat disiplin 27th Grup Angkatan Darat, yang dibawa ke Beijing dari Hebei untuk menekan para demonstran.

Setelah tahun 1989, Yang menjadi sangat berpengaruh dalam Pembebasan Rakyat. Yang muda dan setengah-saudaranya, Yang Baibing, dibersihkan militer Tiongkok dari setiap petugas yang tidak cukup didukung tentara melakukan kekerasan pemerintah terhadap siswa. Yang kemudian mulai upaya terorganisir untuk mengisi banyak posisi senior militer mungkin dengan pendukungnya, menghasilkan sikap kebencian di antara sesepuh militer lainnya, yang menuduh Yang dari mencoba untuk mendominasi tentara dan mungkin menantang otoritas Deng dengan mengembangkan "Yang klik keluarga ". Ketika Deng mulai pengantin pria Jiang Zemin (mantan gubernur Shanghai) untuk menggantikannya sebagai pemimpin tertinggi, Yang menolak kepemimpinan Jiang, dan Deng berhasil memaksa Yang untuk pensiun pada tahun 1992, bersama dengan beberapa keluarganya .

Yang meninggal pada 15 September 1998. Obituari Nya resmi menggambarkan dia sebagai "proletar revolusioner yang besar, negarawan, ahli strategi militer, seorang Marxis setia, pemimpin yang luar biasa partai, negara, dan tentara rakyat.