Bo Gu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bo Gu
博古
Chin Banxian.jpg
Bo Gu
Sekretaris Umum Partai Komunis Tiongkok Ke-3
Masa jabatan
1932–1935
PendahuluXiang Zhongfa
PenggantiZhang Wentian
Informasi pribadi
LahirMei 14, 1907
Meninggal dunia8 April 1946 (umur 38)
KebangsaanTiongkok
Partai politikPartai Komunis Tiongkok

Bo Gu (Hanzi: 博古; Pinyin: Bó Gǔ atau nama lengkapnya Qin Bangxian (Hanzi: 秦邦憲; Pinyin: Qín Bāngxiàn), (14 Mei, 1907 – 8 April, 1946) adalah pemimpin senior Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan anggota 28 Bolsheviks.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Qin lahir di Wuxi, Jiangsu, pada tahun 1907. Pada tahun-tahun awalnya, Qin belajar di Sekolah Industri di Suzhou di mana ia berperan aktif dalam kegiatan melawan imperialisme dan para panglima perang yang menganiaya Tiongkok.

Pada tahun 1925 Qin kuliah di Universitas Shanghai, sebuah universitas yang terkenal karena pengaruhnya terhadap kaum revolusioner muda pada saat itu. Gagasan Marxisme dan Leninisme diajarkan di universitas ini oleh para pemimpin awal PKT seperti Qu Qiubai dan Deng Zhongxia. Qin menunjukkan ketertarikannya pada ajaran-ajaran ini. Masih dalam tahun itu juga, Qin bergabung dengan Gerakan 30 Mei yang menyerukan protes dan boikot terhadap imperialisme. Ini adalah awal dari keterlibatannya dalam PKT.

Dia meninggal dalam kecelakaan pesawat di Shanxi, dalam perjalanan kembali ke Yan'an. Selain dirinya, ada beberapa pemimpin senior PKT lainnya yang menjadi korban seperti Jenderal Ye Ting, bos polisi rahasia Deng Fa, dan anggota PKT lawas Wang Ruofei (王若飞).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan partai politik
Didahului oleh:
Wang Ming
Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok
1932–1935
Diteruskan oleh:
Zhang Wentian