Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip (Ags-06)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kategori botani & tanaman

Saya sedikit bingung dengan kategori botani dan tanaman. Artikel seperti apa saja yg bisa dimasukkan ke botani, tanaman, atau keduanya? Kalau artikel tumbuhan biasa seperi anggrek, kaktus dimasukkan ke mana? Sedangkan yang lebih ke bagian tumbuhan seperti akar, daun, xilem dimasukkan ke mana? Thx. blizzard_youkai [talk] 15:30, 23 Juli 2006 (UTC)

Merujuk ke Wikipedia bahasa Inggris, bagian-bagian tumbuhan dimasukkan ke en:Category:Plant anatomy yang merupakan sub kategori dari en:Plants dan en:Botany :) Jadi, mungkin dapat dibuat kategori baru: Kategori:Anatomi tumbuhan. •• ivanlanin •• 15:46, 23 Juli 2006 (UTC)
IMHO, botani adalah ilmu tentang tumbuh-tumbuhan. Dan menurut saya, artikel anggrek seyogyanya masuk ke kat tanaman. Bagaimana dgn yg lain? Andreas Erick 03:34, 24 Juli 2006 (UTC)

Usul. Kalau artikel tentang suatu jenis atau kelompok tumbuhan, masuk saja ke kategori Tanaman/Tumbuhan, dan kalau artikelnya merupakan ilmunya (bagian dari Botani/Biologi Tumbuhan: anatomi, fisiologi, genetika, ekologi, sistematika, dsb.) kategorinya ya ke Botani. Walhasil, kategori Tanaman/Tumbuhan akan berisi sebagian besar daftar nama tumbuhan, sedangkan kategori botani akan lebih banyak berisi istilah2 ilmiah yang biasa dipakai. Meskipun begitu, jangan ditutup peluang terjadinya satu artikel masuk ke dua kategori tadi untuk kasus2 tertentu, seperti daun, batang, cangkok, umbi, dkk., yg memang khas tumbuhan tapi juga subjek dalam botani. (Moga2 ngga malah bikin bingung, kalau bingung jongkok aja!) Kembangraps 08:34, 3 Agustus 2006 (UTC)

Thijs!bot

Dipindahkan ke Wikipedia:Bot#Thijs!bot borgx(kirim pesan) 01:08, 2 Agustus 2006 (UTC)

Memulai

Saya agak bingung dengan link "Memulai" di Halaman Utama Wikipedia kita ini. Hasilnya adalah bagaimana cara menyunting, bukan mengantarkan kepada bagaimana menggunakan Wikipedia ini sebagai ensiklopedia bebas. Padahal menurut saya, imbangan tingkat kepentingan "mempergunakan" Wikipedia adalah lebih tinggi daripada "menyunting"-nya.

Sebagai pengguna baru pada awal-awal saya mengenal Wikipedia, terus terang bingung dengan segudang banyaknya link yang bisa diklik di Halaman Utama, yang akhirnya membawa saya ke halaman Portal Komunitas yang --menurut saya-- memiliki lebih banyak kegunaan bagi pemakai baru Wikipedia (itu pun bagi Pengguna Baru akan cukup membingungkan dengan banyaknya informasi-informasi yang lebih berguna bagi Pengguna Lama).

Rex 17:16, 1 Agustus 2006 (UTC)

Hmmm, betul juga ya. Sebenarnya, memulai itu dimaksudkan sebagai "tutorial" yang mudah bagi pengguna baru. •• ivanlanin •• 17:31, 1 Agustus 2006 (UTC)

Namanya seharusnya jadi "Panduan Menulis Di Wikipedia" dong ya? Tapi harus ada yang "menulis" untuk "paduan menulis di wikipedia" dong, jangan terus di transfer - transfer ke link yang lain. Kayak metromini, di oper terus :D Disini ada yang spesialisasi untuk nulis buku panduan ngga? Menulis buku panduan ngga sama dengan nulis hal umum, ada tehniknya, supaya pemula ngga bingung. Yo Leo gue aja waktu itu ampe berantem :D

Serenity 02:36, 2 Agustus 2006 (UTC)

Ha! Ada juga yang sependapat ama g :) Mulai dari istilah-istilah Interwiki, Wikifisasi, dan lain-lain, *bingung--dulu*, sampai akhirnya cari-cari contekan sendiri deh di artikel-artikel lain: mulai dari infobox, image thumb, bikin tabel, dll.
Tapi mungkin dari pengurus juga belum sempat sih (borgx pernah tulis alasannya "Pekerjaan banyak, tapi pekerjanya sedikit")... Sementara para pengguna yang lebih baru mungkin belum terlalu ngerti untuk buat halaman standar yang tujuannya "supaya pengguna baru ngga usah otodidak" lah kalo mau nulis :)
Rex 03:37, 2 Agustus 2006 (UTC)

Sekedar info, sudah ada proyekwiki untuk overhaul halaman-halaman bantuan Wikipedia. Baca Wikipedia:ProyekWiki Halaman bantuan Wikipedia. Tetapi keliatannya agak terbengkalai. Maklum "pengurus juga manusia", mesti ngerjain kerjaan yang sebenarnya juga :)) Jika ada yang mau membantu, silahkan saja. Untuk sementara, tanyakan saja langsung ke saya/warung kopi/pengurus lain jika halaman bantuan belum memadai. borgx(kirim pesan) 04:38, 2 Agustus 2006 (UTC)

Tambahan lagi, halaman-halaman bantuan itu bisa disunting/dibuat siapa saja seperti halaman-halaman yang lain (tidak ada ketentuan halaman-halaman bantuan hanya bisa dibuat oleh pengurus). Jika ada yang mengerti dan bersedia membantu halaman-halaman bantuan tersebut, silahkan saja. borgx(kirim pesan) 01:38, 7 Agustus 2006 (UTC)

Kategori tumbuhan vs. tanaman

Ada dua kategori: Kategori:Tumbuhan dan Kategori:Tanaman. Artikel Tanaman dialihkan ke Tumbuhan. Apakah lebih baik dua kategori ini digabung? Mana yang sebaiknya dipakai? IMHO, Kategori:Tumbuhan. •• ivanlanin •• 09:03, 5 Agustus 2006 (UTC)

Sebenarnya apa perbedaan kedua istilah ini? (mungkin bisa ditambahkan di artikel) Bagaimana dgn KBBI? Hayabusa future (bicara) 09:06, 5 Agustus 2006 (UTC)

Hmm, saya lihat di KBBI, tumbuhan adalah segala sesuatu yang tumbuh. Sedangkan tanaman adalah yang ditanam orang. Jadi menurut saya, tumbuhan lebih luas daripada tanaman. blizzard_youkai [talk] 11:43, 5 Agustus 2006 (UTC)

Saya sudah lama mau mempertanyakan ini sebetulnya. Pengertian dari KBBI juga banyak dianut orang pertanian. Bahkan ada yang bertindak lebih jauh: tanaman (budidaya) = crop (plant), tumbuhan = plant. Sebagai ilustrasi, bagi saya (yang belajar pertanian), menyebut pakis (yang tumbuh di hutan atau ketika mendeskripsikan secara biologis) sebagai 'tanaman' terasa agak aneh, kecuali dalam konteks di taman atau kebun (karena kita sengaja menaruhnya di sana). Semoga ini bisa membantu membedakan nuansanya dan bukan malah membingungkan. :-) Kembangraps 08:37, 7 Agustus 2006 (UTC)

kalo gitu kategori tanaman kudu' diganti ke tumbuhan dong. mungkin borgx atau yg lain bisa pake bot buat mindahin kategori ini? kisti 09:40, 7 Agustus 2006 (UTC)

Saya sih setuju seperti yang kisti bilang, kateg tanaman dipindahkan ke kateg tumbuhan.. Bagaimana menurut yang lain? blizzard_youkai [talk] 11:46, 7 Agustus 2006 (UTC)

Setuju. Jadi tanaman adalah subset dari tumbuhan ya? •• ivanlanin •• 11:48, 7 Agustus 2006 (UTC)

In Ordnung. Alasan gw segan ngelempar masalah ini: tambahan kerjaan buat para Admin soalnya. Tp kalo Admins-nya udah pd ok, bagus banget buat perkembangan wikipedia sendiri. Kembangraps 06:57, 8 Agustus 2006 (UTC)

request templat

om tolong bikinin templat naruto dong, saya udah coba bikin di sini tapi gagal -__-a --Ricky setiawan 14:52, 23 Agustus 2006 (UTC)

Templatnya sudah benar. Penggunaan templatnya masih salah. Bukan dengan [[tapi dengan {{ --Ambarawa 15:23, 23 Agustus 2006 (UTC)

terus gimana cara masukin templat itu ke artikel? aduh maaf nih masih newbie --Ricky setiawan 07:16, 24 Agustus 2006 (UTC)

Ketik: {{Karakter Naruto (anime)}}. borgx(kirim pesan) 07:25, 24 Agustus 2006 (UTC)

loh kok masih kayak nama : {{nama}} trus gimana cara ganti {{nama}} itu?? ada halaman bantuannya gak makasih --Ricky setiawan 08:06, 24 Agustus 2006 (UTC)

Bisa dilihat di Uzumaki Naruto contoh mengisi parameter templat. borgx(kirim pesan) 08:12, 24 Agustus 2006 (UTC)

btw, artikel apa sih yg mau dikasih templat? -- Ciko bicara 08:18, 24 Agustus 2006 (UTC)

artikel : Uzumaki Naruto oh gitu caranya, makasih.. kenapa gak sekalian dibuatkan semacam halaman bantuannya?--Ricky setiawan 10:54, 24 Agustus 2006 (UTC)

Baca: Wikipedia:Warung_Kopi#Memulai borgx(kirim pesan) 23:37, 24 Agustus 2006 (UTC)

Istilah Indonesia untuk wilayah-wilayah administratif

Mumpung sedang dibahas, beberapa istilah di en:List of terms for sub-national entities sudah ada terjemahan atau padanan di bahasa Indonesia, tapi ada banyak juga yang belum. Bagaimana kalau dirintis dan disepakati untuk membuat "padanan" nya? Paling tidak untuk lingkup Wikipedia. •• ivanlanin •• 01:22, 29 Agustus 2006 (UTC)

yuk. borgx(kirim pesan) 23:43, 31 Agustus 2006 (UTC)

Katedral

Saya kurang pasti mengenai ini, apaka bisa digabung? Kategori:Katedral menurut negara dan Kategori:Gereja Katolik menurut negara, kemudian (kirim pesan) 01:33, 31 Agustus 2006 (UTC)

menurut saya digabung jg gak masalah, toh katedral pasti gereja katolik kan.. -- Ciko bicara 05:22, 31 Agustus 2006 (UTC)
Katedral bisa juga gereja Anglikan atau Ortodoks lho (baik Yunani maupun bangsa2 lain). Meursault2004 10:19, 31 Agustus 2006 (UTC)
Katedral nggak slamanya gereja Katolik dan gereja Katolik nggak selamanya katedral (Contoh katedral jakarta ya di Gereja Katedral Maria Berkandung Tanpa Dosa di depan Masjid Istiqlal itu. Sedangkan gereja lain seperti gereja Stella Maris di Pluit bukan katedral.
A cathedral is a Christian church building, specifically of a denomination with an episcopal hierarchy, such as the Anglican, Catholic and some Lutheran churches, which serves as the central church of a diocese, and thus as a bishop's seat. As cathedrals are often particularly impressive edifices, the term is sometimes also used loosely as a designation for any large important church. (Wikipedia EN) Andreas Erick 10:22, 31 Agustus 2006 (UTC)
oh gitu ya.. brarti gak bisa digabung kalo gitu.. -- Ciko bicara 10:35, 31 Agustus 2006 (UTC)

[[Kategori:Katedral di... dan [[Kategor:Gereja Katolik di... borgx