Western and Central Pacific Fisheries Commission

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Commission for the Conservation and Management of Highly Migratory Fish Stocks in the Western and Central Pacific Ocean, atau yang dikenal dengan Western and Central Pacific Fisheries Commission (WCPF) adalah organisasi yang didirikan untuk melestarikan dan mengelola ikan bermigrasi tinggi, seperti tuna, di kawasan Samudera Pasifik bagian tengah dan barat. Organisasi ini telah beroperasi sejak akhir tahun 2005. Organisasi ini berdiri berdasarkan Convention for the Conservation and Management of Highly Migratory Fish Stocks in the Western and Central Pacific Ocean, yang berlaku sejak tahun 2004. Konvensi WCPF adalah perjanjian regional terkait manajemen perikanan setelah Straddling Fish Stocks Agreement yang ditetapkan PBB tahun 1995.

Tugas[sunting | sunting sumber]

Konvensi WCPF dibentuk berdasarkan Fish Stocks Agreement tahun 1995 dan bergerak untuk mendata ciri-ciri spesifik mengenai Samudera Pasifik sebelah barat dan tengah.[1] Pemimpin WCPF saat ini adalah Dr. Charles Karnella dari Amerika Serikat.[2] Ia menggantikan Satya Nandan dari Fiji. Sebelum Staya Nandan, profesor Glenn Hurry, mantan CEO Australian Fisheries Management Authority adalah pemimpim pertama WCPF. Sekretariat WCPF berada di Kolonia, Pohnpei, Federasi Mikronesia dengan pendirian bangunan dibiayai oleh pemerintah China.

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Keanggotaan komisi ini terbuka bagi semua negara yang berpartisipasi dalam konvensi 2004. Indonesia dan Britania Raya melalui koloninya Pitcairn merupakan negara yang belum secara penuh menjadi anggota. Namun Indonesia telah setuju menjadi negara Cooperating Non-Member. Dan sesuai dengan konsensus, keanggotaan juga dapat mencakup negara atau kawasan yang memiliki kepentingan terhadap stok ikan migratori di kawasan Pasifik barat dan tengah.[3]

Anggota
Teritori partisipan
Cooperating non-members

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Contribution from the Secretariat of the Western and Central Pacific Fisheries Commission. United Nations Division for Ocean Affairs and the Law of the Sea.
  2. ^ WCPFC. "WCPFC Website". Diakses tanggal 25 MEi 2012. 
  3. ^ Western and Central Pacific Fisheries Commission. Fisheries and Oceans Canada.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]