Watukumpul, Pemalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Watukumpul
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPemalang
Populasi
 • Total... jiwa
Kode Kemendagri33.27.04 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Desa/kelurahan15

Watukumpul adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Dalam bahasa Jawa, nama desa ini berarti "batu yang berkumpul".

Geografi[sunting | sunting sumber]

Luas Wilayah Kecamatan Watukumpul adalah 13725.64 ha, dan Panjang lingkar Kelilingnya adalah 77.29454 km. Kondisi alam di Daerah Kecamatan Watukumpul adalah perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian kurang lebih 925 dpl. beriklim sejuk dengan curah hujan normal.

Letak geografis Kecamatan Watukumpul adalah terletak pada posisi koordinat antara 109?21'31"-109?32'19" Bujur Timur dan antara 7?05'59"-7?15'10" Lintang Selatan.

Kecamatan Watukumpul di apit oleh beberapa kabupaten. Disebelah selatan bertetangga dengan Wilayah Kabupaten Purbalingga, di sebelah timur bertetangga dengan Wilayah Kabupaten Pekalongan dan di sebelah tenggara bertetangga dengan Wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Banyaknya penduduk di Kecamatan Watukumpul sesuai dengan sensus tahun 2003 adalah 63.227 jiwa dengan tingkat kepadatan 490 jiwa/km².

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Mayoritas mata pencaharian masyarakat Kecamatan Watukumpul pada umumnya adalah sebagai petani, guru, PNS, pedagang, pengrajin dan ada juga sebagai perantau.

Hasil bumi yang terdapat di wilayah Kecamatan Watukumpul bervariasi dari berbagai hasil pertanian sawah dan ladang serta hasil perkebunan, di antaranya adalah; padi, jagung, kacang-kacangan, umbi-umbian dan hasil perkebunan meliputi cengkih, kopi, kakao, kelapa, buah-buahan, kayu pinus, kayu albasia, serta bambu, dan masih banyak lagi hasil bumi yang terdapat di Wilayah Kecamatan Watukumpul. Salah satunya adalah tumbuhan nilam yang sangat berpotensi dan memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dibanding dengan padi. Nilam merupakan bahan baku untuk membuat minyak asiri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]