Vitis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Vitis Edit the value on Wikidata
Periode 60–0 jtyl
Paleosen- Sekarang
Data
Sumber dariAnggur Edit the value on Wikidata
Tumbuhan
Jenis buahBuah beri Edit the value on Wikidata
Taksonomi
DivisiTracheophyta
UpadivisiSpermatophytina
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladsuperrosids
Kladrosids
OrdoVitales
FamiliVitaceae
UpafamiliVitoideae
GenusVitis Edit the value on Wikidata
L.[1]
Tipe taksonomiVitis vinifera
L.
Tata nama
Sinonim taksonMaerklinia (en) Terjemahkan Edit the value on Wikidata
Spesies[2][3][4]

Vitis adalah genus yang terdiri dari sekitar 79 spesies[5] buah menjalar dalam keluarga tanaman berbunga Vitaceae. Genus ini terdiri dari spesies yang terutama berasal dari belahan bumi utara. Genus ini berperan penting secara ekonomi sebagai sumber buah anggur dan pembuatan minuman anggur. Ilmu yang mempelajari tumbuhan anggur dan pemeliharaannya disebut dengan vitikultur/vitikultura.

Sebagian besar varietas Vitis berkembang biak melalui penyerbukan oleh angin dengan bunga hermafrodit yang mengandung kedua struktur jantan dan betina. Kelompok Bunga-bunga yang banyak ini disebut bunga majemuk. Pada banyak spesies, seperti Vitis vinifera, masing-masing dapat menyerbukkan bunga menjadi beri anggur dengan bunga majemuk yang berubah menjadi klaster anggur. Sementara bunga anggur biasanya sangat kecil, buahnya seringkali berukuran besar dan berwarna cerah dengan rasa manis yang menarik perhatian burung dan hewan lain untuk menyebarkan benih yang ada di dalam buah.[6]

Sejarah singkat[sunting | sunting sumber]

Anggur merupakan tanaman buah berupa perrdu yang merambat. Anggur berasal dari Armenia, tetapi budidaya anggur sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM. Sedangkan teknologi pengolahan anggur menjadi wine pertama kali dikembangkan orang Mesir pada 2500 SM. Dari Mesir budidaya dan teknologi pengolahan anggur masuk ke Yunani dan menyebar ke daerah Laut Hitam sampai Spanyol, Jerman, Prancis dan Austria. Sejalan dengan perjalanan Columbus anggur dari asalnya ini mulai menyebar ke Mexico, Amerika Selatan, Afrika selatan, Asia termasuk Indonesia dan Australia. Penyebaran ini juga menjadikan Anggur punya beberapa sebutan seperti Grape di Eropa dan Amerika, orang Tionghoa menyebut Pu tao dan di Indonesia disebut anggur.

Jenis tanaman[sunting | sunting sumber]

Anggur termasuk tanaman marga Vitis. Tidak semua jenis dari marga ini dapat dimakan langsung, yang bisa dimakan hanya dua jenis yaitu Vitis vinifera dan Vitis labrusca.

Tanaman anggur jenis Vitis vinifera mempunyai ciri[sunting | sunting sumber]

a) Kulit tipis, rasa manis dan segar.
b) Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 300 m dpl yang beriklim kering.
c) Termasuk jenis ini adalah Gros Colman, Probolinggo Biru dan Putih, Situbondo Kuning, Alphonso Lavalle dan Golden Champion.

Tanaman anggur jenis Vitis labrusca mempunya ciri[sunting | sunting sumber]

a) Kulit tebal, rasa masam dan kurang segar.
b) Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 900 mdpl.
c) Termasuk jenis ini adalah Brilliant, Delaware, Carman, Beacon dan Isabella.


Dari kedua jenis ini yang banyak dikembangkan di Indonesia dan direkomendasi oleh para ahli Pertanian sebagai jenis unggul adalah jenis Vitis vinifera dari varietas Anggur Probolinggo Biru dan Alphonso Lavalle. Namun ada juga yang dianjurkan ditanam antara lain Gross Collman, Probolinggo Putih, Isabella, Delaware, Chifung dan Australia.

Klasifikasi dan Standar Mutu[sunting | sunting sumber]

Standar mutu yang berlaku di Indonesia adalah sbb:

  1. Mutu A: dompolan rapat, buah besar dan seragam, rasa manis.
  2. Mutu B: dompolan renggang, buah kecil, rasa manis.
  3. Mutu C: di luar ketentuan mutu A dan B.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PLANTS Profile for Vitis (grape)". USDA. Diakses tanggal November 16, 2009. 
  2. ^ GRIN. "Species in GRIN for genus Vitis". Taxonomy for Plants. National Germplasm Resources Laboratory, Beltsville, Maryland: USDA, ARS, National Genetic Resources Program. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 24, 2015. Diakses tanggal April 20, 2010. 
  3. ^  V. kelungensis, V. yeshanensis Ahmet Güner; =Gábor Gyulai; Zoltán Tóth; Gülsüm Asena Başlı; Zoltán Szabó; Ferenc Gyulai; András Bittsánszky; Luther Waters Jr.; László Heszky (2008). "Grape (Vitis vinifera) seeds from Antiquity and the Middle Ages Excavated in Hungary - LM and SEM analysis" (PDF). Anadolu Univ J Sci Technol. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal October 23, 2012. Diakses tanggal May 23, 2010. 
  4. ^ "The Plant List: A Working List of All Plant Species". Diakses tanggal July 9, 2015. 
  5. ^ "The Plant List: Vitis". Royal Botanic Gardens, Kew. 2013. 
  6. ^ Wine & Spirits Education Trust "Wine and Spirits: Understanding Wine Quality" pgs 2-5, Second Revised Edition (2012), London, ISBN 9781905819157

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]