Vanguard America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vanguard America
PemimpinDillon Hopper
Dibentuk2015; 9 tahun lalu (2015)
Keanggotaan200+ (2017)
IdeologiNeo-fasisme
Supremasi kulit putih
Neo-nazisme
Anti-komunisme
Posisi politikKanan jauh
Afiliasi internasionalFront Patriot
Front Nasionalis

Vanguard America adalah sebuah organisasi yang berhaluan kanan jauh dengan ideologi supremasi kulit putih dan neo-fasis di Amerika Serikat. Organisasi tersebut juga merupakan anggota dari organisasi Front Nasionalis.[1][2] Vanguard America meraih perhatian signifikan usai James Alex Fields diketahui berbaris dengan mereka di pawai Unite the Right sebelum ditangkap atas dakwaan pembunuhan.[3][4] Vanguard America berakar dalam gerakan alt-right.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Vanguard America dibentuk pada tahun 2015, di Kota Kalifornia, Amerika Serikat. Kelompok ini, dibentuk dan diketuai oleh Dillon Hopper. Pada tahun 2017, Hopper mengklaim bahwa Vanguard America memiliki keanggotaan sebanyak 200 orang lebih. Hopper, seorang veteran Korps Marinir yang pernah bertugas di Afghanistan, juga mengklaim bahwa "banyak" anggotanya adalah veteran, akan tetapi anggota dinas tugas abdi aktif dilarang berafiliasi dengan kelompok tersebut sampai kontrak abdi mereka berakhir demi "keselamatan karier" mereka.[6] Hopper juga menyatakan bahwa kelompok itu memiliki cabang lokal yang tersebar di berbagai negara bagian, seperti di Arizona, Kalifornia, Florida, Indiana, Louisiana, Maryland, Massachusetts, New Jersey, Oregon, Pennsylvania, Texas, Virginia, dan Washington. Pada Juli 2017, divisi perempuan juga dibentuk.[2][1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Alleged Charlottesville Driver Who Killed One Rallied With Alt-Right Vanguard America Group". Southern Poverty Law Center (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal October 31, 2017. 
  2. ^ a b "Vanguard America". Anti-Defamation League (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal October 31, 2017. 
  3. ^ "Vanguard America has increasingly become a neo-Nazi voice - NY Daily News". www.nydailynews.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-18. Diakses tanggal October 31, 2017. 
  4. ^ "Vanguard America, a white supremacist group, denies Charlottesville ramming suspect was a member". www.washingtonpost.com. Diakses tanggal October 31, 2017. 
  5. ^ "Deconstructing the symbols and slogans spotted in Charlottesville". Washington Post. August 18, 2017. 
  6. ^ Snow, Shawn (4 September 2019). "The neo-Nazi boot: Inside one Marine's descent into extremism". Marine Corps Times. Diakses tanggal 24 March 2022.