BitChute

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
BitChute
BitChute Logo.png
Jenis situs
Layanan hos video
BahasaInggris
PenciptaRay Vahey
Situs webBitChute.com
Peringkat Alexa 6,902 (Mei 2019)[1]
Daftar akunOpsional
StatusAktif

BitChute adalah layanan penyimpanan video (video hosting) yang menggunakan teknologi peer-to-peer WebTorrent.[2]

Situs ini didirikan sebagai cara untuk menghindari aturan konten yang diberlakukan pada platform seperti YouTube[2] dan beberapa pembuat konten yang telah dibanned atau kanal mereka "demonetisasi" (tidak menerima pendapatan iklan) di YouTube telah bermigrasi ke BitChute.[3] Platform ini ditandai dengan pusat dari konten politik kanan jauh[3][4] dan telah dikritik oleh Southern Poverty Law Center (SPLC) karena menyiarkan "material kebencian".[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini diluncurkan oleh Ray Vahey pada bulan Januari 2017.[4] Situs ini berbasis pada sistem peer-to-peer WebTorrent, sebuah torrent JavaScript yang bisa dioperasikan di web browser. Pengguna yang menonton video juga men-seedkan video itu.[3] BitChute tidak bergantung pada iklan, dan pengguna dapat mengirim pembayaran ke pembuat video secara langsung.[6]

BitChute telah ditandai sebagai rumah bagi konten kanan jauh[3][4][6] Organisasi Southern Poverty Law Center juga menyebut BitChute sebagai "klon YouTube 'sewaan rendah' yang membawa beragam materi penuh kebencian".[5] Ada konflik antara YouTube dan pembuat konten atas konten beberapa video, dan perusahaan dalam beberapa kasus merespons dengan melarang (ban) pembuat konten, memblokir video mereka, atau men-"demonetisasi"kan kanal mereka. Vahey menjelaskan bahwa BitChute adalah sebuah pilihan untuk menghindari "pelarangan, demonetisasi, dan mengutak-atik algoritma untuk mengirim konten tertentu ke ketidakjelasan" yang menurut dia adalah "peningkatan tingkat penyensoran" oleh layanan seperti YouTube.[2] Akibatnya, beberapa pengguna dan grup yang telah diblokir dari YouTube telah bermigrasi ke BitChute, termasuk kanal teori konspirasi kanan jauh Alex Jones InfoWars.[4] Beberapa tokoh kanan jauh terkemuka dan pembuat video alt-right yang belum dicekal dari YouTube menaruh video mereka juga di BitChute, mereka adalah Lauren Southern, Stefan Molyneux, Millennial Woes, dan Paul Joseph Watson.[3][7]

Pada bulan November 2018, layanan BitChute dicekal dari PayPal bersama dengan Alex Jones, Proud Boys, Tommy Robinson, dan beberapa tokoh anti fasis.[8] PayPal tidak menjelaskan pelarangan tersebut.[9] Pada bulan Januari 2019, BitChute mengumumkan di Gab bahwa mereka akan memindahkan domain mereka ke Epik, sebauh layanan pendaftaran domain kecil yang dikenal untuk mendaftarkan situs web yang meng-host konten kanan jauh.[5][10] Pada bulan Maret 2019, penyedia jasa Internet di Selandia Baru memblokir akses BitChute untuk sementara waktu, bersama juga dengan situs web lainnya seperti 8chan, LiveLeak, dan Dissenter, sebagai upaya untuk memberhentikan penyebaran video Penembakan masjid Christchurch dan manifesto yang ditulis oleh pelaku penembakan tersebut.[11] Secara bersamaan, beberapa penyedia jasa Internet (ISP) di Australia juga sementara wkatu memblokir akses ke BitChute dan 4chan, menampilkan halaman peringatan yang menjelaskan bahwa akses telah dibatasi oleh ISP "dengan kerjamasama Interpol" karena domain tersebut "mendistribusikan material kekerasan seksual anak-anak".[11]


Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "(Inggris) Bitchute.com Traffic, Demographics and Competitors - Alexa". Alexa Internet. Diakses tanggal 3 Mei 2019. 
  2. ^ a b c Maxwell, Andy (29 Januari 2017). "(Inggris) BitChute is a BitTorrent-Powered YouTube Alternative". TorrentFreak (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 Desember 2017. 
  3. ^ a b c d e Daro, Ishmael N.; Lytvynenko, Jane (18 April 2018). "(Inggris) Right-Wing YouTubers Think It's Only A Matter Of Time Before They Get Kicked Off The Site". BuzzFeed News. Diakses tanggal 4 Mei 2019. 
  4. ^ a b c d Schroeder, Audra (2 November 2018). "(Inggris) Far-right conspiracy vloggers have a new home". The Daily Dot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Mei 2019. 
  5. ^ a b c Hayden, Michael Edison (11 Januari 2019). "(Inggris) A Problem of Epik Proportions". Southern Poverty Law Center (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Januari 2019. 
  6. ^ a b Alexander, Julia (7 Maret 2018). "(Inggris) Controversial YouTubers head to alternative platforms in wake of 'purge'". Polygon. Diakses tanggal 4 Mei 2019. 
  7. ^ Tani, Maxwell (22 September 2017). "(Inggris) 'There's no one for right-wingers to pick a fight with': The far right is struggling to sustain interest in its social media platforms". Business Insider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 Desember 2017. 
  8. ^ Blake, Andrew (14 November 2018). "(Inggris) BitChute, YouTube alternative, cries foul over apparent punt from PayPal". The Washington Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 28 November 2018. 
  9. ^ Newton, Casey (15 November 2018). "(Inggris) Facebook has a growing morale problem". The Verge. Diakses tanggal 4 Mei 2019. 
  10. ^ Martineau, Paris (6 November 2018). "(Inggris) How Right-Wing Social Media Site Gab Got Back Online". Wired. ISSN 1059-1028. Diakses tanggal 4 Mei 2019. 
  11. ^ a b Silva, Jorge (18 Maret 2019). "(Inggris) Zero Hedge, LiveLeak blocked, sharers warned of jail as NZ censors crack down on mosque attack video". Reuters (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Mei 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]