Universitas Messina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Messina
Università degli Studi di Messina
UnimeLogo.gif
bahasa Latin: Universitas Studiorum Messanae
MotoTradition and change, at the centre of Mediterranean.
Moto dalam bahasa IndonesiaTradisi dan perubahan, di pusat Mediterania
Didirikan1548
JenisNegeri
RektorProf. Pietro Navarra
Jumlah mahasiswa22.292[1]
LokasiMessina, Italia
KampusPolo dell'Annunziata
Polo del Centro
Polo del Papardo
Tim olahragaCUS Messina
AfiliasiUNIMED
Situs webwww.unime.it

Universitas Messina (bahasa Italia: Università degli Studi di Messina, UNIME) adalah sebuah universitas negeri yang terletak di Messina, Italia. Didirikan pada tahun 1548 oleh Ignatius dari Loyola, lembaga pendidikan tinggi ini menjadi model bagi ratusan kolese Yesuit.[2] Universitas ini terdiri dari 11 fakultas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Messina memiliki tradisi budaya dan pendidikan yang tua, yang berasal dari akhir abad ke-13 ketika sebuah sekolah hukum didirikan di sana.

Lembaga pendidikan yang menjadi pendahulu universitas ini adalah Kolese Messina (Collegio dei gesuiti in Messina), didirikan tahun 1548 oleh Ignatius dari Loyola.

Pada abad ke-17, tokoh seperti Giovanni Alfonso Borelli, Pietro Castelli, Giovan Battista Cortesi, Carlo Fracassati, Giacomo Gallo, Mario Giurba, Marcello Malpighi, dan Francesco Maurolico mengajar di universitas ini namun pada tahun 1678 ditutup karena revolusi melawan orang-orang Spanyol.[3]

Universitas ini didirikan kembali pada tahun 1838 oleh Raja Ferdinand II. Pada tahun 1847, sebagai akibat revolusi anti-Bourbon di kota tersebut, universitas ditutup lagi dan dibuka kembali setelah dua tahun, dengan pembatasan untuk mahasiswa dari daerah lain selain Sisilia.

Gempa bumi yang terjadi tahun 1908 menghancurkan sebagian besar bangunan universitas yang tidak dirancang dan dibangun secara memadai termasuk perpustakaan dan peralatan ilmiahnya yang terkenal. Namun hanya setahun kemudian pada tahun 1909 Fakultas Hukum dibuka kembali. Fakultas Ilmu, Farmasi dan Kedokteran dibuka kembali pada tahun 1914/1915.[4]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Departemen Teknik Universitas Messina

Universitas ini dibagi menjadi sebelas fakultas, yakni Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Humaniora, Hukum, Ilmu, Kedokteran dan Bedah, Farmasi, Ilmu Politik, Statistika, dan Kedokteran Hewan.

Universitas ini menempati empat lokasi utama di Messina, Gedung Administrasi pusat dan empat fakultas (Ekonomi, Ilmu, Pendidikan) terletak di pusat Messina. Campus Policlinico yang terletak di selatan Messina, menjadi tempat Fakultas Kedokteran, sementara Fakultas Ilmu dan Teknik berada di dalam Kampus Papardo (zona Utara) menghadap Selat Messina yang terkenal dan tiga cagar alam yang baru diresmikan (salah satunya adalah Capo Peloro). Lokasi universitas yang lebih jauh ke utara adalah di Gedung Akademik Annunziata di mana Fakultas Kedokteran Hewan, Farmasi, dan Humaniora berada. Tempat ini berada di dalam zona Annunziata (contrada Citola) tidak jauh dari pusat kota.[4] Penerimaan mahasiswa lebih dari 22.000.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Anagrafe Nazionale Studenti". anagrafe.miur.it (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 2017-10-09. 
  2. ^ Polanco, Juan Alfonso de (1574). Chronicon Societatis Jesu ab anno 1537 ad annum Domini 1549 (dalam bahasa Latin).  As anthologized in Donnelly, John Patrick, ed. (2006). "Selections from Chronicon, on the Jesuit college at Messina". Jesuit Writings of the Early Modern Period: 1540–1640. Indianapolis: Hackett Publishing Company. hlm. 46–54. ISBN 0-87220-839-7. 
  3. ^ University of Messina. "International guide" (PDF). www-old.unime.it. 
  4. ^ a b "Presentazione | Universita' degli Studi di Messina". www.unime.it (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 2017-10-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 38°13′52″N 15°33′14″E / 38.2310°N 15.5539°E / 38.2310; 15.5539