Universitas Politeknik Marche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Politeknik Marche
Università Politecnica delle Marche
UnivPM-Rettorato.jpg
JenisDidukung negara
Didirikan1959
RektorProf. Sauro Longhi
Staf akademik
710
Staf administrasi
560
Jumlah mahasiswa15.797 (2015-2016)
Sarjana16.400
Magister1.000
Doktor400
Lokasi,
Tim olahragaCUS Ancona (http://www.cusancona.it/)
Situs webwww.unipm.it/

Universitas Politeknik Marche (bahasa Italia Università Politecnica delle Marche) adalah sebuah universitas publik di Ancona, Italia. Universitas ini menyediakan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang Pertanian, Teknik, Ekonomi, Kedokteran dan Biologi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perkuliahan bermula pada bulan November 1959 sebagai cabang dari Universitas Urbino. Universitas Politeknik Marche sendiri dibuka pada tahun 1969 dengan persetujuan yang termaktub dalam piagam untuk Universitas Independen Ancona dan berdasarkan undang-undang mendirikan perkuliahan dua tahun untuk Sekolah Teknik dan tiga tahun untuk Sekolah Kedokteran dan Bedah. Dewan Tinggi Pendidikan Publik mengakui Sekolah Teknik sejak tahun akademik 1969-1970 dan Sekolah Kedokteran dan Bedah setahun berikutnya. Universitas Ancona diakui sebagai universitas negeri pada tanggal 18 Januari 1971. Sekolah-sekolah pertanian dan sains didirikan dua dasawarsa kemudian, dan pada bulan Januari 2003 nama universitas ini diubah menjadi Università Politecnica delle Marche.

Akademika[sunting | sunting sumber]

Fakultas pengajar kini berjumlah 710 profesor, pembantu dosen, dan peneliti, beserta 560 personel teknis dan administratif. Yang berikut ini adalah 5 sekolah yang menjadi bagian dari Universitas Politeknik Marche:

Universitas ini menawarkan program-program akademik yang diajarkan dalam bahas Italia dan Inggris.

Kampus[sunting | sunting sumber]

Kegiatan pengajaran dan penelitian pernah bertempat di lokasi-lokasi yang terpisah, yang sering kali tidak cocok dan tidak mencukupi. Mereka kini dikelompokkan bersama-sama dan dibagi ke dalam tiga kompleks utama. Kompleks sains-teknologi berlokasi di Monte D'Ago, di dalam gedung yang dirancang oleh Belluschi, seorang arsitek Italia-Amerika. Kompleks ini menjadi tempat bagi Sekolah Teknik; Sekolah Pertanian; Sekolah Matematika, Fisika, dan Ilmu Alam. Kostruksinya diselesaikan di tempat yang sama untuk memenuhi syarat pengajaran dan keperluan laboratorium Sekolah Biologi yang baru didirikan. Kompleks kedua untuk tempat instruksi dan penelitian berlokasi di Torrette untuk keperluan biologi, saintifik, dan klinis Sekolah Kedokteran dan Bedah. Kompleks ketiga, untuk kajian ekonomi dan humaniora, berlokasi di pusat kota di dalam gedung bersejarah, Caserma Villarey, yang menjadi markas bagi Sekolah Ekonomi. Villa Maria, berlokasi di dekat Passetto, menjadi pusat studi tambahan, digunakan untuk ortodontika dan prostesa gigi.

Dalam hal logistik, pusat administratif Universitas berlokasi di pusat kota di Piazza Roma, di sana juga terdapat Biro Administrasi dan Kerektoran. Palazzo della Provincia (Gedung Pemerintah), dan badan-badan administratif lainnya berlokasi di dalam gedung-gedung yang berdekatan dengan Palazzo.

Fasilitas-fasilitas universitas juga meliputi kompleks olahraga yang bertempat di jalur perluasan lahan di Posatora, bekas lokasi Sekolah Kedokteran dan Bedah sebelum ia hancur oleh tanah longsor pada tahun 1982. Di tempat yang sama, sebuah taman botani dikembangkan, bersama-sama dengan kebun penelitian universitas (kini berfungsi baik) di dalam kota Agugliano, menyempurnakan fasilitas ilmiah dan instruksional untuk Sekolah Pertanian. Selain itu, perencanaan jangka menengah hingga jangka panjang meliputi renovasi bekas barak Stamira, akuisisi terakhir yang ditempuh Universitas. Gedung ini telah diajukan sebagai kediaman tamu untuk para mahasiswa dan sarjana dari universitas lain baik itu dari Italia maupun luar negeri yang kerap kali mengikuti perkuliahan dan menjalankan penelitian di berbagai institut dan departemen, dalam konteks projek nasional dan internasional.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]