Universitas Firenze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Firenze
Università degli Studi di Firenze
Latin: Florentina Studiorum Universitas
JenisUniversita negeri
Didirikan1321
RektorProf. Alberto Tesi
Staf administrasi
2.288
Jumlah mahasiswa59.500
Lokasi,
Tim olahragaCUS Firenze (http://www.cus.firenze.it/)
AfiliasiEUA
Situs webwww.unifi.it

Universitas Firenze (Università degli Studi di Firenze, UNIFI) adalah sebuah universitas di Firenze, Italia tengah. Sebagai salah satu universitas tertua dan terbesar di Italia, universitas ini menyediakan 12 fakultas dan memiliki sekitar 60,000 orang pendaftar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Firenze berkembang dari Studium Generale, yang didirikan oleh Republik Florentine pada 1321. Studium itu diakui oleh Paus Klemens VI pada 1349, dan berhak memberi gelar akademik. Di universitas ini juga Paus mendirikan fakultas teologi pertama di Italia. Studium menjadi universitas kerajaan pada 1364, tetapi dipindahkan ke Pisa pada 1473 ketika Lorenzo de' Medici memerintah Firenze. Charles VIII kemudian memindahkannya kembali pada 1497-1515, tetapi dipindahkan lagi ke Pisa ketika keluarga Medici kembali merebut kekuasaan.

Pada 1859 Studium itu berubah menjadi Istituto di Studi Pratici e di Perfezionamento, dan setahun kemudian diakui secara penuh sebagai universitas oleh pemerintah Italia.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Fakultas yang terdapat di Universitas Firenze antara lain:

Tiap fakultas terletak di lokasi yang strategis sesuai dengan bidang studi masing-masing: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Politik berada di Polo delle Scienze Sociali (kampus ilmu sosial), di distrik Novoli. Fakultas Kedoteran dan Ilmu Bedah, Fakultas Farmakologi, dan departemen teknik dan ilmiah tertentu terletak di distrik Careggi. Fakultas Teknik terletak di Institut Santa Marta, sementara Fakultas Pertanian berada di depan Parco delle Cascine. Fakultas Matematika, Fisika, dan Ilmu Alam berlokasi di distrik Sesto Fiorentino. Fakultas Arsitektur ada di Accademia di Belle Arti, tempat patung David karya Michelangelo berada. Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra dan Filsafat, serta Fakultas Ilmu Pendidikan ada di pusat Firenze, tetapi dua fakultas yang pertama disebutkan tadi rencananya akan dipindahkan ke Polo delle Scienze Sociali di distrik Novoli.

Profesor terkenal[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]