Universitas Modena dan Reggio Emilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Modena dan Reggio Emilia
Università degli Studi di Modena e Reggio Emilia
Logo B Positivo Colore.jpg
bahasa Latin: Universitas Studiorum Mutinensis et Regiensis
JenisNegeri
Didirikan1175
RektorProf. Angelo O. Andrisano
Jumlah mahasiswa22.205 (a.y. 2015/16)
Lokasi,
Tim olahragaCUS Modena cusmore.it
Situs webwww.unimore.it

Universitas Modena dan Reggio Emilia (bahasa Italia: Università degli Studi di Modena e Reggio Emilia), terletak di Modena dan Reggio Emilia, Emilia-Romagna, Italia, adalah salah satu universitas tertua di Italia,[1] dengan populasi 20,000 siswa.

Universitas abad pertengahan jatuh pada tahun 1338 dan digantikan oleh "tiga kuliah umum" yang tidak memberikan gelar dan ditangguhkan pada tahun 1590-an "karena kekurangan uang". Universitas Modena tidak kembali didirikan sampai 1680-an dan tidak dikesahkan sampai 1685.[2]

Beberapa siswa terkenal yang menghadiri Universitas termasuk Ludovico Antonio Muratori, seorang sejarawan Italia terkenal dan sarjana yang lulus pada 1694, penulis drama Carlo Goldoni pada abad ke-17 dan, pada abad terakhir, Sandro Pertini, yang menjadi Presiden Republik Italia.

Beberapa siswa terkenal yang menghadiri universitas tersebut termasuk Ludovico Antonio Muratori, seorang sejarawan Italia terkenal dan sarjana yang lulus pada 1694, penulis drama Carlo Goldoni pada abad ke-17 dan, pada abad terakhir, Sandro Pertini, yang menjadi Presiden Republik Italia.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.unimore.it/gwa, Gruppo di lavoro web-gwa@unimore it-. "UNIMORE - Cenni storici". www.unimore.it (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 2019-04-25. 
  2. ^ Quoted from: Grenler, Paul F. The Universities of the Italian Renaissance. Johns Hopkins University Press, 2004. Page 137.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]