Universitas Dehasen Bengkulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Dehasen Bengkulu
UNIVED
MotoMenjadi Perguruan Tinggi yang unggul di Bidang Kewirausahaan Tingkat Nasional pada tahun 2034
JenisPerguruan tinggi swasta
Didirikan17 Maret 2008
AfiliasiLLDIKTI Wilayah II
RektorProf. Dr. Husaini, SE., M.Si, Ak, CA, CRP
Lokasi,
-3.7940586,102.2751745
Situs webunived.ac.id

Universitas Dehasen Bengkulu (UNIVED) adalah sebuah universitas swasta yang terletak di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Didirikan pada tahun 2008, Universitas Dehasen (UNIVED) Bengkulu merupakan pengembangan dan penggabungan beberapa Perguruan Tinggi yang berada dibawah Yayasan Dehasen.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cikal bakal Universitas Dehasen Bengkulu adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dehasen dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dehasen serta Akademi Teknologi Pertanian (ATP) Dehasen yang didirikan oleh Yayasan Dehasen di Bengkulu. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39/D/O/2008 tanggal 17 Maret 2008 yang merupakan penggabungan dan pengembangan STMIK Dehasen, STIE Dehasen dan ATP Dehasen, kemudian ditetapkan menjadi Universitas Dehasen Bengkulu. Universitas ini bernama Universitas Dehasen Bengkulu dan disingkat UNIVED.

Universitas Dehasen Bengkulu berkedudukan di Bengkulu. Dasar Universitas Dehasen Bengkulu adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 serta kaidah moral dan keilmuan. Universitas Dehasen Bengkulu ini merupakan hasil gagasan Drs. Bando Amin C. Kader, MM yang menginginkan adanya Perguruan tinggi terkemuka yang dapat menghasilkan lulusan bermutu, berilmu, beriman, dan berbudaya.[1]

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Dehasen Bengkulu menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang, program studi yang ditawarkan diantaranya [2] :

  1. Teknologi Hasil Pertanian (S1)
  2. Agribisnis (S1)
  3. Manajemen (S1)
  4. Akuntansi (S1)
  5. Informatika (S1)
  6. Rekayasa Sistem Komputer (S1)
  7. Sistem Informasi (S1)
  8. Ilmu Komunikasi (S1)
  9. Sastra Inggris (S1)
  10. Hukum (S1)
  11. Administrasi Publik (S1)
  12. Pendidikan Jasmani (S1)
  13. Pendidikan Guru PAUD (S1)
  14. Pendidikan Komputer (S1)
  15. Kesehatan Masyarakat (S1)
  16. Ilmu Keperawatan (S1)
  17. Kebidanan (D3)
  18. Keperawatan (D3)
  19. Profesi Ners
  20. Kebidanan (S1)
  21. Kesehatan Masyarakat (S2)
  22. Bisnis Digital (S1)
  23. Manajemen (S2)

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Universitas Dehasen (UNIVED) dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang proses pendidikan dan pencapaian Visi, Misi dan tujuan Universitas diantaranya[3] : Ruang Kuliah yang dilengkapi dengan AC dan LCD Projector, Perpustakaan dan Ruang Baca, Mushola, Lapangan Futsal, Gedung Olah Raga (Kerjasama), Stadion (Kerjasama), Tempat Fitnes dan Aerobik, Kolam Renang (Kerjasama), Lift, Wall Climbing, Bank Mini Dehasen, Galeri Investasi, Radio Kampus FM 88,5 MHz, Kafetaria, Fotokopi, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Free Wifi 24 Jam, Laboratorium Komunikasi Multimedia serta Media Online ctzonedehasenbkl.com sebagai ajang publikasi berita oleh mahasiswa.

Kontribusi dan Kolaborasi[sunting | sunting sumber]

Universitas Dehasen Bengkulu secara aktif terlibat dalam kegiatan yang memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar. Universitas ini juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga baik lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, dalam rangka meningkatkan mutu lulusan dan juga menjaga kualitas akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah - Universitas Dehasen Bengkulu". Website Resmi UNIVED. Diakses tanggal 2023-08-21. 
  2. ^ "Data Program Studi - Universitas Dehasen Bengkulu". PDDikti Kemdikbud. Diakses tanggal 2023-08-24. 
  3. ^ "Fasilitas Kampus- Universitas Dehasen Bengkulu". Website Resmi UNIVED. Diakses tanggal 2023-08-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]