Thomas C. Schelling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Thomas C. Schelling

Thomas Crombie Schelling (lahir di Oakland, California, Amerika Serikat, 14 April 1921; umur 93 tahun) adalah seorang ekonom Amerika Serikat. Ia adalah doktor dari Universitas Harvard di Cambridge (Massachusetts, Amerika Serikat). Ia banyak studi berkaitan dengan perundingan dan konflik. Dengan latar belakang tersebut, ia kemudian bergabung dengan Marshall Plan, program bantuan pasca-Perang Dunia II yang disiapkan Amerika Serikat untuk membangun kembali Eropa.

Dari Eropa, ia menjadi staf Gedung Putih tahun 1950-an. Pada tahun 1958, ia kembali mengajar di Universitas Harvard dan melewatkan sebagian besar kariernya di sana. Ia masih aktif mengajar di Universitas Maryland. Salah satu bukunya berjudul The Strategy of Conflict tahun 1960 yang menjadi dasar dari pandangannya tentang teori permainan.

Pada tahun 2005, ia dianugerahi Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel bersama dengan Robert Aumann karena "telah meningkatkan pengetahuan kita mengenai konflik dan kerjasama melalui analisis teori permainan."