The Looming Tower

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Looming Tower
Edisi sampul kerass pertama, 2006, Knopf
PengarangLawrence Wright
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
GenreSejarah modern
PenerbitKnopf
Tanggal terbit
2006
Jenis mediaCetak (Sampul keras)
Halaman480
ISBNISBN 978-0-375-41486-2
OCLC64592193
973.931 22
LCCHV6432.7 .W75 2006
Journalist Lawrence Wright, author of The Looming Tower.

The Looming Tower: Al-Qaeda and the Road to 9/11 adalah sebuah buku sejarah yang menelusuri bagaimana Al-Qaeda berdiri, latar berbagai serangan teroris dan bagaimana serangan tersebut diselidiki, serta peristiwa-peristiwa yang berujung pada serangan September 11. Buku ini ditulis oleh Lawrence Wright dan memenangkan Hadiah Pulitzer untuk Non-Fiksi Umum tahun 2007.

The Looming Tower lebih berfokus pada orang-orang yang terlibat; bagaimana rupa mereka, mengapa mereka melakukannya, dan bagaimana mereka berinteraksi. Buku ini mengawali isinya dengan kisah Sayyid Qutb, seorang cendekiawan religius Mesir yang mengunjungi Amerika Serikat pada akhir 1940-an dan pulang sebagai seorang Islamis anti-Barat dan martir bagi keyakinannya sendiri. Ada pula potret Ayman al-Zawahiri sejak masih kecil di Mesir sampai berpartisipasi dan memimpin Egyptian Islamic Jihad hingga penggabungan organisasinya dengan Al Qaeda.

Osama bin Laden adalah tokoh yang paling banyak dibahas, mulai masa kecilnya di Saudi Arabia dalam keluarga kaya, keikutsertaannya dalam jihad melawan Uni Soviet di Afghanistan, perannya sebagai penyalur dana kelompok teroris, menetap di Sudan, kembali ke Afghanistan dan interaksinya dengan Taliban. Pengeboman kedutaan besar Amerika Serikat 1998 di Dar es Salaam, Tanzania dan Nairobi, Kenya juga dibahas bersama pengeboman USS Cole tahun 2000.

Lawrence Wright juga menceritakan secara terperinci sejumlah tokoh Amerika Serikat yang terlibat, termasuk Richard A. Clarke, kepala penasihat kontra-terorisme di U.S. National Security Council, dan John P. O'Neill, Asisten Deputi Direktur Investigasi untuk FBI yang menjabat sebagai pemburu bin Laden top Amerika Serikat sampai pensiun dari FBI bulan Agustus 2001. O'Neill mendapat pekerjaan sebagai kepala keamanan di World Trade Center, tempat ia tewas akibat serangan 9/11.

Buku ini juga menyebutkan sejumlah masalah yang ditangani tanpa kerja sama antara FBI dan CIA dan organisasi pemerintahan Amerika lainnya yang mencegah mereka mengungkap rencana 9/11 pada waktu itu.

Karena The Looming Tower sebagian besar berfokus pada kisah orang-orang yang terlibat, buku ini tidak menceritakan rencana 9/11 dan eksekusinya secara terperinci. Buku ini lebih terfokus pada latar dan kondisi yang menghasilkan orang-orang yang merencanakan dan melaksanakan serangan ini, dan informasi tentang mereka yang melawan teror terhadap Amerika Serikat.

Tentang judul[sunting | sunting sumber]

Kata-kata "the looming tower" (benteng yang tinggi dan kukuh) muncul di Qur'an. Menurut Lawrence Wright, Osama bin Laden, pada acara pernikahan sebelum serangan 9/11, mengutip ayat dari surah An-Nisa dan mengulangnya tiga kali: "Di mana saja kamu berada, kematian akan mendatangimu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh."[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lawrence Wright Interview at The Institute of International Studies, UC Berkeley, page 3". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-15. Diakses tanggal 2012-10-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]