The Hunger Games: Mockingjay – Part 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Hunger Games: Mockingjay –
Part 2
SutradaraFrancis Lawrence
ProduserNina Jacobson
Jon Kilik
SkenarioDanny Strong
Peter Craig[1]
BerdasarkanMockingjay
oleh Suzanne Collins
Pemeran
MusikJames Newton Howard
SinematografiJo Willems
PenyuntingAlan Edward Bell
Mark Yoshikawa
Perusahaan
produksi
DistributorLionsgate
Tanggal rilis
  • 20 November 2015 (2015-11-20)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$250 million (shared with Part 1)[2]

The Hunger Games: Mockingjay – Part 2 adalah film sains fiksi petualangan tahun 2015 yang disutradarai oleh Francis Lawrence dan ditulis oleh Danny Strong. Ini merupakan film yang kedua dari dua bagian film yang di adopsi dari novel Mockingjay, buku terakhir dari Trilogi The Hunger Games, yang ditulis oleh Suzanne Collins, dan merupakan film keempat dan yang terakhir dalam film seri The Hunger Games. Ini adalah sekuel bagian kedua dari adaptasi Mockingjay, The Hunger Games: Mockingjay – Part 1, yang telah dirilis pada 21 November 2014. Film ini dibintangi Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson and Liam Hemsworth.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) pulih setelah hampir dibunuh oleh Peeta Mellark (Josh Hutcherson) yang telah dicuci otaknya. Setelah pasukan pemberontak menguasai pasokan senjata Capitol di distrik 2, loyalis dari Capitol menyerah. Katniss, yang berusaha untuk membujuk mereka (para loyalis) agar tidak lagi berpihak pada capitol malah tertembak.

Setelah sembuh, Katniss meminta Presiden Alma Coin (Julianne Moore) dan para pemberontak untuk membunuh Presiden Snow (Donald Sutherland). Dukungan Coin terhadap Katnis sebagai simbol revolusi mereka menurun. Selama pernikahan Finnick Odair (Sam Claflin) dan Annie Cresta (Stef Dawson), Johanna Mason (Jena Malone) memberitahu Katniss bahwa ada sebuah pesawat berangkat menuju Capitol, yang dipimpin Komandan Paylor (Patina Miller) berencana menyerang habis-habisan. Setelah menyelinap, Katniss bergabung dalam Squad 451, "Star Squad", yang dipimpin oleh Boggs (Mahershala Ali), tetapi kemudian mengetahui bahwa misi mereka adalah mengukiir jejak dibalik invasi sebagai wajah pemberontakan. Mereka menggunakan peta hologram, disebut Holo, untuk menghindari "pods" (jebakan) yang dibuat oleh gamemakers pada jalan-jalan di Capitol. Peeta ternyata juga ditugaskan dalam tim oleh Coin meskipun masih rentan karena pengaruh pengkondisian oleh Capitol, Boggs kemudian memperingatkan Katniss untuk berhati-hati, karena ia (katniss) dinilai oleh coin sebagai ancaman terhadap kekuasaannya.

Saat mereka menelusuri Capitol mereka disergap oleh pod (jebakan) tersembunyi, dan Boggs terluka parah, beruntung ia sempat mengajari katniss bagaimana menggunakan Holo sebelum meninggal. Jebakan lainnya muncul, lumpur hitam membanjiri mereka, Peeta yang masih ingin menyerang Katniss, mendorong Mitchell (Joe Chrest) ke tar. Skuat menghindar lumpur hitam dan berlindung di sebuah gedung. Katniss mengatakan pada tim bahwa dia berada di bawah perintah dari coin untuk membunuh presiden snow. The Peacekeepers akhirnya menemukan tempat persembunyian mereka, tetapi skuat 451 mampu melarikan diri sebelum mereka tiba. The Peacekeepers akhirnya mengetahui tempat persembunyian mereka dan meledakkannya, mereka berhasil membunuh si kembar (Misty dan Kim Ormiston) yang bersama katniss yang ternyata memang ketinggalan dalam pelarian. Kemudian The Capitol melalui presiden snow mengumumkan kegagalan Squad 451 dari para korban dalam tim yang berhasil dibunuh, tapi koin kemudian membajak sinyal dan mengatakan bahwa setiap orang harus memuji pengorbanan mereka.

Tim Katniss memutuskan untuk menjelajah ke selokan Capitol untuk menghindari jebakan, tetapi kemudian malah diserang oleh makhluk rekayasa genetik yang disebut "mutts". Komandan Jackson (Michelle Forbes), Castor (Wes Chatham), Rumah (Omid Abtahi), dan Finnick dibunuh. Anggota tim yang masih hidup dikejar oleh Peacekeepers tak lama setelah mencapai permukaan, dan sebuah jebakan membunuh anggota skuat yang lain, Messalla (Evan Ross). Skuat 451 akhirnya lolos dan berlindung di sebuah toko, di mana mantan penata Hunger Games, Tigris (Eugenie Bondurant), menyembunyikan mereka di ruang bawah tanah nya. Disaat mereka semua meratapi hilangnya sisa skuat mereka, Katniss mengaku bahwa dia berbohong tentang perintah untuk membunuh snow. Para anggota yang tersisa mengatakan bahwa mereka tahu semua itu selama ini, akan tetapi mereka masih percaya padanya. Peeta meyakinkan Katniss, bahwa jika dia membunuh Snow, dia akan membalas kematian semua orang yang telah mati ditangannya.

Snow mengumumkan bahwa pemberontak telah menyerang Capitol dan mempersilahkan pengungsi ke kediamannya, menyediakan mereka makanan dan tempat tinggal. Katniss dan Gale menyamar sebagai pengungsi untuk mendapatkan akses ke Snow. Para pemberontak tiba dan menyerang Peacekeepers, membunuh banyak warga sipil Capitol dalam baku tembak. Dalam kekacauan berikutnya, Katniss bersama ratusan pemberontak pawai menuju kediaman Snow dan mendapati Peacekeepers merebut anak-anak penduduk Capitol dari orang tuanya dan dijadikan perisai manusia untuk melindungi Snow. Sebuah helikopter terbang melintasi Capitol dan menjatuhkan beberapa kotak dengan parasut, mirip dengan yang digunakan dalam Hunger Games, ke tengah kerumunan anak-anak, kemudian meledak, membunuh anak-anak. Sebuah tim medis pemberontak mencoba untuk membantu mereka yang terluka, di antaranya adalah adik katniss, Prim (Willow Shields). Katniss berlari menuju prim, tapi kemudian bom kedua meledak, membunuh Prim dan membuat katniss pingsan.

Setelah pulih, Katniss mendengar bahwa Capitol telah ditaklukkan, dan Snow telah ditangkap. Ketika Katniss menemui Snow, ia mengklaim bahwa coin mendalangi pemboman di luar rumah untuk mengubah tentara terakhir melawan dia. Katniss menyadari bahwa pola (ledakan pertama diikuti oleh kedua untuk membunuh orang-orang yang terburu-buru untuk memberikan bantuan medis) menyerupai perangkap yang pernah dikerjakan Gale. Ketika Gale tidak dapat menjamin bahwa bom bukan dari para pemberontak dan bukan rancangannya, Katniss hancur. Dia menghadiri pertemuan dengan Coin (sebagai "Presiden interim Panem") dan para pemenang tersisa untuk membahas mengadakan satu edisi terakhir dari Hunger Games dengan anak-anak dari Capitol sebagai upeti (tribute). Katniss menyadari bahwa Snow benar: Coin hanya berencana untuk mengambil kekuasaannya bukanmemberikan kesempatan pada rakyat untuk mengadakan pemilihan pemimpin. Katniss memberikan dukungan dalam rangka membantu diadakannya pertandingan, dengan catatan ia bisa mengeksekusi Snow.

Pada saat eksekusi, Katniss menghadapi snow sekali lagi. Namun bukan menembak sow, ia malah melesatkan panah ke dada coin, dan menewaskannya. Para pemberontak membekuk Katniss, sementara Snow diinjak-injak sampai mati dalam kekacauan. Katniss diampuni atas kejahatan, dan melalui surat yang disampaikan oleh Haymitch (Woody Harrelson), Plutarch Heavensbee (Philip Seymour Hoffman) menyarankan Katniss pulang ke Distrik 12 dan berharap bahwa dia menemukan kedamaian nya.

Katniss kembali ke rumahnya di reruntuhan distrik 12. Dia bersama dengan Peeta, yang telah pulih perasaan cintanya dan mereka bersedih hati untuk Prim. Komandan Paylor terpilih menjadi Presiden baru Panem. Katniss dan Peeta perlahan tumbuh lebih dekat, dan Katniss mengakui cintanya. Bertahun-tahun kemudian, mereka tampak bermain dengan dua anak mereka, Katniss merenungkan mimpi buruk masa lalunya.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Exclusive: The Hob Interviews Frances Lawrence, Nina Jacobson & Jon Kilik at World Premiere". The Hob. November 13, 2013. Diakses tanggal January 14, 2014. 
  2. ^ http://variety.com/2014/film/news/mockingjay-exclusive-art-mockingjay-filming-location-1201066280/
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Alma Coin
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Annie Cresta
  5. ^ Highfill, Samantha (August 22, 2013). "'Game of Thrones' star Natalie Dormer cast as Cressida in 'The Hunger Games: Mockingjay'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal January 14, 2014. 
  6. ^ Strecker, Erin (August 27, 2013). "'The Hunger Games: Mockingjay': Messalla cast". Entertainment Weekly. Diakses tanggal January 14, 2014. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Commander Lyme
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Commander Paylor
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Boggs
  10. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Castor and Pollux
  11. ^ "OFFICIAL: Omid Abtahi Cast as Homes in 'Mockingjay' Part 2". September 24, 2014. Diakses tanggal February 24, 2014. 
  12. ^ a b "Kim & Misty Ormiston Cast as Leeg 1 & 2 in Mockingjay". September 27, 2013. Diakses tanggal February 24, 2014. 
  13. ^ Highfill, Samantha (December 11, 2013). "'The Hunger Games: Mockingjay': Robert Knepper cast as...Antonius?". Entertainment Weekly. Diakses tanggal January 14, 2014. 
  14. ^ Sinopsis Film The Hunger Games: Mockingjay - Part 2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Francis Lawrence Templat:Danny Strong