Danny Strong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Danny Strong
Strong di Penghargaan Peabody 2013
LahirDaniel William Strong
6 Juni 1974 (umur 49)
Manhattan Beach, California, Amerika Serikat
AlmamaterUniversitas California Selatan
PekerjaanAktor, penulis skenario, sutradara, produser
Tahun aktif1994–sekarang
PasanganCaitlin Mehner (2013–sekarang)

Daniel William Strong (lahir 6 Juni 1974) adalah seorang aktor, penulis skenario film, dan televisi, sutradara dan produser asal Amerika Serikat. Sebagai seorang aktor, Strong terkenal karena perannya sebagai Jonathan Levinson di Buffy the Vampire Slayer dan Doyle McMaster di Gilmore Girls. Dia juga menulis skenario untuk Recount, adaptasi HBO Game Change, The Butler, dan ikut menulis film terakhir dua bagian dari trilogi film The Hunger Games, Mockingjay – Part 1 dan Part 2. Strong juga pembuat, produser eksekutif dan penulis untuk seri Fox, Empire dan miniseri Hulu, Dopesick.

Strong telah memenangkan dua Emmy Awards, dua Writers Guild of America Award, Producers Guild of America Award dan NAACP Image Awards.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Strong dibesarkan di Manhattan Beach, California dalam keluarga Yahudi asal Lituania, Rusia, dan Polandia.[1] Dia mulai berakting di usia muda. Saat masih kecil, Strong menyewa video dari Arsip Video dan berteman dengan Quentin Tarantino, yang bekerja di sana sebagai juru tulis. "Saya benar-benar akan duduk dan mengobrol dengannya selama 45 menit, satu jam setiap kali tentang film, dan dia membuat saya tertarik dengan semua film berbeda yang tidak dilihat oleh anak berusia 10 tahun," katanya.[2] Pada saat ia berusia 10 tahun, Strong menjadi lebih tergila-gila dengan dunia film dan mengirimkan fotonya ke agen.[3][4] Strong bersekolah di SMA Mira Costa,[5] dan kemudian belajar film dan teater di Universitas California Selatan.[6]

Strong bertunangan dengan aktris Caitlin Mehner pada 29 Desember 2016, di Hawaii setelah bertemu dengannya tiga tahun sebelumnya.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jewish Journal: "The Jewish writer and actor who’s 'the voice of black America'" by Curt Schleier September 11, 2015
  2. ^ "An Interview with Danny Strong". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 23, 2003. Diakses tanggal October 27, 2014. 
  3. ^ "Danny Biography & Career". Emerald City Journal Newspaper. Diakses tanggal September 14, 2021. 
  4. ^ "Five Cool Things About Actor/Director/Writer Danny Strong". Parade. Diakses tanggal September 27, 2017. 
  5. ^ "Hall Of Fame". Mira Costa High School Alumni. Diakses tanggal 2020-01-22. 
  6. ^ "Biography". The Official Danny Strong Website. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-09. Diakses tanggal October 27, 2014. 
  7. ^ Mizoguchi, Karen (December 30, 2016). "Gilmore Girls Star Danny Strong Engaged to Girlfriend Caitlin Mehner". People. Diakses tanggal January 18, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]