Mockingjay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Artikel ini berisi tentang novel. Untuk film, lihat The Hunger Games: Mockingjay - Part 1 dan The Hunger Games: Mockingjay - Part 2
Mockingjay
Mockingjay.JPG
Pengarang Suzanne Collins
Penerjemah Hetih Rusli
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris (Original)
Genre Fiksi ilmiah
Fiksi remaja
Petualangan
Distopia
Aksi
Penerbit Scholastic (AS)
Gramedia Pustaka Utama (Indonesia)
Tanggal rilis 24 Agustus 2010 (AS), Januari 2012 (Indonesia)
Halaman 390 (AS), 432 (Indonesia)
Didahului Catching Fire

Mockingjay adalah sebuah novel fiksi ilmiah tahun 2010 yang dikarang oleh penulis asal Amerika Serikat, Suzanne Collins. Novel ini adalah seri ketiga dan terakhir dari trilogi The Hunger Games, setelah The Hunger Games (2008) dan Catching Fire (2009).

Novel ini dirilis pada tanggal 24 Agustus 2010 di Amerika Serikat oleh penerbit Scholastic.[1] Sedangkan di Indonesia, novel ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada bulan Januari 2012.[2] Mockingjay terjual 450.000 kopi di minggu pertama rilis dan menerima banyak reaksi positif dari para kritikus.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Katniss Everdeen selamat dari Hunger Games, dua kali. Setelah diloloskan dari Quarter Quell oleh kelompok pemberontak dari Distrik 13 yang sebelum ini diyakininya sudah musnah, Katniss menjalani sesi-sesi latihan dalam kota bawah tanah di Distrik 13 untuk menjadikannya seorang pejuang, pemberontak. Seorang Mockingjay.

Sementara itu, Capitol makin membenci Katniss. Capitol menghujani Distrik 12 dengan bom. Sementara itu, Peeta Mellark jadi tawanan Capitol. Katniss berasumsi Peeta sudah tewas. Sayangnya Peeta masih hidup. Peeta ditampilkan di TV dan disiarkan ke seantero Panem dan dia dianggap sebagai pengkhianat. Kemudian para pemberontak berhasil menculiknya dan membawanya ke Distrik 13. Celakanya, Peeta sudah berubah 180 derajat. Ia ditahan dan disiksa sedemikian rupa oleh Capitol. Peeta telah dibajak dan dicuci otak. Segala kenangan masa lalunya, terutama yang berhubungan dengan Katniss, diobrak-abrik dengan racun tawon penjejak. Peeta yang baru ini melihat Katniss sebagai mutt (makhluk buas ciptaan Capitol), dan bernafsu untuk membunuhnya.

Katniss depresi, stres dan menderita gangguan mental. Namun sementara itu ia terus berperang bersama para pemberontak, merebut distrik-distrik. Seakan luka-luka yang dideritanya belum cukup banyak saja. Katniss menjadi boneka Coin, pemimpin Distrik 13, sang Mockingjay yang menyulutkan api pemberontakan ke seluruh distrik. Namun ia belum mengetahui, bahwa Coin punya rencana lain terkait dengan dirinya. Katniss cuma punya satu tujuan yang menguasai benaknya, yaitu membunuh Presiden Snow dengan tangannya sendiri. Sahabatnya, Gale Hawthorne selalu ada disampingnya selama perjuangan, namun juga ada Peeta, dengan pikirannya yang kacau. Di saat-saat paling tak memungkinkan inilah, Katniss akhirnya bisa menentukan perasaannya ditujukan kepada siapa. Tapi percuma saja ia memilih, karena ia tahu dirinya, Peeta, Gale, beserta semua orang lain yang berjuang bersamanya, tidak ditakdirkan untuk tetap hidup.[3]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  1. #1 New York Times Bestseller[4]
  2. #1 Publishers Weekly Bestseller[4]
  3. A 2010 Booklist Editors' Choice[4]
  4. A 2010 Kirkus Best Book of the Year[4]
  5. A Publishers Weekly Best Book of 2010[4]
  6. #1 USA Today Bestseller[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mockingjay di schoolastic". Diakses tanggal 21 Mei 2012. 
  2. ^ "Mockingjay di situs resmi Gramedia.com". Diakses tanggal 21 Mei 2012. 
  3. ^ Rian, Melma. "Sinopsis Mockingjay di surgabuku.com". Diakses tanggal 21 Mei 2012. 
  4. ^ a b c d e f "Mockingjay di situs resmi Gramedia". Diakses tanggal 21 Mei 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]