Slumberland (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Slumberland
Poster resmi
SutradaraFrancis Lawrence
Produser
Skenario
  • David Guion
  • Michael Handelman
Berdasarkan
Little Nemo karya Winsor McCay
Pemeran
Penata musikPinar Toprak
SinematograferJo Willems
PenyuntingMark Yoshikawa
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 18 November 2022 (2022-11-18)
Durasi117 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran150 Juta USD[1]

Slumberland adalah film petualangan fantasi Amerika tahun 2022 yang disutradarai oleh Francis Lawrence dan ditulis oleh David Guion dan Michael Handelman. Berdasarkan komik strip Little Nemo in Slumberland karya Winsor McCay, film tersebut dibintangi oleh Jason Momoa, Marlow Barkley, Chris O'Dowd, Kyle Chandler, dan Weruche Opia.[2] Film ini bercerita tentang seorang gadis muda yang tinggal bersama pamannya ketika ayahnya hilang di laut dan memasuki Slumberland di mana dia berteman dengan karakter pemberontak dalam sebuah plot untuk sampai ke Laut Mimpi Buruk dan mendapatkan mutiara khusus yang mungkin menyatukannya kembali dengan ayahnya.

Slumberland dirilis pada 18 November 2022 oleh Netflix. Film ini menerima ulasan yang umumnya beragam dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Nemo adalah seorang gadis muda yang tinggal di mercusuar bersama ayahnya, Peter. Peter mengajari Nemo cara memelihara mercusuar dan menceritakan kisah-kisah liar sebelum tidur tentang petualangannya dengan karakter bernama Flip, dan salah satu petualangan mereka melibatkan pencarian gua mutiara ajaib pengabul permintaan. Terjadi badai dan Peter tersesat di lautan saat mencoba menolong sebuah perahu yang kesulitan. Karena ibunya sudah meninggal dan dia tidak memiliki kerabat lain yang masih hidup, Nemo dikirim untuk tinggal bersama pamannya, Philip, yang menjalani kehidupan yang monoton dan tidak memuaskan. Nemo berjuang untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya dan menjadi orang buangan di sekolah.

Nemo terbangun pada suatu malam ketika boneka babinya (bernama Pig) hidup kembali, dan menemukan dirinya berada di Slumberland, dunia di antara mimpi. Dia dibawa kembali ke mercusuar oleh tempat tidurnya yang menjadi hidup, di mana dia bertemu Flip, seorang penjahat yang keras kepala dan tidak bermoral. Nemo mengenali Flip sebagai karakter dari cerita yang diceritakan ayahnya. Dia bertanya kepada Nemo tentang sebuah peta ajaib, tetapi Nemo tidak mengetahuinya. Karena Nemo tidak mengetahuinya, Flip mendorongnya dari tebing untuk membangunkannya. Nemo menemukan peta di dunia nyata dan berhasil membawanya kembali ke Slumberland, di mana Flip dengan enggan setuju untuk membawanya bersamanya ke tempat mutiara sehingga dia bisa mengucap permintaan agar ayahnya masuk ke dalam mimpinya.

Flip memberi tahu Nemo bahwa dia telah menolak untuk bangun begitu lama sehingga dia tidak lagi ingat siapa dirinya ketika bangun. Dia menggunakan peta sebagai panduan melalui berbagai mimpi untuk sampai ke gua. Mereka melakukan perjalanan melalui berbagai mimpi dari orang-orang yang berbeda, dan diserang oleh awan asap yang menyerupai kraken, personifikasi dari mimpi buruk ayah Nemo yang diambil dari makhluk yang sama. Keduanya juga menemukan diri mereka dikejar-kejar oleh Agen Green dari Biro Aktivitas Bawah Sadar (BoSA), yang ingin memenjarakan Flip karena tidak pernah bangun dan mengganggu mimpi. Mereka menggunakan lebih banyak mimpi untuk melarikan diri dari Green, tetapi akhirnya tertangkap. Green mengunci Flip dan memperingatkan Nemo bahwa dia tidak dapat mengendalikan mimpinya sebelum membangunkannya.

Di dunia nyata, Philip menunjukkan kepada Nemo sebuah kaset rekaman lama tentang dirinya dan Peter saat masih anak-anak yang sedang bermain bersama. Nemo menyadari bahwa Flip adalah alter-ego mimpi Philip. Karena Flip belum terbangun, Philip tetap penurut dan tidak berjiwa petualang di dunia nyata. Nemo meminjam alat pembuka kunci milik Philip dan pergi ke Slumberland untuk menyelamatkan Flip dari BoSA. Keduanya menggunakan lebih banyak mimpi untuk melarikan diri dari Green, mencari jalan kembali ke mercusuar. Nemo memberi tahu Flip siapa dirinya, dan Flip menegurnya, menyatakan bahwa dia tidak akan pernah bangun. Sebelum Nemo dapat menyelam ke laut untuk menemukan mutiara, Nemo terbangun dan keluar dari Slumberland oleh Ms. Arya yang melaporkan kemajuan Nemo di sekolah kepada Philip. Hal ini menyebabkan adanya argumen antara Nemo dan Philip.

Malam itu, Nemo menyelinap keluar dari apartemen Philip dan berlayar melalui air yang deras untuk kembali ke mercusuar di dunia nyata. Dia membenturkan kepalanya dan pingsan di perahu, mengirimnya kembali ke Slumberland. Di Laut Mimpi Buruk, Nemo mendapatkan mutiara pengabul permintaan, tetapi dikejar oleh mimpi buruk. Flip tiba untuk menyelamatkannya dengan pesawat terbang, dan mereka menabrak berbagai mimpi dari sebelumnya. Di dunia nyata, Nemo tergelincir dari perahu berlayar kecilnya dan masuk ke dalam air. Philip mengatur perahu penyelamat yang diawaki oleh Carla dan dua rekan kerjanya menuju mercusuar lalu ketakutan akan badainya. Mimpi buruk itu menangkap Flip dan Nemo menggunakan permintaannya untuk memaksa Flip bangun. Di dunia nyata, Philip menjadi berani dan menyelam ke dalam air untuk menyelamatkan Nemo, yang tidak sadarkan diri.

Di Slumberland, Green menemukan Nemo dan memujinya karena menggunakan permintaannya untuk menyelamatkan Flip. Green memberi Nemo mutiara lain, yang ia gunakan untuk bertemu ayahnya lagi. Peter muncul dan keduanya menghabiskan waktu bersama, sebelum dia memberi tahu Nemo bahwa dia bangga padanya, dan bahwa kehidupan sedang menunggunya di dunia nyata. Nemo mengucapkan selamat tinggal kepada ayahnya dan bangun, di mana Phillip memeluknya, yang sekarang tertanam dengan kepribadian Flip. Nemo mulai memperbaiki kehidupannya di dunia nyata, berteman di sekolah dan memperbaiki hubungannya dengan pamannya saat mereka menggunakan salah satu perahu Peter untuk berlayar.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jason Momoa sebagai Flip, seorang penipu dengan telinga dan tanduk kambing yang menjadi teman Nemo, dan mantan teman ayah Nemo, Peter. Karakter ini adalah seorang badut pada komik tahun 1900-an-nya.[3]
  • Marlow Barkley sebagai Nemo, seorang gadis muda yang memiliki mimpi tentang Slumberland. Karakter ini adalah seorang anak laki-laki pada komik tahun 1900-an-nya.[3]
  • Abigail White bekerja sebagai kembaran foto Nemo.
  • Chris O'Dowd sebagai Philip, paman Nemo yang bekerja sebagai salesman gagang pintu yang merupakan Flip di dunia nyata.
  • Cameron Nicoll sebagai Philip versi muda.
  • Kyle Chandler sebagai Peter, ayah Nemo dan mantan penjaga mercusuar yang hilang di laut.
  • Antonio Rane Pastore sebagai Peter versi muda.
  • Weruche Opia sebagai Agen Green, seorang agen Biro Aktivitas Bawah Sadar.
  • India de Beaufort sebagai Ms. Arya, konselor sekolah di sekolah Nemo.
  • Chris D'Silva sebagai Jamal, teman sekolah Nemo.[4]
  • Yanna McIntosh sebagai Carla, teman Peter dan Nemo.
  • Izaak Smith sebagai Canadian Guy yang bermimpi mengendarai angsa Kanada raksasa.
  • Michael Blake sebagai seorang akuntan yang bermimpi memiliki lebih banyak rambut.
  • Humberly González sebagai Graciela, seorang biarawati yang bermimpi menjadi penari salsa.
  • Leslie Adlam sebagai Agen Brown, seorang agen Biro Kegiatan Bawah Sadar.
  • Jamillah Ross sebagai Agen Orange, seorang agen Biro Kegiatan Bawah Sadar.
  • Tonya Cornelisse sebagai Agen Red, seorang agen Biro Kegiatan Bawah Sadar.
  • Katerina Taxia sebagai Janice, wanita yang makan siang.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan casting[sunting | sunting sumber]

Pada 3 Maret 2020, diumumkan bahwa Jason Momoa akan membintangi adaptasi live-action dari serial komik Little Nemo in Slumberland karya Winsor McCay dari sutradara Francis Lawrence, dengan distribusi dan produksi Netflix dimulai pada musim panas di tahun yang sama.[5] Namun, karena pandemi COVID-19, syuting untuk proyek tersebut ditunda. Pada 12 Oktober 2020, Kyle Chandler bergabung dengan para pemeran film, di mana Chris O'Dowd dan Marlow Barkley telah dikonfirmasi untuk membintangi film.[6] Tahun berikutnya, pada 18 Februari, Weruche Opia dan India de Beaufort dipilih sebagai pemeran.[2]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Syuting dimulai pada 18 Februari 2021, di Toronto, dan berakhir pada 19 Mei 2021.[7][8][9]

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

Pinar Toprak yang membuat musik untuk filmnya.[10] DNEG dan Framestore yang memberikan efek visualnya. VFX tambahan dikerjakan oleh Scanline VFX , Ghost VFX, Important Looking Pirates, Outpost VFX, Rodeo FX, Incessant Rain Studios dan Pinscreen, yang melakukan AI VFX. Judul utama dan akhir film dikerjakan oleh Imaginary Forces.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Slumberland dirilis pada 18 November 2022 oleh Netflix.[11]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 37% dari 38 ulasan kritikus adalah positif, dengan penilaian rata-rata 5,1/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi, "Komik Nemo klasik karya Winsor McCay adalah lahan subur bagi pembuat film yang tepat, tetapi Slumberland meninggalkan jiwa strip demi tontonan yang tidak masuk akal." Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberi film ini skor 40 dari 100, berdasarkan 15 kritikus, yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata."

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]. Retrieved November 23, 2022.
  2. ^ a b Kit, Borys (February 18, 2021). "Weruche Opia, India de Beaufort Join Jason Momoa in Fantasy Slumberland (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 19, 2021. Diakses tanggal February 18, 2021. 
  3. ^ a b Grossberg, Josh (April 5, 2021). "Slumberland first look finds Jason Momoa sporting a full set of not-so-sleepy horns". Syfy Wire. Diakses tanggal August 3, 2021. 
  4. ^ "Chris D'Silva". IMDb (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-29. 
  5. ^ Anderson, Jenna (March 3, 2020). "Jason Momoa to Star in Live-Action Little Nemo in Slumberland for Netflix". Comicbook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 19, 2021. Diakses tanggal February 18, 2021. 
  6. ^ Kroll, Justin (October 12, 2020). "Kyle Chandler Joins Jason Momoa In Netflix's Slumberland". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 19, 2021. Diakses tanggal February 18, 2021. 
  7. ^ Aguilar, Matthew (January 30, 2021). "The Witcher: Jason Momoa's New Movie Might Rule Him Out As Blood Origin Lead". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 19, 2021. Diakses tanggal February 18, 2021. 
  8. ^ Pudsey, Alison (February 4, 2021). "11 movies and TV shows filming in Toronto this February". Daily Hive. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 19, 2021. Diakses tanggal February 18, 2021. 
  9. ^ Bradley (May 21, 2021). "Netflix Fantasy Movie Slumberland Starring Jason Momoa Wraps Up Filming [Exclusive]". MoviesR. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 21, 2021. Diakses tanggal May 21, 2021. 
  10. ^ "Pinar Toprak to Score Francis Lawrence's Slumberland". Film Music Reporter. January 5, 2022. Diakses tanggal January 6, 2022. 
  11. ^ Garner, Glenn (August 24, 2022). "Jason Momoa Says Watching Slumberland with His Kids 'Blew Me Away' — See the Exclusive First Look". People. Diakses tanggal August 24, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]