The Fly (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

The Fly
The Fly.jpg
Latar belakang
AsalBendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Genre
Tahun aktif1992 - sekarang
Label
AnggotaKin Aulia
Levi Santoso
Mantan anggotaChandra
Iren
Kus
Irwan
Raiden Soedjono
Jordan
B'Jah
Firman Siagian
Rico
Teddy Suryaman
Adithya Nugraha

The Fly merupakan sebuah grup musik dari Indonesia. Anggotanya saat ini berjumlah 2 orang yaitu Kin Aulia (vokal dan gitar) dan Levi Santoso (bass). Grup musik ini dibentuk pada tahun 1992. Sebelum digantikan oleh Firman Siagian (pada tahun 2007) dan Teddy Suryaman (pada tahun 2011),di posisi vokal awalnya sempat diisi oleh B'Jah, namun karena sejumlah kasus pribadinya, ia harus hengkang dari grup ini pada tahun 2005. Selain itu 3 personel awal yaitu Irwan (drum), Kus (gitar akustik) dan Iren (gitar elektrik) mengundurkan diri setelah merilis album pertama Agustus 1997. Lagu-lagu The Fly pada masa lalu antaranya Pelangi Semu, Air Mata Suci (1997), Dan Semua, Terbang, Bidadariku (2000), Palsu, Berlalu, Biru (2002), Tetap Di Sini, Bila dan Damailah (2004).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Personel The Fly awalnya berjumlah 7 orang yaitu Kin (Gitar, Vokal), Levi (Bass), B'Jah (Vokal), Adith (Keyboard), Iren (Gitar Elektrik), Kus (Gitar Akustik) dan Irwan (Drum) tujuh orang yang berambut gondrong pada tahun 1992.

Awalnya mereka adalah band tribut U2. Penamaan grup ini sendiri diambil dari judul lagu di album Achtung Baby, The Fly. Bahkan Kin juga sering terlihat menggunakan jenis kacamata yang mirip dengan yang digunakan oleh vokalis U2, Bono, dan juga menggunakan intonasi vokal yang mirip dengan Bono juga saat menyanyi.

Mereka sempat merilis album perdana berjudul Agustus 1997 pada tahun 1997 dengan lagu andalan "Pelangi Semu" dan "Air Mata Suci". Lagu andalan "Pelangi Semu" pertama kalinya didengarkan di radio Prambors & mengukir sejarah pertama kalinya band "Tanpa Label" masuk ke chart bergengsi pada saat itu (1997) di Prambors yaitu INDO 8 yg semuanya didominasi oleh grup band dan musisi besar seperti Titi DJ, Nugie, KLa Project dan lain lain. Lagu ini sempat bertahan selama 9 minggu dengan posisi teratas sebagai runner up di chart itu. "Pelangi Semu" kemudian memenangkan video klip terbaik versi Video Musik Indonesia (VMI). Sayangnya lagu tersebut tidak bisa mengangkat angka penjualan dipasaran. Penjualan album yang mengecewakan membuat Iren (gitar elektrik), Kus (gitar akustik) dan Irwan (drum) mengundurkan diri dan berkonsentrasi pada hal lain.

Beberapa lama saat vakum dan ditinggal ketiga personel lain, membuat keempat personel yang tersisa akhirnya berhasil mengeluarkan album berjudul The Fly (2000) yang diproduksi oleh Sony Music Entertainment Indonesia dengan suksesnya beberapa hits single seperti Bidadariku, Dan Semua serta hits single Terbang.
2 tahun kemudian, tepatnya tahun 2002 mereka merilis album Episode III dengan melejitkan hits "Palsu", "Biru" dan "Berlalu". Di album ini mereka dibantu oleh beberapa musisi seperti Otong Koil (vokal di lagu Palsu), Angga Funky Kopral, dan Bagus Netral (vokal di lagu Tirani). Masih seperti sebelumnya mereka masih dilabeli dengan Sony Music Indonesia.

B'Jah keluar dari The Fly pada awal tahun 2005 setelah merilis album Keindahan di Dunia dikarenakan B'Jah ingin meneruskan kuliah S1 di bidang hukum sejak lama.[1] Hampir selama 2 tahun, The Fly tidak memiliki vokalis tetap.[2] Sampai akhirnya pada tahun 2007, The Fly merekrut Firman Siagian alias Gian, finalis tiga besar Indonesian Idol Musim Kedua. Album baru bertajuk If Loving You Is Wrong, I Don't Want To Be Right pun dirilis pada tahun yang sama dengan masuknya Gian.[3]

Namun, Gian harus keluar dari The Fly dikarenakan solo karier. Kemudian, posisi Gian sebagai vokalis diganti oleh Teddy. Album keenam mereka, A New Beginning from Another Beginning's End resmi keluar.[4]
Pada tahun 2012, dengan formasi tetap grup musik ini merilis single berjudul Flamboyan yang merupakan hasil aransemen dari grup vokal legendaris Bimbo. Rencananya single lagu ini akan dirilis seusai lebaran. Lagu ini juga akan digunakan dalam salah satu film yang akan dirilis dalam waktu dekat.[5]
Belum genap setahun, Teddy sang vokalis mengundurkan diri karena lebih fokus dengan karier solonya. Rencananya tanggal 1 Juni 2013, The Fly akan memperkenalkan vokalis terbaru mereka untuk menggantikan posisi Teddy. Dan vokalis yang menggantikan posisi Teddy adalah Kin Aulia yang merupakan gitaris The Fly sendiri. Single terbaru The Fly sendiri akan dirilis pada Juni 2013 berjudul Bercahaya.[6]

April 2015, The Fly resmi menandatangani kontrak rekaman terbaru bersama Universal Music Indonesia. Pada 15 Mei 2015, mereka menggaet aktor ternama Rio Dewanto untuk merilis lagu terbaru berjudul Indah Pada Waktunya.

Pada tanggal 14 juli 2017,The fly merilis single lagu yang berjudul Keep Moving On.

Tahun 2019, The Fly merilis ulang lagu Terbang dan berkolaborasi dengan Nagita Slavina dan juga single terbaru yang berjudul sebelah mata.Formasi The Fly saat ini menyisakan 2 orang yaitu Kin Aulia (vokal,gitar) dan Levi Santoso (bass).

Diskografi[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bjah Hengkang dari The Fly, diakses 23 Agustus 2008
  2. ^ Berwajah Ganteng, Syarat Bagi Vocalis The Fly, diakses 23 Agustus 2008
  3. ^ The Fly Luncurkan Album Dengan Kalimat Puitis, diakses 23 Agustus 2008
  4. ^ The Fly Kembali Dengan Album Baru, diakses 29 Oktober 2011
  5. ^ Karena Bimbo, The Fly Jadi Flamboyan, diakses 14 Juli 2012
  6. ^ The Fly Umumkan Vokalis Baru Diarsipkan 2013-11-10 di Wayback Machine., diakses 3 Juni 2012

Pranala luar[sunting | sunting sumber]