Kin Aulia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kin Aulia
LahirKin Aulia
26 April 1975 (umur 49)
Jakarta
Nama lainKin The Fly
Pekerjaan
Suami/istriNova Soraya
Anak1
Orang tuaBaharuddin Wahab (Ayah)
Ainainy (Ibu)
Karier musik
InstrumenGitar
Tahun aktif1991 - sekarang
AnggotaThe Fly

Wolftank

Kin Aulia (lahir 26 April 1975) adalah pemusik asal Indonesia berdarah Aceh Tengah (Gayo) yang lahir dan berdomisili di Jakarta. Sejak remaja Kin sudah aktif di dunia musik (band) dan melanjutkan pendidikan musik secara serius di Musicians Institute (MI) di Hollywood Amerika Serikat. Sepulang dari USA Kin bergabung dengan band The Fly dan juga menjalani profesi sebagai pembuat jingle iklan, music director, vocal director, producer dan arranger. Kini, Kin masih aktif dan produktif sebagai gitaris sekaligus pendiri dan pemimpin dari grup musik The Fly dan Wolftank. Sejak 2013, Kin sekaligus menjadi vokalis dari grup musik The Fly.

Karier[sunting | sunting sumber]

Memulai karier di industri musik tanah air sebagai gitaris The Fly merupakan awal perjuangan bagi Kin Aulia. Dikarenakan Kin yang baru saja pulang dari Musicians Institute (GIT) California untuk kuliah di bidang musik saat itu langsung ditawar untuk menjadi gitaris The Fly. Akhirnya pada tahun 1997, Kin bersama rekan-rekannya di The Fly mulai mempublikasikan "1997" sebagai album pertama mereka dengan lagu Pelangi Semu dan Air Mata Suci sebagai hits singlenya.

Setelah sempat mengalami masa hiatus akhirnya album kedua The Fly berhasil dirilis pada tahun 2000 dengan hits single Terbang, Dan Semua, Bidadariku merupakan hits single yang diciptakannya dan album tersebut berhasil meraih penghargaan Platinum karena penjualannya yang sangat laris yang berdampak pada padatnya jadwal panggung band The Fly di seluruh Indonesia dan juga pemakaian lagu-lagu tersebut di banyak sinetron televisi. Sejak merilis album ini, nama Kin dan The Fly mulai dikenal luas.

Nama Kin tidak hanya terkenal di The Fly, Kin pun sempat membentuk grup musik The Chemistry pada tahun 2009 bersama Ipang, Yuke Sampurna, Aria Baron dan Eno 'Ntrl' yang melahirkan single One Chemistry di tahun 2009 dan sempat menjalani road show di beberapa kota besar Indonesia sebelum akhirnya bubar.

Di tahun 2019 Kin dan project band kolaborasinya yang diberi nama Wolftank bersama anggota lain yaitu Ariyo Wahab, Tyo Nugros dan Noey Java Jive melahirkan single perdana mereka berjudul Kelar, hingga saat ini Kin dan Wolftank masih aktif.

Di awal karier jauh sebelum Kin bergabung dengan The Fly, Kin membentuk cover band bernama Ketoprak sebagai gitaris sekaligus penyanyi dengan rekannya Denny Chasmala dan 2 anggota lainnya yang mengusung lagu-lagu trash metal di eranya sebelum akhirnya bubar.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Kin Aulia yang sering berpenampilan dengan kacamata hitamnya ini menikah dengan pemain film dan sinetron Nova Soraya pada Minggu, 15 September 2002 dan dikaruniai seorang anak yang bernama Kiano Ghifari Aulia

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama The Fly
Bersama The Chemistry
Bersama Wolftank

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]